Cukup Layar HP yang Retak, Dompet Jangan Ikutan


Gue selalu kagum sama orang2 yang betah pake HP dengan kayar retak, karena buat gue, itu GANGGU banget. Bawaannya langsung pingin beli baru.

HP lama kesayangan gue, Huawei Mate 20 Pro pernah retak sudut layarnya. Sama sekali nggak ganggu di fungsi touch screen-nya, tapi mata serasa gatel ngelihat retakan itu. Di sisi lain, mau ganti HP masih sayang banget sama si Mate 20 Pro yg responsif, batrenya awet dan kameranya bagus. Akhirnya gue bela2in ganti layar di service center resmi Huawei seharga 3 juta lebih.

Seandainya Huawei nggak pake acara kena banned sama Google, gue pasti akan melanjutkan tradisi ke Mate 50 Pro. Sayangnya gue masih belum tertarik menjalani serangkaian penyesuaian untuk hidup dengan HP tanpa android. Maka setelah Mate 20 Pro mengabdi selama 3 th lebih, gue beralih ke Samsung S22 Ultra.

Di toko Samsung gue ditawarin beli Samsung Care+, asuransi kerusakan akibat semua penyebab yang nggak disengaja.

“Termasuk layar pecah krn jatuh?” tanya gue, teringat pengalaman dengan si Mate 20 Pro.

“Termasuk, Pak” kata Mas2 Samsung. Bahkan kalo rusaknya parah, termasuk penggantian unit baru.

OK, cus beli asuransinya. Preminya sekitar 1,5 juta. Mahal? Eh ingat, ganti layar aja harganya 3 juta. Bayangin kalo HPnya ringsek kegiles mobil.

Bener aja, beberapa minggu lalu gue ketiduran pas lagi main HP di kasur. HP udah gue lengkapi casing shock proof, bisa melindungi HP dr benturan segala arah KECUALI layarnya. Dan karena hidup bisa berjalan di luar rencana, tentu aja kali itu yang terbentuk duluan juatru LAYARNYA. Terjadilah retak.

Retak halus yang bikin senewen

Retaknya haluuus, cuma kelihatan kalo posisi HP dimiringkan dan layarnya terang. Tapi tetep aja bikin senewen. Maka langsung gue ajukan claim ke Samsung Care+, cukup klik2 di website. Bahkan ada layanan jemput HP ke rumah segala, tapi gue memilih untuk drop ke service center di Ambas. Hari ini penggantian layar selesai, layar gue mulus lagi tanpa ada retakan2 ganggu, dan yang terpenting: biayanya nol rupiah alias gratis.

Pesan utama:

1. Jangan sayang bayar biaya besar, selama itu bisa melindungi lu dari kerugian yang JAUH lebih besar lagi

2. Satu-satunya waktu untuk melakukan PROTEKSI adalah SEBELUM risiko terjadi. Kalo keduluan risiko, namanya REPARASI dan biayanya PASTI lebih besar.

Tinggalkan komentar

Ada komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari (new) Mbot's HQ

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca