Pelit atau Parasit? Kenali Perbedaannya!


parasite

Seorang teman cerita,

“Kemarin, boss abis ngajak makan siang bareng 1 tim, bersepuluh, di restoran mahal. Kami para kroco udah pada tau, boss ini pelit banget. Nggak ada harapan dia mau nraktir, pasti kami nanti bakal disuruh bayar sendiri-sendiri. Makanya kami berusaha pesen makanan yang semurah mungkin.

Tapi berhubung restorannya kelas elit, semurah2nya makanan di sana ya tetap aja  mahal untuk ukuran kantong kroco. Setelah mengkaji daftar menu secara seksama dan mendalam, para kroco rame-rame memutuskan pesen sup tomat seharga 70 ribu ++ (alias 84.700 setelah pajak), makanan termurah di daftar menu. Itupun sebenernya masih kemahalan 4x lipat dari budget makan siang kami yg biasanya cuma nasi padang seharga 20 ribuan.

Sedangkan si boss, pesen sebuah makanan mahal yang namanya susah, seharga 350 ribu ++ (423.500 setelah pajak), dan sama sekali nggak merasa heran melihat 9 orang di sekitarnya cuma makan sup.

‘Kalian diet ya, kok cuma makan sup,’ kata Boss
‘Soalnya tadi sebelum jalan udah pada ngemil, Boss,’ kata salah satu kroco, mencoba mempertahankan harga diri.

Pas bon datang, semua kroco udah pada nyiapin duit pas 84.700, ada yang cuma punya 84 ribu sementara 700-nya minjem, ada juga yang kasak-kusuk ke temen sebelahnya minta talangan 34.700 karena duitnya cuma 50 ribu, saat Boss memberikan kejutan dengan bilang, ‘Ini biar gampang ngitungnya, bonnya kita bagi rata aja ya…’

Bayangin:

9 orang kroco makan sup tomat, = 9 x 84.700 = 762.300
1 orang boss makan makanan mahal = 1 x 423.500 = 423.500
Total: 1.185.800

Kalo dibagi rata, maka per orang bayar 118.600.
Boss yang makan 423.500 jadi dapet diskon 304.900
Kroco yang makannya udah dipress jadi tinggal 84.700 jadi harus bayar ekstra 33.900. Totalnya hampir 6x lipat budget makan nasi padang, dan perut masih laper!

Langsung para kroco kompak angkat suara, ‘oh kami punya uang pas kok boss…!’
Gila yah, boss gue pelit banget!”
Gue buru-buru meluruskan, “Itu, namanya bukan pelit. Itu parasit. Beda!”
“Lho, bedanya di mana?” tanya temen gue bingung.


Pelit, menurut definisi gue, adalah orang yang secara tidak rasional mengupayakan pengeluaran finansialnya  sesedikit mungkin, walaupun sebenarnya punya kemampuan lebih dari cukup, dan bersedia menanggung segala ketidaknyamanan yang timbul sebagai akibatnya.

Misalnya:

  • Punya uang lebih dari cukup untuk beli sepatu baru, tapi nguat-nguatin diri pake sepatu somplak walau udah nggak nyaman dipake dan berisiko kaki ketancep paku
  • Punya uang lebih dari cukup untuk naik kendaraan umum, tapi memilih jalan kaki walau bukan dalam rangka olah raga, dan bersedia menanggung risiko telat atau kehilangan waktu melakukan hal lain yang lebih penting
  • Kalo lagi jalan-jalan ke luar kota/luar negeri dikuat-kuatin nggak jajan apa-apa, gak beli-beli, apalagi beli oleh-oleh untuk orang lain, karena sayang uangnya

Di tengah pergaulan, orang pelit mungkin terlihat aneh dan ngeselin karena ‘nggak asik’, diajak nonton bareng nggak mau karena sayang uangnya, diajak makan bareng nggak rela bayar bonnya, tapi sebenernya dia hanya menyiksa diri sendiri dan nggak ngerepotin orang.

Nah kalo Parasit, lain urusannya.

Parasit, menurut definisi gue, adalah orang yang secara tidak rasional mengupayakan pengeluaran finansialnya  sesedikit mungkin, walaupun sebenarnya punya kemampuan lebih dari cukup, tapi berusaha hidup nyaman seperti orang-orang lain di sekitarnya, dengan berusaha menyedot dan memanfaatkan sumber daya/fasilitas milik orang lain.

Contoh paling kurang ajarnya ya si Boss di awal cerita ini. Jelas-jelas dia tau para kroco cuma makan sup tomat yang harganya jauh di bawah makanan dia, tapi dia coba-coba ngajak bagi rata. Tujuannya jelas: kalo bon dibagi rata, dia untung besar. Bisa makan seharga 400 ribu lebih, cukup bayar nggak sampe 200 ribu.

Contoh situasi-situasi lain yang membedakan reaksi si Pelit dan si Parasit:

  • Si pelit mungkin ingin juga sepatu baru, tapi lebih sayang duitnya, maka dia memutuskan nggak beli.
    Si parasit: ingin pake sepatu barus gratisan, ya pinjem aja dari yang punya. Masalah pemiliknya nanti kerepotan saat mau pake, urusan belakang.
  • Si pelit mungkin capek juga harus jalan kaki pulang, tapi sayang duitnya, maka dia kuat-kuatin jalan kaki.
    Si parasit: awalnya nyari tebengan “yang searah”, buntutnya minta anter sampe rumah walaupun itu artinya ngerepotin yang ditebengin
  • Si pelit mungkin ngiler juga liat jajanan atau pernak-pernik lucu di luar negeri, tapi sayang duitnya, maka dia kuat-kuatin nggak beli.
    Si parasit: ngiler lihat pernak-pernik, lalu belaga ‘nitip bayarin sekalian’ pas temennya ada di kasir, akhirnya belaga lupa bayar, sampe balik ke kota asal tambah amnesia.
Si Parasit ini juga tipe-tipe manusia yang:
  • sengaja mampir ke rumah orang di jam-jam makan, berharap ditawarin makan sekalian
  • kalo makan bareng, selain trik “bagi rata bon”, juga punya trik ‘kelupaan ngitung pajak’ pas saweran. Lumayan jadi diskon 10-21%. Atau yang dimakan senilai 70 ribu, pas urunan cuma naro duit 50 ribu.
  • kalo pergi ke luar kota/luar negeri bareng “kelupaan” bawa perlengkapan pribadi seperti sabun, sampo, sunblock… semuanya nodong temen sebelah. Kadang sampe baju pun minjem.
  • kalo di kantor ada yang bawa makanan, yang lain nyicip sepotong, dia ngeluarin tupperware
  • kalo ke resepsi kawinan, masukin amplop kosong, piringnya nggak pernah kosong
  • kalo anaknya diundang pesta ulang tahun bocah, datengnya serombongan, anak bererot dibawa semua, masing-masing minta goody bag
  • kalo nebeng mobil temen, entah kenapa selalu nampak ketiduran saat berada di pintu tol atau gerbang bayar parkir
  • kalo nginep di rumah orang, doyan inspeksi ke gudang, nodong barang-barang yang “udah nggak kepake”

Dengan keyakinan bahwa tidak ada segala sesuatu yang tercipta secara sia-sia, maka kalo kita mencoba menganalisis apa manfaat diciptakannya makhluk-makhluk Parasit adalah:

  • melatih kita cekatan berhitung, khususnya terkait persen-persenan pajak restoran dan pembagian urunan makan bareng
  • mengingatkan kita senantiasa bersyukur atas barang-barang kita, jangan anggap sepele, karena kalo kita lengah bisa disamber Parasit
  • memudahkan kita mengosongkan gudang dari barang-barang yang kurang perlu, cukup ajak Parasit nginep, nanti dia angkut sendiri secara gratis.

Gambar: tokoh komik bernama Parasite, yang punya kemampuan menyedot tenaga lawan. Gue pinjem dari sini.

Tinggalkan komentar

10 Komentar

  1. Tyaasror

     /  27 November 2020

    Dan.. Pelit sama hemat itu beda tipis ya, namun efeknya fatal 😁

    Suka

    Balas
  2. Tyaasror

     /  27 November 2020

    Ngalamin deh pak Agung…
    Ada temen suami yang parasit gitu
    Kalo bahasa sundanya _bengkeng_ hihi

    Suka

    Balas
  3. Seriusan tuh si Boss?

    Suka

    Balas
  4. Spot on mas Agung! Aku pernah ketemu beberapa yang model gini nih, ngeselin banget emang.

    Dulu jaman masih ngantor di Jakarta, abis makan siang semua aku masukin spreadsheet, langsung clear sampai nol komanya.

    Suka

    Balas
    • Bagus! Yang ngeselin dari orang2 tipe ini adalah: mereka sebenernya sangat mampu untuk bayar sendiri, cuma demen aja numpang enak

      Suka

  1. The Ugly Truth... For The Bosses - Ocehan Si Mbot
  2. The Ugly Truth… For The Bosses | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari (new) Mbot's HQ

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca