Bantuin gue dong menyelesaikan dongeng ini!

Tadi malem, Rafi minta didongengin sebelum tidur. Setelah diam-diam mengais ingatan tentang dongeng-dongeng yang masih gue inget, akhirnya gue memutuskan cerita tentang Jack and the Beanstalk.
Mulailah gue bercerita tentang Jack, bagaimana dia menemukan benih ajaib yang mendadak tumbuh jadi pohon raksasa, hingga tiba-tiba Rafi nyeletuk mengejutkan;
“Ini ceritanya seperti yang aku pernah nonton di Disney Channel, akhirnya si Jack itu memanjat pohon dan ketemu raksasa!”
Gue, terdorong gengsi karena ceritanya ketebak duluan, langaung ngeles, “Oh tapi ini beda! Dengerin ya!”
Maka gue pun mengarang bebas bahwa pohon raksasa itu tumbuh terlalu tinggi dan akhirnya menjerat bulan. Bulan nggak bisa melanjutkan perjalanan melintasi langit sehingga seluruh penduduk desa resah karena malam nggak kunjung berlalu. Mereka pun rapat untuk memutuskan apa yang harus dilakukan.
Sampe sini gue kehabisan ide dan bilang, “Ceritanya bersambung besok malam ya!”
Nah, kalo kalian disuruh melanjutkan cerita ini, gimana kelanjutannya? Bantuin dong!

20 comments


  1. Mendengar penduduk bumi rapat tentang pohonnya telah merusak peredaran tata surya, Jack langsung berlari mendatangi pohonnya,
    “assalamualaikum pohon..”
    Jawab pohonnya dari sulur yang melilit bulan, “aai um aaaaam..”
    “apaaaa?”
    “aai um aaaaaaam..”
    “apaaaaaaa?”
    “aai um aaaaaaam..”
    “apaaaaaaa? nggak kedengeraaaann..”
    “apaaaaaaa?”
    “APAAAAAAA?”

    Serta merta sang pohon melepaskan bulan, meluncur turun ke bumi sambil berteriak di telinga Jack,
    “Mosok sih, nggak denger?? WA’ALAIKUM SALAAAAM..”

    Serta merta jack mengikatnya kuat2 sehingga tidak bisa menjulur ke bulan lagi.

    cerita selanjutnya terserah bapaknya ๐Ÿ˜€


  2. setelah dirapatkan dalam sebuah pertemuan besar, lalu di utuslah salah seorang penduduk desa Hamelyn untuk mencari tahu dan membereskan masalah tsb, dia adalah seorang pemuda yang baru saja menyelesaikan pekerjaannya untuk membasmi hama tikus yang mewabah di desa hamelyn, hanya dengan sebuah seruling sakti.
    berbekal tekad menolong, sang pemuda yang baik hati itu bergegas mencari dimanakah bulan berada.
    sampai akhirnya pemuda itu melihat bahwa di ujung pohon kacang raksasa milik jack lah bulan terikat sehingga menyebabkan semua kekacauan. sang pemuda mencari jack..tapi jack sdg tdk ada dirumah.
    pemuda itu lalu mengeluarkan seruling saktinya dan mulai meniup dengan suara yg merdu. seketika banyak tikus yang keluar dari segala penjuru. berawal dari puluhan, ratusan lalu bertambah menjadi ribuan.
    gerombolan binatang pengerat hitam itu mengikuti langkah & suara alunan musik seruling sang pemuda mendekati pohon raksasa. tanpa diinstruksi, satu persatu tikus itupun mulai menggigiti batang pohon hingga akhirnya bawah batang pohon itu mulai terkikis dan hampir habis.
    pohon itu perlahan2 kehilangan keseimbangan. runtuh..miring hingga ujung dari pohon itu terlihat keluar dari barisan awan di langit.. bulanpun terlepas. bebas. kembali ke orbitnya. tapi pemuda tsb kaget, karena ternyata yang terlihat menempel di ujung pohon yang hendak runtuh itu bukanlah kacang..melainkan DURIAN! ternyata bibit yang ditanam jack bukanlah bibit kacang melainkan bibit durian langka (hasil kawin silang antara bibit kacang polong dengan bibit durian monthong). dan jumahnyapun luar biasa. durian raksasa itu berjumlah ratusan dan bertengger di sepanjang batang pohon hingga menjulang kelangit. satu-persatu durian raksasa tsb runtuh lepas dari batangnya dan jatuh menimpa tikusยฒ yang tdk sempat menyelamatkan diri. tikus2 lainnya lari kocar-kacir. sementara sang pemuda dan seruling ajaibnya juga ikut lari, menyelamatkan diri dan menghilang. kini halaman rumah jack dipenuhi oleh tumpukan tinggi durianยฒ raksasa, membuat kaget jack yang baru pulang dari pasar.
    penduduk desa berkumpul menyaksikan fenomena aneh tsb.
    berkat tangan dingin jack, setelah hari itu, kini jack pun sukses membuka usaha penjualan durian raksasa dan bibit unggul durian raksasa yang akhirnya di francise hingga ke manca negara.
    pertanyaannya, dimanakah gerangan sang pemuda & seruling ajaibnya? nantikan di episode selanjutnya ^.^
    (nn/2013)


  3. Dalam rapat itu, diputuskan penduduk desa akan menanam pohon lagi untuk menjangkau matahari. Kenapa? Karena pohon raksasa tidak bisa ditebang dengan kampak biasa.

    Jack ditugaskan untuk memanjat pohon kedua untuk mencari matahari, agar siang menjelang.
    Jack memanjat pohon raksasa dan akhirnya tiba di negeri awan yang dihuni para raksasa. Jack sampai di rumah raksasa.
    Lalu main roleplay. Rafi jadi Jack, dan bapak jadi Raksasa ๐Ÿ™‚


    1. Lho endingnya kok malah role play, ini kan konteksnya dongeng sebelum tidur… bisa-bisa malah gak jadi tidur ๐Ÿ˜›


  4. ketika rapat, ada yang bilang harus ditebang, ada juga yang bilang ga usah.
    Trus tanya aja ke Rafi. “menurut Rafi, kira2 pohonnya harus ditebang ga? ” *selain ngeles, juga biar ngenalin Rafi tentang waktu, fungsi bulan dan matahari, perpindahan malam ke pagi ke malam, dll *
    kalo ditebang, berarti akan ada pagi dan siang
    kalo ga ditebang, berarti akan ada malam yang panjang
    atau terserah jawabannya Rafi ajah, ntar biar dia aja yang cerita tentang versinya dia…
    hehe


  5. akhirnya penduduk desa mengumpulkan semua tukang tebang pohon yang jagoan, lalu menebang ramai2 pohonnya, lalu bulannya kram tetep ngambek gamau menghilang, penduduk desa kembali mengumpulkan ayam jago diminta berkokok agar bulan digeser oleh matahari yang tidak sabar bersinar…


  6. “Penduduk resah, akhirnya mereka mengadakan rapat untuk mengambil keputusan”

    Pilihan ceritanya terserah, mau dilama2in di rapat buat bikin cerita jadi berhari2 atau mau langsung ngambil keputusan untuk memotong pohon tersebut.

    Yang jadi masalah adalah pohon tersebut tidak bisa dipotong dengan sembarang kapak, harus kapak sakti naga ge… euh … terserah deh, pokoknya kapak khusus