knight and day

Terus terang nggak terlalu tinggi harapan gue atas film ini, dan akhirnya memang sebegitulah yang gue liat di layar. Prediksi gue sebelum nonton adalah, film ini akan jadi film aksi – komedi yang ceritanya gak terlalu masuk akal, yang penting seru banyak tembak-tembakannya dan memuaskan mata penonton dengan kehadiran bintang-bintang yang ganteng dan cantik. Ternyata prediksi itu nggak terlalu meleset.

Alkisah ada seorang cewek bernama June Haven (Diaz) yang kebetulan kenalan dengan seorang cowok bernama Roy Miller (Cruise) di sebuah airport. Setelah sempet mengalami masalah dengan boarding passnya, June akhirnya berhasil naik ke pesawat dan lagi-lagi ketemu dengan Roy. Aneh, pesawat itu penumpangnya hanya sedikit sekali, nggak nyampe 10 orang, dan belakangan terbukti mereka semua, termasuk pilot dan pramugari, adalah agen-agen rahasia yang berusaha membunuh Roy – yang juga agen rahasia.

Sebentar… sebentar… gimana mungkin agen-agen rahasia itu mengatur agar sebuah pesawat diisi hanya oleh mereka doang, dengan jadwal penerbangan yang pas dengan yang dipilih oleh target, dalam hal ini Roy Miller? Gampang; yaitu mulai sejak Roy Miller pesan tiket pesawat, dia dilayani oleh agen rahasia. Supir taksi yang mengangkut dia ke airport juga agen rahasia, untuk memastikan dia datang tepat waktu dan tidak pindah ke jadwal penerbangan lainnya. Petugas check-in di airport juga agen rahasia, sehingga hanya Roy dan para agen rahasia doang yang boleh masuk pesawat. Bahkan mungkin, penulis naskah dan sutradara film ini juga agen rahasia.

Karena udah kadung ‘melibatkan’ June tanpa sengaja dalam kancah peragenrahasiaan ini, akhirnya Roy mengaku bahwa dia sedang dikejar-kejar banyak orang karena memiliki Zephyr, sebuah baterai kecil ajaib penemuan ilmuwan bernama Simon Feck yang kekuatannya mampu memenuhi kebutuhan energi sebuah “kota kecil atau sebuah kapal selam raksasa”.

Tapi udahlah, lupakan soal si baterai itu karena dia hanyalah tempelan untuk mengantarkan adegan kejar-kejaran antara sepasukan agen rahasia plus segerombolan penjahat suruhan seorang dedengkot geng asal Spanyol bernama Antonio melawan Roy dan June. Tentulah Roy bisa mengatasi mereka semua tanpa kurang suatu apa, hanya sempet sedikit lecet di bagian perut. Mengapa lecetnya di perut, dan bukan di jidat? Karena dengan adanya lecet di perut bisa ada alasan untuk menampilkan perut Tom Cruise yang masih lumayan (baca: udah nggak terlalu tapi yah maklumlah, umur) six pack di usianya yang kian senja.

Penggambaran tokoh June di film ini sebenernya rada mengejutkan buat gue, karena di era emansipasi seperti sekarang ini ternyata para cukong film Hollywood masih merasa bahwa tokoh cewek pirang yang:

  • lemah
  • panikan
  • kalo disuruh diam di tempat nggak pernah nurut dan memilih untuk sok berani mengendap-endap ke sana-sini dan akhirnya terjerumus ke perangkap penjahat
  • di tengah hujan peluru sempet-sempetnya ngambek karena merasa kurang diperhatikan oleh sang jagoan
  • praktis kurang berperan terhadap upaya mempertahankan nyawa karena harus diboyong-boyong oleh tokoh jagoan dalam keadaan pingsan atau terbius

…adalah masih ‘in’ di mata penonton abad 21.
Ternyata anggapan tersebut keliru karena film ini menjadi film dengan pendapatan box office terburuk dalam sejarah karir Tom Cruise. Kalaupun ada hal yang sedikit unik dari film ini adalah penggambaran tokoh Roy Miller sebagai agen rahasia yang sopan santun dan sangat peduli kepada sesama.

Pertanyaan terakhir: kalo film ini begitu bodoh dan mengada-ada, kenapa gue kasih bintang 3? Karena kalo ditonton tanpa ekspektasi yang terlalu tinggi, film ini bisa menghibur juga, dan juga sebagai penghargaan atas film bodoh lainnya, Mr. & Mrs. Smith yang waktu itu juga gue kasih bintang 3.

38 comments


  1. lila83 said: duhh pas liad trailernya pdhl kek nya bgs n patut d tonton…koq jd ancur gitu. btw, mas klo smoanya d pesawat itu agen rahasia knp s june nya bisa naek k pesawat yg sama ma roy. isi pesawat targetnya kan cm buat ngebunuh s roy

    dia sempet adu ngotot sama petugas boarding dan berhasil masuk


  2. mbot said: Setelah sempet mengalami masalah dengan boarding passnya, June akhirnya berhasil naik ke pesawat dan lagi-lagi ketemu dengan Roy. Aneh, pesawat itu penumpangnya hanya sedikit sekali, nggak nyampe 10 orang, dan belakangan terbukti mereka semua, termasuk pilot dan pramugari, adalah agen-agen rahasia yang berusaha membunuh Roy – yang juga agen rahasia.

    duhh pas liad trailernya pdhl kek nya bgs n patut d tonton…koq jd ancur gitu. btw, mas klo smoanya d pesawat itu agen rahasia knp s june nya bisa naek k pesawat yg sama ma roy. isi pesawat targetnya kan cm buat ngebunuh s roy


  3. mbot said: nggak papa, nggak sendirian kok kalo suka ngeliatin cewek seksi*lirik shanti dan jessica alba-nya

    ih masih inget aja …hahahaiya, aku tuh paling suka ngeliatin cewek cakep, apalagi yg perutnya rata, apalagi yg ratanya bukan karena emang langsing tapi karena workout …aduh kerennya πŸ˜€


  4. revinaoctavianitadr said: berarti mungkin film-film berkatagori lasut itu justru aku lebih sering nonton duluan, mas.*bangga (lagi) karena bisa nduluin nonton film lasut

    lasut ki opo tho?


  5. jmave said: film kayak gini kan cuma alasan buat nonton Camdi doang πŸ˜€ (gua ni cewek apa cowok ih

    nggak papa, nggak sendirian kok kalo suka ngeliatin cewek seksi*lirik shanti dan jessica alba-nya


  6. myshant said: ya mungkin nyari cewek lemahnya yg seumuran sama tom cruise kali ya, kalau ceweknya gagah perkasa tapi masih muda dan kenceng kulitnya, kebanting dong tom cruise-nya :))

    tergantung aktornya sih. sean connery nggak kebanting kok waktu akting bareng Catherine Zeta-Jones di entrapment πŸ™‚


  7. essymoestl said: tengkiyu reviewnyaaaa .. soalnya mau nonton hhihihi kan Tom Cruise kece … ekspektasi daku buat puasin mata doang deh kl gitu heheheh

    kalo ekspektasinya itu dijamin nggak akan kecewa deh. tom cruisenya tampil heroik dan banyak adegan close-up πŸ™‚


  8. renypayus said: lah, dia kan abis dikasi suntikan apa gitu sama si Antonio. hihihihYg di motor itu, dia kok keknya jago banget gitu make senjata.terus kayak pelem hollywood lebay lainnya, udh tau ada hujan peluru gitu g matek.

    lha justru itu, disuntik obat jujur kok malah jadi ngambekan itu kan aneh :-p


  9. film kayak gini kan cuma alasan buat nonton Camdi doang πŸ˜€ (gua ni cewek apa cowok ih heuheuheu, habis gak suka sama Cruise), sama kayak di Smiths itu, cuma alasan buat nontonin mereka berdua. oya, 4/5 untuk poster filmnya πŸ™‚


  10. mbot said: di tengah hujan peluru sempet-sempetnya ngambek karena merasa kurang diperhatikan oleh sang jagoan

    lah, dia kan abis dikasi suntikan apa gitu sama si Antonio. hihihihYg di motor itu, dia kok keknya jago banget gitu make senjata.terus kayak pelem hollywood lebay lainnya, udh tau ada hujan peluru gitu g matek.