Fight Night: Round 2


Mengingat sekarang udah muncul Fight Night round 3, kayaknya ini review udah basi kali ya. Tapi krn PS gue abis mati suri selama 6 bulan lebih, maka game yang gue beli bulan juni 2005 ini baru bisa dimainin sekarang. Jadi, harap maklum yak!

Tadinya EA sports, produsen game ini, punya seri tinju yang dikasih judul ”Knock Out Kings” (KOK). Gue pertama kali main serial KOK mulai dari KOK 1999 sampe kalo nggak salah yang terakhir KOK 2002. Entah kenapa serial KOK kemudian nggak muncul lagi, dan sebagai gantinya ya si ”Fight Night” (FN) ini.

Dari segi tema, FN nggak beda jauh dengan KOK: tentang simulasi kejuaraan tinju dunia. Selain bisa langsung main dengan karakter2 juara2 tinju dunia, kita juga bisa bikin petinju baru di career mode. Di career mode ini kita dikasih 1 petinju yang masih culun, terus pelan2 dilatih dan diadu ngelawan petinju2 yang udah ada di peringkat tinju dunia sampe akhirnya ngelawan sang juaranya. Nanti kalo udah jadi juara giliran kita yang ditantang sama petinju2 lain untuk mempertahankan gelar.

Satu-satunya yang membedakan FN dari KOK adalah dari segi konfigurasi kontrolnya. Kalo di KOK semua gerakan pukulan dipicu dari tombol x, o, segi tiga dan kotak, di FN (konon mulai dari FN yang pertama, nggak yakin jg soalnya belum pernah main) pukulan digerakkan pake analog stick kanan. Akibatnya, kita gak usah pusing lagi ngapalin urutan2 pencetan kombo yang bisa mencapai 10 langkah bahkan lebih! Selain itu, penggunaan analog juga lebih mudah diasosiasikan dengan gerakan pukulan yang sebenernya. Misalnya, pukulan hook yang melingkar itu juga digerakkan dengan cara memutar analog stik setengah lingkaran. Pukulan straight, tinggal dorong analog stick 45 derajat ke arah kanan atau kiri tergantung mau mukul pake tangan yang mana. Lebih gampang diinget kan? Tapi buat yang masih fanatik dengan sistem pencet2 tombol, tetep dimungkinkan karena konfigurasi kontrolnya bisa dicustomize. Gue sendiri lebih suka pake sistem analog stick ini krn kalo lagi kepepet tinggal gerakin asal2an aja ke segala arah, dijamin akan keluar pukulan walaupun nggak bisa ditebak itu pukulan jenis apa.

Yang menarik, di FN2 ini kita juga bisa langsung mengendalikan cutman (orang yang kerjanya ngobatin luka petinju di sela pertandingan). Selain itu, waktu create boxer untuk dimainin dalam career mode, kita bisa ubah2 hampir sebagian besar fitur2 wajah seperti bentuk mata, bentuk kepala, posisi dagu, dll masih dengan analog stick. Prosesnya jadi mirip bikin patung dari tanah liat. Petinju yang kita buat di career mode akan bertambah tua, dan di umur 40-an akan mulai menurun kemampuannya. Dilatih kaya apapun, statistiknya akan terus2an minus sehingga akan makin sering kalah. Di umur 65, dia akan pensiun paksa. Petinju bikinan gue yang di awal karir udah susah2 gue buatin body atletis, giliran udah makin tua jadi makin bengkak kaya george foreman gitu. Simulasi penggunaan energinya juga makin realistis. Petinju yang terlalu boros mukul di ronde2 awal, nanti di ronde2 akhir akan jadi loyo dan lamban. Peranan pukulan jab juga udah sesuai dengan ”realita di lapangan”. Di game2 KOK yang lain, jab hanya sebagai pukulan pemancing doang, nggak pernah bisa bikin lawan KO. Sedangkan di FN2, asal dikeluarin secara combo, jab bisa juga bikin KO. Toh buktinya petinju betulan seperti Muhammad Ali dan Shane Mosley juga terkenal sering mukul jatuh lawan pake jab!

Intinya, ini game oke banget deh (tentunya bagi para penggemar game tinju). Cuma seandainya gue jadi developer game ini, maka ada beberapa hal yang akan gue masukin sebagai improvement:

  1. Petinju2 Prince Naseem, Mike Tyson, dan George Foreman; kenapa nggak pernah muncul di serial KOK maupun FN ya? Padahal yang kalah terkenal seperti Chris Byrd aja ada.
  2. Efek pertandingan: kalo di suatu pertandingan petinjunya luka parah, maka dia butuh waktu istirahat lebih lama untuk bisa bertanding lagi. Dan yang seru: gue akan bikin petinjunya bisa mati kalo kena pukulan yang keras banget!
  3. Pukulan favorit yang sering dipake sama petinju makin lama akan makin ampuh. Misalnya, kalo petinju A lebih banyak make hook kanan untuk mukul, maka selanjutnya hook kanannya akan lebih keras dari pukulan dia yang lain dan bisa bikin damage yang lebih besar.
  4. One hit victory: kemungkinan untuk menang KO dengan hanya satu pukulan telak. Di FN2 ini memang dimungkinkan untuk memukul jatuh lawan hanya dengan 1 pukulan, tapi bisa dipastikan lawannya pasti bangun lagi.

Kira2 ada nggak ya game developer di eagames yang baca multiply gue? 🙂

foto dari sportsmedia.ign.com

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

12 Komentar

  1. handaka30 said: Gimana ya, caranya keluarin combo buat FN ini..?? bisa kasih tau?? thx

    sekarang gue malah udah lupa,krn udah lama nggak main game ini. coba deh cari di http://www.gamefaqs.com

    Suka

    Balas
  2. Gimana ya, caranya keluarin combo buat FN ini..?? bisa kasih tau?? thx

    Suka

    Balas
  3. wah gue jadi tambah kepengen beli ps2 he3x

    Suka

    Balas
  4. myshant said: kalo’ agung punya anak sepertinya bakalan rebutan maen tinju niy …tinju2an sama ayah ..hehehe

    yang ada juga, sebelum main tinju2an udah keburu dikekepin sama ibunya 😛

    Suka

    Balas
  5. bdarma said: …bayaran royalty nya kemahalan ngkali…

    mungkin juga, sedangkan si tyson udah punya game sendiri. tapi sumpe deh, game tinjunya tyson garing banget. animasi gerakannya kayak film charlie chaplin gitu.

    Suka

    Balas
  6. prajuritkecil said: huahahahaha…gw curiga istrinya pun ikutan ber-PS2

    istrinya kemarin main crazy taxi, tapi dia cepet bosen. mintanya malah main dino crisis, game ps 1…

    Suka

    Balas
  7. kalo’ agung punya anak sepertinya bakalan rebutan maen tinju niy …tinju2an sama ayah ..hehehe

    Suka

    Balas
  8. mbot said: Dan yang seru: gue akan bikin petinjunya bisa mati kalo kena pukulan yang keras banget!

    …..sadis lo gung, hehehe

    Suka

    Balas
  9. mbot said: Petinju2 Prince Naseem, Mike Tyson, dan George Foreman; kenapa nggak pernah muncul di serial KOK maupun FN ya? Padahal yang kalah terkenal seperti Chris Byrd aja ada.

    …bayaran royalty nya kemahalan ngkali…

    Suka

    Balas
  10. menhariq said: gak heran da jarang ngejurnal, ngereview dan susah diajak ketemu.. ternyata emang lagi gila PS toh.. oalaa.. 😛

    huahahahaha…gw curiga istrinya pun ikutan ber-PS2

    Suka

    Balas
  11. gak heran da jarang ngejurnal, ngereview dan susah diajak ketemu.. ternyata emang lagi gila PS toh.. oalaa.. 😛

    Suka

    Balas
  1. 100 Game PS2 Terbaik Sepanjang Sejarah - Gaminesia

Ada komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari (new) Mbot's HQ

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca