tips membedakan sepeda anjrit dari yang non-anjrit

Seperti yang udah ditulis oleh ida di journal yang ini, akhirnya kami punya sepeda juga. Satu hal yang berkesan dari pengalaman gue membeli sepeda adalah:
“sepeda-sepeda jaman sekarang bikinnya dari apa sih kok bisa semahal-mahal gitu amat??”
Secara logika bego-begoan aja nih ya, bandingkan bahan baku dan kerumitan proses yang dibutuhkan untuk membuat sepeda, dengan membuat sepeda motor. Berhubung ada mesinnya, pastinya bikin motor butuh bahan baku yang lebih banyak, proses yang lebih rumit ketimbang bikin sepeda. Tapi kenapa harga motor Honda Tiger keluaran tahun 2007, udah on the road, ‘cuma’ 23 jutaan (sumber dari sini) sementara ada sepeda yang harganya nggak terpaut jauh, bahkan lebih mahal dari motor tersebut?

Sebagai ilustrasi, waktu itu gue menunjuk sebuah sepeda yang dipajang sambil tentunya menanyakan harga, “yang ini berapa harganya koh?”
Dijawab secara santai, “itu SEPULUH
“…juta?”
“iya” – dalam hati mikir sendiri, ya iyalah ‘juta’, abis apa lagi, ‘liter’?
“kalo yang itu?”
ENAMBELAS
“…juta?” – sambil berharap semoga yang dia maksud adalah SATU KOMA ENAM
“iya, ENAMBELAS JUTA

Nah, berdasarkan pengalaman gue di toko sepeda tersebut, maka gue berhasil menyimpulkan sejumlah ciri yang membedakan sepeda yang anjrit dari yang non-anjrit. Tips ini mungkin berguna bagi kalian yang berencana beli sepeda, khususnya dalam hal:

  1. menghemat waktu memilih sepeda
  2. mempertahankan kesehatan jantung, khususnya buat yang suka kagetan kalo denger harga mahal
  3. meningkatkan kredibilitas di hadapan sang pemilik toko sepeda, biar keliatannya kita orangnya rada2 ngerti sepeda gitu.
  4. Menghindarkan diri dari salah positioning saat lagi ngerumpi / ngerasanin orang lain. Contoh kasus yang sebaiknya dihindari:
    “Mah… mah… papah tadi di jalan ketemu sama si X, temen papah kuliah dulu itu lho… tau nggak mah, masa dia ke kantor naik sepeda.. kasihan sekali kan mah… padahal dia udah sekian tahun kerja masa cuma kebeli sepeda doang… nggak kaya papah nih, Alhamdulillah udah bisa nyicil motor Jialing…”
    “Oh… si X, iya mamah tau, dia itu kan aktivis komunitas ‘bike to work’, pah… dan btw papah tau nggak sih harga sepedanya?”
    “berapa emang?”
    “mmm…. mending papah duduk dulu, trus ini minum air putih dingin dulu ya… biar tenang…”
    “berapa mah, berapa?”
    “…..” (menyebutkan harga)
    “HAAAH…?? HUANJREEEEET!!!!!!”

Sebelumnya perlu gue defisnisikan terlebih dahulu, yang gue maksud dengan sepeda ‘anjrit’ adalah sepeda yang saat harganya disebut, kalian secara refleks akan merasakan dorongan dalam hati untuk berseru, “anjriiitt…. mahal banget!”

Ciri-ciri sepeda anjrit

1. Tulisan di rangka sepeda
Perhatikan baik-baik tulisan yang tercantum di rangka sepeda. Kalo tulisan yang tercantum di sana BUKANLAH tulisan yang umum tercantum di brosur2 carrefour atau hypermart seperti POLYGON, WIM CYCLE, atau UNITED, hati-hati… kemungkinan itu adalah sepeda anjrit. Tapi bukan berarti sepeda dengan merek2 yang barusan gue sebut tidak ada yang anjrit lho! FYI, gue pernah menemukan sebuah sepeda merk POLYGON di Ace Hardware yang harganya… anjrit… DELAPAN SETENGAH JUTA.

2. Warna sepeda
Berkebalikan dengan reaksi kebanyakan orang saat mendengar harganya (yaitu shock, mual-mual, mata berkunang-kunang, atau panik) warna-warna sepeda anjrit biasanya kalem / polos. Di toko sepeda yang gue datangi itu, ada sebuah sepeda berwarna perunggu polos, cuma berhiaskan sebuah tulisan nama orang (gue lupa siapa) – pokoknya nampak bersahaja – tapi harganya… anjrit… TIGABELAS JUTA.

3. Kondisi sepeda
Sepeda-sepeda anjrit biasanya dipajang dalam keadaan tidak siap pakai, alias harus dirakit dulu.

4. Standar
Entah kenapa, SEMUA sepeda anjrit yang pernah gue lihat tidak memiliki standar / besi penyangga saat sepeda diparkir. Berdasarkan analisa sementara gue, ada 3 kemungkinan mengapa hal ini terjadi yaitu:

  • Harga sepeda tersebut udah sedemikian anjritnya sehingga bila ditambah sebuah komponen lagi maka calon pembeli akan bangkrut atau minimal jual kolor.
  • Bahan sepeda tersebut dibuat sedemikian kuatnya sehingga tahan banting – kalo abis dipake nggak usah distandar, banting aja ke tanah dijamin nggak akan rusak / lecet.
  • Para pemilik sepeda anjrit akan sedemikian cintanya kepada sepeda tersebut sehingga tidak akan mungkin meninggalkan sepedanya di parkiran. Makan, mandi, tidur, sepedanya ditunggangin terus.

Foto: Polygon Collosus, warnanya polos bersahaja, harganya 42 juta.

71 comments


  1. kenapa seh banyak orang sirik ama BTW, padahal mereka berjasa lho, udah ngurangi polusi, cadangan BBM juga jadi lebih panjang. Padahal kalo mereka mau, ke kantor bawa mobil masing-masing juga bisa. Jadi mestinya kita terima kasih buat mereka. Jangan pada sirik.


  2. rezakauzar said: hehehehe, mending pake sepeda onthel aja gung, kan ada komunitasnya juga tuh

    Jangan salah, sepeda onthel itu harganya melebihi sepeda MTB. Gimana engga? Onthel itu collector item. Bahkan yg sudah bikinan barupun harganya masih di atas sepeda MTB dgn spek yg biasa.


  3. Sepeda saya dikasih tetangga yang pindah rumah, mungkin buat kenang2an, jadi nggak anjrit. Cuman suatu hari saya lagi ngebut karena jalanan turunan, tiba2 ada anjrit beneran lagi nyebrang; langsung aya teriak; “Anjrit!”


  4. Sepedah saya gak anjrit tuuuh… iyaa sih, saya sayang banget sama dia. Suka saya belai-belai dan ciumin… partsnya ada yang baru dan kebanyakan bekas hihihihi : ) biar anjritnya gak terlalu keras. Yayang di rumah dukung banget… selama duit yang dipake bukan duit gaji bulanan tapi duit sampingan hehehehe… : ) : ) Kan jadi getol nyari duit juga anjrriiit hihihihi… Harga segitu, ternyata gak sebanding lho dengan benefitnya: sehat, banyak temen, bebas stres. Eee.. yayang makin seneng karena bersepeda meningkatkan gai**h se***al hihihihihihihi…. ayo Gunk, beli Gunk…


  5. Pagi ini setelah nganter anak sekolah mampir ke sebuah kios yg jual sepeda-2 bekas. Selama ini cuma ngelewatin dan tertarik utk mampir dan lihat-2 tapi belum pernah sempat. Banyak sepeda bekas yg masih tergolong sangat bagus kondisinya. kebanyakan bermerek P*l*g*n. Harga2nya cukup bikin kaget karena relatif tidak terlalu mahal. Kisarannya hanya 200 – 600 ribu rupiah!!! Itu harga buka lho, belum ditawar. Kondisinya oke-oke banget! So? Sepertinya yg penting pinter-2 hunting ya?!


  6. waduhh…. sepeda anjrit. Jadi ingat sepeda pertama ku dulu.. BMX, 100 rb an, thn berapa ya.. ’89 kali yaaa.Itu aja bisa bertahan sampai taon ’94.Yang pasti, nggak perlu yang anjrit untuk sehat bukan ?


  7. p3n1 said: kesimpulan: B2Wers teh orang2 punya duit…secara harga sapedahnya aja udah woooww… an***t πŸ˜€

    Wah…. yang ini perlu diralat nih… Ngga semuanya sepeda B2W anjrit2. Kebetulan kalo dibilang anjrit itu karena sang sepeda biasa juga dipakai untuk hobi ber-mountain biking. Jadi kalo sepedanya dibilang anjrit, itu karena sepeda ya cuma satu2nya itu… Weekdays dipakai B2W, weekend dipakai MTB.Lagipula, salah satu tujuannya ber-B2W kan utk mengirit ongkos. Dan lagipula, seperti telah disampaikan sebelumnya, buat apa sepeda terlalu anjrit? wong yg kerja dengkul juga kok. Hehehe!


  8. trully said: hihihi.. tadinya pengen ke kantor naik sepeda.. tapi kalo mahal2 gitu.. sayang juga..

    yang lebih murah juga ada koq li… atau nyari yang sekenyang penting niatan dan manfaatnya, nggak ada standar harus pake yang nominal sekian koq =)


  9. wah…wah..wah…sepeda yang aneh…qiqiqiqqiqimahal bangget yak???perasaan dulu pas beli sepeda ga segitu (bayangkan sepeda yang ada di sinetron2 yang berkeranjang di depannya….)paling cuma 100 rebu(kok murah ya….berapa ya? lupa euy)mahal buanget sih tuh sepeda…ckckckcckckck


  10. Mas Agung, di sini juga harga sepeda baru mahal-mahal. Apalagi yang pake motor, kalau lagi males atau capek genjot, tarik motornya, kita bisa santai meluncur tanpa harus ngos-ngos-an. Karena di belanda jutaan sepeda dicuri setiap tahunnya, lebih baik beli sepeda bekas yang muarh, pencuri juga males untuk megang …..


  11. Gung, sepeda mo anjrit kek, mo ngga anjrit kek, yg kerja DENGKUL juga kok! Jadi sebaiknya belajar sama yg namanya WAHJUAK di atas, gimana caranya kita bisa upgrade supaya dengkulnya yg anjrit…WTT emang dengkulnya ANJRUITTTT!!!


  12. Sepeda untuk B2W gak harus mahal kok Tante/Om. Yang mahal itu kan kalo dah beli yg bermerek atau spek kelas atas. Apalagi bicara hobby, hobby apapun pasti jatuh2nya mahal Saya pribadi, tiap hari B2W pake buatan tahun 1994, masih frame besi merk Federal, beli framenya cuman 50rb di tukang sepeda, rakit sana sini pake komponen campur aduk total jenderal habis 300rb itu dah plus sekaleng cat semprot buat ksh tampilan baru….worthed banget ! Dipake B2W tiap hari Pondok Kacang (cileduk) ke Mampang (35km sekali jalan, 70km PP) pake sepda cuma 1 jam santai banget in bussy hour pula. Pernah juga ngetes ngebut sedikit Cileduk-Kuningan cuma 40 menit. Sepeda, absolutely safe my time, money & bikin freshh …..


  13. sama anjrit-nya waktu ikutan kampanye b2w pertama kali, Omitu sepeda enteng2 semua! anjrit!tapi setelah liat2 dan sok tau tanya ke toko sepeda, duit 1,5jt udah jadi sepeda yg enteng banget, beda sama yg di carefour.saya kebetulan pake federal tahun 97an kalo ke kantor, dan kalo ke mo jalan2 cari kemringet oprod, pake united patrol (untung ggak termasuk spedah anjrit)…hehehehehe


  14. jadi sepedanya udah dipake b2w, Oom? lumayan khan ngurangi polusi dengan markir knalpot di rumah…saya coba klarifikasi aja… untuk b2w ngk perlu sepeda yang mahal. IMHO, mengenai sepeda yang ngk ada standardnya, logikanya begini: yang berani beli mahal biasanya memang diperuntukkan untuk offroad (jika itu mountain bike) atau roadrace (jika itu sepeda balap). Nah untuk peruntukan2 tsb, standard terasa akan mengganggu gerak kita, untuk offroad khususnya, standard sepeda itu tempat bergelayutannya rerumputan ilalang dlsb yang merupakan bagian ekosistem medan offroad… terkadang standard juga bisa mengganggu keseimbangan, manuver jadi kurang lincah gitu…semoga sepeda2 berharga anjrit tidak membuat kita menjadi bias dalam menjudge komunitas2 bersepeda…


  15. Mau menambahkan juga biasanya semakin ringan berat suatu sepeda, semukin ‘huanjret’ harganya…konon ada sepeda yang harganya 60 jt dan bisa diangkat dengan kedua jari kelingking kita…tipe-tipe sepeda ringan biasa terbuat dari aluminium…hehe gituuu…tapi kalo mau sepeda yang lumayan lah dan ringan… cari ke HAPPY MTB di komplek perdagangan belakang D’Best….disitu ada sepeda Kawasaki dari alumunium 6 gigi yang mereknya Shimano… good weight… suspensions up front dan di tengah… dengan disc-brake (rem yang bakal masih pakem walaupun berjalan di lumpur)all that hanya Rp. 1,200,000 (masih lebih murah daripada sepeda polygon merek Broadway yang harganya 1,300.000 tapi berkerangka Besi :)Ah iya tambahan kalo yang kerangka alumnium ga akan karatan… sedangkan kalo kerangka besi setiap kena air harus cepat dibersihkan dan dikeringkan…(hehe… intensif studies di persepedaan online sebelum membeli sepeda kemaren x)


  16. mbot said: Para pemilik sepeda anjrit akan sedemikian cintanya kepada sepeda tersebut sehingga tidak akan mungkin meninggalkan sepedanya di parkiran. Makan, mandi, tidur, sepedanya ditunggangin terus.

    kebayang seberapa nyeplaknya itu garis celana di pantat


  17. Temen saya dulu ada yang hobby sepeda, dan merakit sendiri a.k.a harga sepedanya jadi mahal banget…trus dia bilang:”Ni sepeda jadi kenceng banget deh!”Lantas saya jawab…”Coba engkong gw yang naek n dayung tuh sepeda…masih kenceng gak????”Ehh…dia ngambek Loh!


  18. sepeda anjrit. =)) ketawa abis. waduh, psikolog yang satu ini benar2 menghiburku. gung, ada sepeda yang lebih anjriiiiiiit! saya baca di kompas minggu edisi 2006 (bulannya lupa). ada sepeda buatan inggris, wujudnya sepeda gunung, yang harganya benar-benar anjrit: setara BMW 750i (cari tau sendiri berapa harga mobil anjrit itu). hanya ada satu di indonesia, dan dimiliki orang kaya gendheng. kenapa harganya bisa segitu? karena sepeda itu berlapis emas.


  19. mbot said: nah itu dia, yang rakitan pun masih terhitung mahal (untuk ukuran gue tentunya) karena harganya minimal 3 juta… yah, mini-anjrit lah…. hehehehe..

    ngga usah elo. buat gue juga sepeda 3 juta yang BARU udah ngga rela banget gue! waktu itu dia mau beliin gue sepeda, gue tunjuk yang di carefour… kan lagi discount tuuuuuhhhh… yang ada dia ngomel2!! huahahaha….. it wil be a cold day in hell kalau gue sampe mau buang duit beli sepeda di atas 1 juta!!! huahahahahalucu juga, dulu pembantu gue yang laki pernah ngomong gini sama mantan gue, “mas richard, boleh pinjem sepedanya ngga ke warung bentar buat beli rokok?” yang ada gue ngakak ngeliat wajah mantan gue yang kontan merah padam, bingung mau nolaknya (secara dia kan jaim banget tuh orangnya! berani marah cuman sama gue doang!) hahahaha jangankan pembantu gue, gue pinjem juga kudu bikin surat perjanjian tertulis hitam di atas putih kaleee…..


  20. mandey said: sementara gue dan pacar ngiler liat sarung tangan ber-gel di sebuah toko yang menjual peralatan sepeda di Barito buat naik motor..kata anjrit udah keluar pas kita tau harga sarung tangannya 850 ribu…DHUAR!

    oh tenang, sarung tangan ber-gel nggak semuanya semahal itu kok. gue beli di bandung harganya 150 ribu. kemarin gue tanya2 di roxy, paling murah 300 ribu. selain buat naik sepeda, sarung tangan itu juga berguna untuk latihan beban, biar tangan nggak lecet.


  21. sementara gue dan pacar ngiler liat sarung tangan ber-gel di sebuah toko yang menjual peralatan sepeda di Barito buat naik motor..kata anjrit udah keluar pas kita tau harga sarung tangannya 850 ribu…DHUAR!


  22. rauffy said: jadi, kapan mo upgrade jadi sepeda anjrit gung ??

    haduuuh… kapan-kapan deh ya…. rencananya sih tahun depan, kalo ada rejeki, rusak nggak rusak sepeda yang sekarang mau dijual – tuker tambah dengan yang bagusan dikit gitu… πŸ™‚


  23. mbot said: Ciri-ciri sepeda anjrit1. Tulisan di rangka sepeda

    ini belum tentu juga gung….soalnya sepeda yg gwe pake merk-nya Specialized tapi made in china alias generik…harga frame-nya kalo yg generik sekitar 500 rb…tapi kalo Specialized yg asli, frame only 6 jtbeberapa merk emang udah ada versi generiknya…Specialized, Scott, GT, Trek, Kona, Louis Garneu,….jadi, kapan mo upgrade jadi sepeda anjrit gung ??


  24. louiesmum said: gung, kalo dirakit, jatuhnya lebih murah. jauuuuuh lebih murah! sepeda mantan gue yang dulu nih, dirakit piece by piece. soalnya kalo beli penuh udah jadi, waktu itu gue liat di majalah.. harganya bisa sampe hampir 40 juta!!!!!!!!! (duit semua tuh! anjit kuadrat!!)sama dia udah dijual ke temennya, laku 3 juta. bekas tuh.. dan temennya dengan riang gembira beli.. padahal udah yang tambal sulam karena “injury” dimana-mana soalnya udah dipake tahunan!

    nah itu dia, yang rakitan pun masih terhitung mahal (untuk ukuran gue tentunya) karena harganya minimal 3 juta… yah, mini-anjrit lah…. hehehehe..


  25. nicelovelydentist said: …ooo..merk nya Speedplay…is that suppose to mean anything ?? πŸ˜€

    don’t know for sure, but it’s definitely not UNITED or POLYGON… hmmm… bisa jadi anjrit tuh ;-))


  26. gung, kalo dirakit, jatuhnya lebih murah. jauuuuuh lebih murah! sepeda mantan gue yang dulu nih, dirakit piece by piece. soalnya kalo beli penuh udah jadi, waktu itu gue liat di majalah.. harganya bisa sampe hampir 40 juta!!!!!!!!! (duit semua tuh! anjit kuadrat!!)sama dia udah dijual ke temennya, laku 3 juta. bekas tuh.. dan temennya dengan riang gembira beli.. padahal udah yang tambal sulam karena “injury” dimana-mana soalnya udah dipake tahunan!


  27. gung, kalo masalah jantungan soal sepeda, gue udah tahan banting. mantan gue, gila sepeda. harga sepeda is one thing, yang lainnya.. biaya berobat ke rumah sakit, dokter, perawatan… dan namanya mountain biking… dijamin semahal apa pun, kalo jatuh kena batu, atau keserempet pohon, peyeng juga…. jadi kudu ganti ini itu… duit lagi!! belum lagi harga sepatu khusus untuk sepeda, helm-nya… jut-jut juga… gue kalo mau beliin hadiah dia yang mahal dikit, ngga bakalan yang berbau sepeda!! beli udah mahal, dipake sekali dia pergi mountain biking, udah lecet penyok dekil aja tu barang! …udah mahilda kagak awet juga!!!!!!!!!! aarrrghhhh!!gimana gue dulu jadi istri ngga bete coba? idup mau ngirit, pas2an… begitu buat sepeda dia, buset deh!! bayangin aja, anjing kita dinamain canondale! padahal cewe tu anjing… maksa banget ngga sih??sepeda dia itu istri pertama dia, kedua anjing kita (secara namanya sama: canondale juga!!), BARU gue istri ketiga dia! disayang banget tu sepeda, sampe dimasukin ke kamar kerja dia, kalo mau pergi, tu kamar dikunci!! temen dia sepedanya ada yang 30 juta… untung bujangan, kalau punya istri macem gue, udah gue sambit kali! jangankan mobil, motor pun dia ngga punya. duitnya abis buat … SE-PE-DA!! sinting!


  28. *ngecek sepeda tersia sia di balkon secara dulu dikasi gitu sama seseorang* anjrit bukan ya ? hehehedulu..pas baru, aku bingung ,mana sepedanya ?? koq prutulan gitu…hehehe …ooo..merk nya Speedplay…is that suppose to mean anything ?? πŸ˜€


  29. iniaku said: :))dulu adik kelas gue dpt tugas bikin lay out pabrik sepeda, dan tau gak… pabriknya harus geuuuuudeeeeeee (setelah dihitung semua mesin yg digunakan dan luas lahan yg dibutuhkan utk perakitan), jadi itu juga mungkin yg bikin harganya jadi anjrit πŸ˜€

    kalo dicompare dengan persyaratan untuk pabrik motor gimana fa? gedean mana? trus kalo bagian perakitannya dihilangkan, akan mengurangi brapa persen dari luas pabrik? beberapa sepeda anjrit yang gue liat cuma dijual rangkanya doang – jadinya pabriknya kan nggak usah ngerakit.


  30. :))dulu adik kelas gue dpt tugas bikin lay out pabrik sepeda, dan tau gak… pabriknya harus geuuuuudeeeeeee (setelah dihitung semua mesin yg digunakan dan luas lahan yg dibutuhkan utk perakitan), jadi itu juga mungkin yg bikin harganya jadi anjrit πŸ˜€


  31. mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha mwahahahhahaha bete yah liat sepedah mahal2…. kekekekekekke