[2012-012] Penemuan hari ini… kerjasama online shop dan artis

Malam ini baca-baca timelinenya @hijaubiru dan nemu twit ini:

endorsement artis untuk online shop

Jadi ternyata salah satu trik promosi yang umum dilakukan para OLS (online shop) adalah menawari seorang artis untuk memakai produknya secara gratis. Sebagai imbal baliknya, artis tersebut memposting foto dirinya lagi pake produk OLS tersebut disertai tulisan nama akun OLS-nya. Jadi sama-sama untung: OLS dapet promosi (dengan biaya relatif murah – cuma ngorbanin satu atau dua produk) sementara artisnya dapet baju gratis. Kan konon artis bajunya harus sering ganti. Kalo sama terus ntar dikira Batman. *apa sih.

Gue jadi merhatiin timeline salah satu artis FTV yang belum pernah gue denger namanya sebelumnya, penuh dengan respon dia terhadap para OLS. Para OLS mention dia dengan sebuah foto berisi beberapa alternatif produk, trus dia menjawab dengan retweet seperti ini:

@Artis: Black 39 πŸ˜‰RT @OLS: @Artis mau sayang? Baru nih. Jelly shoes. 5cm heels. Only 300k -link gambar produk-

@Artis: Pink πŸ˜‰ RT @OLS: Po legging polka 4wrna coffee, pink, black, mustard cuma 56rb, mauu darl @Artis? -link gambar produk-

…dst.

Gue itungin, dalam kurun waktu 10 menit doang, si artis ini udah mengeluarkan reply-reply sejenis sebanyak 7 twit. Artinya ada 7 barang yang akan melayang ke alamatnya, gratis. Asik yak?

Sayangnya sampe detik ini belum ada OLS yang tertarik minta endorse ke seorang pegawai biasa-biasa aja kayak gue. Mungkin kalopun suatu hari gue nekad pasang twitpic pake baju baru dengan memajang nama akun OLS seperti ini:

mbot pake produk OLS

maka respon dari OLS terkait adalah:

@OLSxyz123: kepada sdr @mbot mohon segera menghapus twipicnya yang memuat akun kami, krn merugikan image kami. Tersedia imbal jasa tunai apabila bersedia. Tks.

Tapi pikir-pikir, gue kurang tertarik juga sih dapet baju gratis banyak-banyak. Kalo boleh milih, mendingan ngiklanin OLS sembako deh. Jadi nanti twit endorsement gue kayak gini:

@mbot: Rojo Lele 5 kilo RT @OLS: mau beras Rojo Lele, Pandan Wangi, Kepala, @mbot darling?

@mbot: kirimin minyak goreng dong. Bakal goreng risol kribo RT @OLS: gimana @mbot, sabun colek dan minyak goreng yang minggu lalu udah abis belom?

@mbot: air galonan dah. Gasnya masih RT @OLS: lagi butuh gas elpiji atau air galonan, @mbot sayang?

Dan setelah dikirimin sembakonya gue akan memposting twitpic:

mbot endorse

Ada nggak ya, OLS sembako yang tertarik?

35 comments


  1. clavinovadevy said: hiihi,, aku dapet link inidari twitter… lucu banget, ampe kejang2 gw ngakaknya ^^.. gw juga ada olshop tapi blm mencoba u/ endorse artes… apakah menurut temen2 hal itu efektif??

    kayaknya tergantung selebnya. Ada seleb yang kayaknya emang doyan dapet barang gratisan. Begitu dikirimin produk, meragainnya asal-asalan dan nggak selektif, semua produk diterima. Ada juga seleb yang selektif nerima tawaran endorse. Yang dia terima pun difoto dengan serius dan disertai pujian atas produknya. Selain itu efektivitas juga tergantung jumlah followernya juga sih.


  2. myshant said: huahahahahahahaha …..*ngakak kenceng*itu poto dalam rangka jadi model beauty class ya ?

    iya kalo gak salah πŸ™‚ Istrinya nggak punya model untuk praktek, terpaksa suami dijajah.


  3. martoart said: @OLSxyz123: kepada sdr @mbot mohon segera menghapus twipicnya yang memuat akun kami, krn merugikan image kami. galon kami jadi terlihat di bawah ukuran standar.

    susah memang kalo punya badan kekar gini