[being nice for dummies] #0015: Hayo siapa yang suka ngibulin kasir?

giving money

Dua hari yang lalu, gue lagi ngantri mau bayar roti saat bapak-bapak di depan gue terlibat pembicaraan dengan mbak kasir. Belanjaan bapak itu 15.000, dia bayar dengan uang 50.000 trus kasirnya bilang, “Maaf Pak, ada uang pasnya?”

Biasanya orang (baca: gue) akan jawab biar cepet aja, “Nggak ada mbak.” Biarin aja bohong, tapi nyari duit kecil kan susah. Ngapain dikasih ke kasir, yang memang udah tugasnya memberikan kembalian. Jadi, bohong dikit aja gak papa lah.

Tapi si bapak ini beda. Dia bilang, “Ada mbak, tapi maaf saya nanti akan perlu uang pas itu. Jadi, saya bayar pake uang ini aja ya?”

Besar atau kecil, bohong ya bohong. Si bapak itu mencontohkan, bahwa kalau bisa dihindari dengan sebuah penjelasan (yang sedikit repot) buat apa bohong?

Bagaimana dengan kita?

gambar gue pinjem dari sini

29 comments


  1. aku biasanya memindahkan uang kecil di dompet ke dalam tas, terus dengan tampang tolol buka dompet sambil nunjukin ke mbaknya. hehehehe….Lesson learned, besok gak bohong lagi! Terimakasih mas Agung (dan Bapak Misterious itu)


  2. chezumar said: Cuma mecah uang di loket tiket kereta commuter,. kalau belanja di diusahakan pakai kartu debit. Lumayan gak ribet soal pembulatan angka.Soal kembalian, biasanya berusaha kompromi dengan ngasih receh yang cukup supaya dia bisa kasih kembalian uang bulat.

    jawaban lo tuh gw banget ^^


  3. “masalahnya” kasirnya suka nyebelin gitu, ga beranjak untuk nuker ke kasir lain kan jadi lama. kalau kita langsung bilang, “ga ada” bukan berarti bohong. IMHO, terusin dalam hati sih, “ga ada urusan lu kale gue punya receh apa enggak…. gue maunya bayar pake uang ini. titik.” (ikutan jutek kek kasirnya–kalo kasirnya ramah baru deh agak2 lunak jawaban yang lurus dan benar spt bapak itu)


  4. Cuma mecah uang di loket tiket kereta commuter,. kalau belanja di diusahakan pakai kartu debit. Lumayan gak ribet soal pembulatan angka.Soal kembalian, biasanya berusaha kompromi dengan ngasih receh yang cukup supaya dia bisa kasih kembalian uang bulat.


  5. Persediaan uang kecil di kasir itu gak tentu. Bisa saja kebetulan lg banyak atau gak ada sama skali krn berbagai faktor (persediaan gak ada atau udah habis). Kl belanja dgn uang pas, sebetulnya bermanfaat buat pembeli sendiri. Waktu antrian jd gak lama, dan bermanfaat jg buat yg ngantri di belakang πŸ™‚ *maklum,kasir jg soalnya hehe