Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia

Buku ini mengajak pembaca untuk membahas berbagai hal yang jorok-jorok secara ilmiah. Mulai dari upil, dahak, tinja, jerawat, ketombe, sampe kutu dan kecoa. Dari gaya bahasanya, kayaknya buku ini ditujukan buat anak-anak SD kelas 4 ke atas, tapi buat gue tetep menarik dan memberikan banyak pengetahuan baru πŸ™‚

Misalnya, ternyata Raja Prancis Louis XIV gemar menemui bawahannya sambil… BAB! Bukan cuma itu, raja yang satu ini juga bukan main joroknya sehingga secara sangat santai sering membiarkan bajunya ternoda tinja. akibatnya para bawahannya terpaksa menutup muka dengan sapu tangan yang dibubuhi minyak wangi saat menghadap. Di masa pemerintahannya, industri parfum Prancis berkembang pesat.

Fakta baru lainnya yang baru gue ketahui dari buku ini adalah, gas Indol yang muncul dalam perut sebagai hasil pencernaan protein ternyata merupakan bahan dasar parfum. Bedanya, yang muncul dalam perut telah bersenyawa dengan skatol, sedangkan yang digunakan untuk bikin parfum hanya Indol aja.

Buku ini cocok banget buat yang doyan membahas hal-hal jorok, apalagi ilustrasi kartunnya juga sedikit hiperbola sehingga membuat topik yang udah jorok-jorok itu nampak semakin jorok.

Kalaupun ada yang bisa gue pandang sebagai kelemahan dari buku ini adalah, di beberapa bagian kalimatnya terasa kurang nyambung, mungkin akibat proses penerjemahan dan penyuntingan yang kurang rapi, atau gara-gara informasi kontekstual yang mungkin cuma dipahami di negara asal buku ini (Korea).

Misalnya, di halaman 39 ada sub-bab yang dibuka dengan kalimat kurang jelas sebagai berikut:

“Ada anak kecil yang menunggu di depan toilet sampai Pendeta selesai buang air. Nama toilet yang muncul pada saat iklan minuman laktobasilus di Korea itu adalah House. Hoise sebagai ‘pemecah kegelisahan’ adalah kakus, kamar kecil, atau toilet…dst”

Apakah maksudnya di Korea ada minuman laktobasilus bermerk House dengan slogan ‘pemecah kegelisahan’, atau gimana sih? Bagian sini gue rada kurang mudeng.

143 halaman
Bhuana Ilmu Populer (BIP) – 2009
judul asli: “The Dirtiest Science in the World”

23 comments


  1. ida22 said: sapa duluu dong yg beliiin.. *nunjuk diri sendiri*tau gak, aku lgs tertarik beli buku ini karena tau bgt, agung pasti suka..hiahahaahahahaha..

    haha, ya ampuuuuun!Lha ternyata istri sendiri yang mencekoki dengan buku jorok sedunia.Tapi btw, itu m’Agung kan cuma baca jorok2nya, ya?Sementara tau enggak, jaman diplonco dulu, sempet ada session dimana kita disuruh bawa satu botol kaca ukuran kecil (sekitar 5ml) yang isinya: tinja!Trus siangnya, habis makan siang, kita disuruh ngisep-isep botol tersebut! Sumpe, sampe sekarang aku masih dendaaaaaam ….


  2. revinaoctavianitadr said: Kok ya nemu2nya gitu, looooooh …

    sapa duluu dong yg beliiin.. *nunjuk diri sendiri*tau gak, aku lgs tertarik beli buku ini karena tau bgt, agung pasti suka..hiahahaahahahaha..


  3. rifqijamil said: Di bab tentang pembahasan ambein, ada juga cerita tentang seorang raja yang mengobati ambein nya dengan cara bedindenya disuruh menjilati ambein nya tersebut dan tiap yang menjilati akan diberikan alat transportasi.Benar-benar buku paling jorok yang aneh!!!! πŸ™‚

    iyaaa.. iyaa! jijik bgt aku bacanya.. hiahhahahaha..


  4. Di bab tentang pembahasan ambein, ada juga cerita tentang seorang raja yang mengobati ambein nya dengan cara bedindenya disuruh menjilati ambein nya tersebut dan tiap yang menjilati akan diberikan alat transportasi.Benar-benar buku paling jorok yang aneh!!!! πŸ™‚

Tinggalkan Balasan