kalo gaptek, banyaklah bersabar

Kemarin sore, salah satu temen gue yang bernama Trini sibuk membuat sebuah desain yang super darurat karena harus dipake besokannya (hari ini), jam 10. Berhubung untuk urusan desain ditangani sebuah divisi khusus di kantor gue, maka dia kirimkanlah desain tersebut kepada sang Ibu Kepala Divisi. Maksudnya untuk diperiksa apakah udah memenuhi syarat atau belum. Mengingat deadlinenya mepet, maka Trini menambahkan flag “Follow Up” per jam 8.30 pagi di email tersebut.

Sayangnya, Ibu Kepala Divisi yang bersangkutan baru membuka email sore harinya, alias udah lewat dari batas waktu yang ditentukan di flag. Maka dengan penuh kewibawaan, mereplylah beliau yang isinya kurang lebih sebagai berikut:

“TRINI,
DON’T USE RED!
IT’S VERY UN-POLITE!!”

Use red? Apanya?
Ada yang bisa nebak?

…yak, betul sekali… Ibu Kepala Divisi tersebut merasa tersinggung karena beliau melihat subject email Trini yang masuk di inboxnya berwarna merah.

Tau kenapa warnanya berubah jadi merah?

Ya karena udah lewat dari deadline yang ditentukan oleh flag! Kalo sebuah email dipasangi flag dengan deadline tertentu, maka setelah deadline terlewati secara otomatis warna subjectnya akan berubah jadi merah. Jadi secara teknis dia tersinggung kepada Microsoft Outlook.

Mari mengeja: A-B-C-D.
Aduh Bo’ Cape Deh.

Sambil nahan sebel campur prihatin, gue bantu reply email tsb dengan penjelasan kepada Ibu Kepala Divisi mengenai duduk permasalahan yang sebenarnya. Di bagian akhir email, nggak lupa gue tambahkan sedikit sentuhan ‘pemanis’:

…btw, menulis email dengan huruf kapital semua juga ‘un-polite’* lho.

Abis itu nggak ada reply balik dari dia. Entahlah, mungkin lagi sibuk nyari sumur buat numpang nyebur demi mengkompensasi rasa tengsin.

Buat yang belum terbiasa dengan fitur flag di MS Outlook, berikut gue jelaskan sedikit langkah-langkahnya ya, supaya kalian jangan sampe terperosok ke jurang kemaluan yang sama dengan Ibu Kepala Divisi kita yang satu ini.

Saat lagi menulis email (halaman compose mail), klik gambar bendera merah di toolbar. Maka akan terbuka tampilan sebagai berikut:

compose emailTentukan tipe respon (Follow Up, FYI, Reply, dsb), tanggal dan jam yang lo inginkan di kotak ini. Abis itu klik OK dan kirimkan email seperti biasa.

Nantinya, setelah waktu yang ditentukan dalam flag udah terlewati, subject e-mail di inbox penerima akan berubah menjadi warna merah seperti ini:

Nah, pesan moral apa yang bisa kita petik dari peristiwa ini?

  1. Langkah pertama yang paling penting: sadarilah apabila kita menderita kegaptekan, karena masalah biasanya timbul pada orang-orang gaptek yang tidak merasa diri gaptek.
  2. Gaptek bukan penyakit keturunan, tidak menular, dan dapat disembuhkan asalkan kita mau.
  3. Gaptek dan pikiran negatif bukanlah kombinasi yang aman dan nyaman, khususnya dalam posisi-posisi setinggi Kepala Divisi.

*nggak usah protes, inilah cara terbaru menulis kata ‘unpolite’ menurut Ibu Kepala Divisi, yaitu menggunakan setrip.

48 comments


  1. tomatopedia said: @kurzz+om mbot.Iya sih,akhir ny wkt tu ktmu jg stelah buka recent document.Tapi gak mempan juga kalo cari file stelah buka byk file dokumen,soal ny recent document juga d batasi jumlah ny (biasa nya 10 file).Stau ku gitu.Hehehe..

    bisa juga buka excel trus liat recent doc khusus excel aja, gw kadang kalo lupa save dimana suka gitu juga..


  2. huahahaha..again, terbukti, bos gak selalu cerdas!*gw pengagum berat ‘My Stupid Boss”*Gw sampe pernah ngomong gini ama bos bule gw yang fanatik ama Kaukasia-nya “I prefer evil and smart boss more then stupid boss. I can handle evil; fool people? Out of my hand.” Dia tercengang dan terdiam, berpikir dia masuk golongan mana.Makanya gw hepi banget sekarang punya bos2 yang kecerdasannya emang pantes jadi bos. Entahlah kalo orang2 lain, tapi kemaren dulu gw hampir putus asa nyari tahu knp bisa gw sering lebih pinter dari para manajer *pede mode: on* =P


  3. Haha jadi inget waktu nyokap gue nyusun tesis. Karena beliau tidak familiar dengan komputer, gue kebagian mengetik seluruh tesis beliau (untung belakangan dapet uang jajan tambahan). Lagi “seru2nya” *roll eyes* ngetik tiba2 temen gue nelp dan nyokap dengan baik hati mempersilakan gue utk telp dl sementara beliau melanjutkan ngetik. Rasanya gue mau garuk2 aspal pas nyokap nanya gini, “Kl mama mau pake tanda persen gimana ya..ini diteken keluarnya 5 melulu”. Lha…ini ‘jurus’ kan udah ada dari jaman mesin ketiiiiik. Hihihi. Untungnya nyokap udah ‘tobat’ dan sekarang agak canggihan (bisa ber-BlackBerry utk FB) walaupun kadang di depan komputer msh ‘hang’, “kl mau buka FB itu mama mesti kemana dl yaaa kok ini ga ada Mozilla?”


  4. mbot said: mungkin biar bisa lebih jelas kalo discan atau dicopy kali ya, makanya nggak boleh tinta berwarna. mungkin lho.

    seandainya si mbak Teller bilang gitu tentu daku akan langsung bungkam Gung…he..he..he..bener nggak bener soal no 2, masak dibilang nggak sopan..hua..ha..ha..


  5. mbot said: ‘unpolite’ menurut Ibu Kepala Divisi, yaitu menggunakan setrip.

    hhihi…. bener ya.. gak boleh gaptek n pikiran negative jadi atu.. hasilnya mempermalu diri sendiri..btw.. un-polite.. hehehe yg bener apaan ya.. impolite bukan ? hihihii… ikutan ah…..


  6. @kurzz+om mbot.Iya sih,akhir ny wkt tu ktmu jg stelah buka recent document.Tapi gak mempan juga kalo cari file stelah buka byk file dokumen,soal ny recent document juga d batasi jumlah ny (biasa nya 10 file).Stau ku gitu.Hehehe..


  7. mbot said: jgn2 titik pemisah ribuan dia buat manual ya?

    Yah begitulah. Dia sering gak percaya klo gw cepet ngerjain apa2, curiga gw asal2an….pusiiiinnngg. Dia lbh percaya yg ngerjainnya lemot, ngetik satu2…hari genee. Nasib gw dpt bos gatek.


  8. mbot said: Buat yang belum terbiasa dengan fitur flag di MS Outlook, berikut gue jelaskan sedikit langkah-langkahnya ya, supaya kalian jangan sampe terperosok ke jurang kemaluan yang sama dengan Ibu Kepala Divisi kita yang satu ini.

    jurnal ini membuat jurang kemaluannya si ibu semakin dalam


  9. mbot said: hehehe… bingung folder mana tempat menyimpan file yang barusan dibuka juga problem yang cukup sering terjadi tuh πŸ™‚

    di aplikasi office biasanya ada “most recent documents” di bawah menu file, kenapa bingung? *ternyata susah menentukan gaptek apa enggak ga da kriteria yg jelas* ^_^


  10. Hihihi…lucu jg. Baru aja tadi siang gw ngalamin hal yg hampir sama. Bos gw udah pusing tujuh keliling sampe 2 harian mikirin itunganya yg di excel buatanya sendiri, kok gak sama dengan yg di report.Setelah dia minta gw cariin, dalam 2 menit ketemulah salahnya ‘finger slip’ alias salah ketik. Lagian udah ada system yg running well malah dia cek lagi tuh system dengan itungan excel dan salah ketik pulak….Sebenernya bisa jg sih pake excel, tp yg advance dong, masak masih dijadiin kalkulator. Kayaknya mottonya: ‘Klo bisa dipersulit kenapa dipermudah’


  11. reyhanah said: layoutnya mas ini kan merah, hati-hati lho kalo si ibu berkunjung ke sini, ntar beliau ngirim email ke mas “un-polite* nulis dalam huruf kapital memang ga sopan, kasar banget

    apalagi motifnya bulet2, jgn2 disangka nyindir postur tubuh… hahaha


  12. wah gw penasaran nih siapa kepala divisi itu.. harusnya ketebak dikit2 ya, kan yang “order” ke trini/mas biasanya dari tempat yang sama :)kayaknya bukan kudu bersabar mas, dia perlu 3 kursus:1. Bahasa Inggris2. Mengetik3. Microsoft Office


  13. tomatopedia said: Tp akhir ny malu sendiri wkt bpak blg mama gaptek simpen file blg ny excel bknx nma folder.Hehehe..

    hehehe… bingung folder mana tempat menyimpan file yang barusan dibuka juga problem yang cukup sering terjadi tuh πŸ™‚


  14. Wahahahaha.Pasti malu banget tuh om.Ada juga kejadian lucu,mama ku,minta di ketikin rekap nilai murid2 ny pake excel.Krna nin ada kerjaan,jadi ny beliau yg lanjutin ketik trus d save (aku ga tau beliau save d folder apa).Besok pagi ny,aku di suruh ngeprint file tu,aku tnya ma mama.”ma,simpen dimana?”,mama ku jawab “di excel”.Aku bingung,aku tnya lg,beliau marah2 dgn jwban yg masih sama,”excel!!”(soalx pagi2 uda brantem ma bapak).Tp akhir ny malu sendiri wkt bpak blg mama gaptek simpen file blg ny excel bknx nma folder.Hehehe..