[review] Daiso – toko paling berisik!

daiso paris van java
Gambar gue comot dari sini

Konsep toko ini mungkin udah nggak asing lagi buat kebanyakan orang, yaitu menjual aneka barang dengan satu harga yang sama yaitu 17 ribu (inget Valu$?). Yang membedakan adalah, manajemen toko ini dengan sangat kejamnya mewajibkan para pramuniaganya untuk berteriak-teriak mempromosikan barang dagangannya!

Jadi nggak peduli apakah ada orang lewat atau enggak, dua orang pramuniaga akan berdiri di depan pintu toko menerikaan “DAISO!! SEMUA BARANG TUJUH BELAS RIBU, ASLI DARI JEPANG, SILAKAN MAMPIR!!” . dan bukan cuma di pintu aja, melainkan para pramuniaga yang bertugas di dalem juga harus ikutan2an teriak-teriak nggak jelas gitu.

Mungkin maksudnya biar mengundang rasa penasaran orang untuk mampir kali ya… tapi kalo buat gue sih malah bikin senewen karena denger orang teriak terus2an, belum lagi nggak tega ngebayangin para pramuniaga itu pasti sakit leher harus teriak terus-terusan tanpa pengeras suara. Bener2 sadis deh manajemennya.

Setelah 5 menit iseng mampir liat2, gue dan Ida memutuskan untuk keluar – tanpa niatan untuk mampir lagi.

Oh ya, toko ini terletak di pertokoan Paris van Java, Bandung. Entah ya kalo dia punya cabang di tempat lain.

43 comments


  1. Sp blang gaji’y kcil??? SPG’y ja gaji’y 1,5 jt!!! Walopun teriak2 tp nyenengin, skalian olah vokal, ngencengin urat muka dan urat malu… Dan bisa sbg media ngluarin kepenatan hati dengan teriak… drpd dpendem bs bkin stooke.Tiap hr ada aja amplop lamaran kja yg msk pgn kja diDaiso.Tiap taon’y ada hadiah bg karyawn tladan lburan kJpang 1minggu. Kja dDaiso skalian blajar B.Jpg, lumayan khan? Kja yg bnyak manfaatnya,,, dpet gaji gde, blajr B.Jpg, Lburan kJpg, dpet gebetan org Jpg.


  2. iya tu berisik buanget! coba aja ke sana pas klo lagi migraine.. sedap.. tambah pusing dah! sampe ada suara ngiung nguing segala jadinya.. sampe2 sama keponakan gw yg umur 6th malah dibales..karyawan : “tujuhhh belass ribu!!!!”keponakan : “udah tauuuuu!!”:-p


  3. denger2 nih di beberapa perush jepang di Indonesia udah mau niru sistem kerja di Jepang kerja tanpa kursi CMIIW.ga kebayang deh udah berangkat dari rumah pake bis berdiri sampe kantor berdiri pula, gw usulin buat beli tiker aja dah lesehan khas Indonesia.


  4. sirtub said: karena di jepang (kayak yang udah pernah ke sana aja) mereka menawarkannya dengan cara seperti itu

    uhm…gak juga sih, Mas….di sana gak gitu2 amat..hehe..ya biasalah kadang2 kan yang “ikutan” suka lebih “galak” dari yang asli…hehehe..*not that I’m saying Daiso toko Jepang palsu ya*


  5. eh gue boleh komen serius kan?biasanya kalo toko2 (sok) jepang emang kayak gitukarena di jepang (kayak yang udah pernah ke sana aja) mereka menawarkannya dengan cara seperti itucobain aja masuk restoran sushi, pasti semua orang pada teriak “selamat datang” adlan bahasa jepang


  6. mandey said: haha….gue lagi di Bengawan Solo bawah dan lo lewat sm bo-nyok..dengan memakai iPod tentunya..hahahaha..mau manggil tapi gue lagi ribet…(misi Mas Agung..ini nih Eriq badung minta diceritain)

    hueee…. ga syopaaaan….. sombong nih yaa… cukup tau deeeh.. ;P*sorry gung jadi tempat ngobrol sama si sombong manda* πŸ˜›


  7. haha….gue lagi di Bengawan Solo bawah dan lo lewat sm bo-nyok..dengan memakai iPod tentunya..hahahaha..mau manggil tapi gue lagi ribet…(misi Mas Agung..ini nih Eriq badung minta diceritain)


  8. mandey said: bukannya lo ya yang butuh..iPod nempel terus gitu..di ITC Kuningan aja ampe mau nabrak mas2 Carrefour..huehuehue..

    heu? emang pernah ketemuan di ITC Kuningan nda? huh… kok ga bilang sih.. sombongg… >.<!–


  9. gwkeren said: waktu gw denger di mal artha gading om..pada ngira orang gila teriak-teriak :))

    waktu pertama kali denger malah gue kira ada orang demo… tapi ya masa ada orang demo di mall, pagi2 pula


  10. dbaonk said: ada sisi baeknya… coba manajemen menetukan harganya tujuh belas ribu sembilan ratus tujuh puluh lima rupiah. tambah capeee deh..

    untung juga semua barang ‘asli jepang’. coba kalo ‘ada barang asli jepang, ada yang kurang asli, ada yang asli thailand, ada yang asli taiwan…’ tambah capeee deh….


  11. hehehe….itu pramuniaga mau niru kayak di Jepun, masdisini pelayan toko memang suka banget teriak “irashshaimase” (selamat datang) di toko. jadi dah biasa kalo di Jepun.Bedanya disini tiap toko pramuniaganya dikit malah kadang ngga ada pramuniaga. yg ada cuma kasir yg mobile sambil beberes. jadi ngga berisik kayak daiso Ind.btw, di jepun daiso menjual barang 100 yen-an. berarti mahalan daiso Ind ya?


  12. gw pernah k yg kelapa gading. waktu itu sih semua barang cuma 10rb (berarti udah naik ya?) & menarik karena lengkap genrenya, tp masya allah…berisiknya ituuu!!! jangan ampe ke sini pas lagi puasa. dijamin batal krn pengen mukulin pramuniaganya.


  13. disini juga banyak ditoko2 yg dikota dekat pasar pertama datang lagi belanja tenang2 kaget krn teriakan org2 sambil mukulin sandal bakiak sambil tepuk tangan..kadang juga teriakannya dilagu….


  14. vaniahuebsch said: Kesiannya karyawan disini! Ada ndak ada pelanggan kok teriak2, aneh ya teknik marketingnya.

    emang! kesannya nggak manusiawi banget terhadap karyawan, dan buat pengunjung jg annoying!


  15. Kesiannya karyawan disini! Ada ndak ada pelanggan kok teriak2, aneh ya teknik marketingnya. Padahal kalo kebanyakan teriak kan bisa haus ya atau lapar, gajinya kecil, pasti habis buat jajan.Pengalaman yg hampir sama, aku pernah jg ya di mall surabaya ada promosi gitu, wah pakai setel musik keras2 jeder2 sampai kiti BT sendiri!