Penemuan hari ini… modesty board

Pernah perhatiin nggak, di bagian bawah depan meja (umumnya meja kantor) ada sebuah bidang yang diletakkan dengan posisi vertikal? Ternyata benda itu ada namanya, dan diletakkan di sana dengan tujuan khusus.

Namanya modesty board. Tujuannya untuk menutupi ‘hal-hal’ yang terletak di bawah meja tersebut dari pandangan orang lewat, khususnya saat sang pemilik meja sedang terlalu konsen bekerja sehingga lepas kontrol atas posisi anggota2 badannya.

Definisi (yang sayangnya agak diskriminatif terhadap kaum pria) dari Wikipedia:

A modesty board is a wooden or metal board intended to shield legs, ankles, or feet (historically, women’s) from view (historically, men’s) in a variety of circumstances.

Walaupun benda ini mulai digunakan di dataran Eropa sekitar abad 18, namun di jaman sekarang lebih populer di negara-negara yang menjunjung tinggi ‘adat ketimuran’ seperti Malaysia dan Indonesia.

Contoh meja dengan dan tanpa modesty board:


*thanks to Bayu atas pengetahuannya hari ini.

Referensi tambahan:

Pesan Sponsor:
Planet Holiday Tour and Travel

45 comments


  1. trizyalempicka said: mustinya paling penting dipake di sekolah-sekolah tuh,gung.. jadi kalo duduknya ngga beres, dari luar kelas ngga kliatan *uik..uikk…

    siapa ya… yang dulu duduknya deket pintu trus duduknya suka ‘nggak rapih’….


  2. natali25 said: mau duduk kaki disilang gak terlalu ribet jadinya, hehehe

    justru selama masih disilang nggak terlalu membutuhkan benda ini, yang butuh adalah yang kakinya lagi musuhan satu dengan lainnya πŸ™‚