Penemuan hari ini… portable application

Portable Application atau biasa juga disingkat “Portable App” adalah software yang bisa digunakan tanpa diinstall. Buat yang familiar dengan OS windows*, tentunya tau bahwa rata2 software jaman sekarang minta diinstall dulu sebelum dipake. Beda dengan software jamannya wordstar dulu, di mana lo bisa bawa-bawa disket berisi program ws yang bisa langsung colok dan dipake di komputer manapun. Sedangkan sekarang, nggak mungkin orang bisa bawa2 MS Word siap pakai dalam disket. Paling-paling yang bisa dibawa adalah installernya, yang harus diinstall dulu sebelum bisa dipake.

Saat lo menginstall sebuah software ke dalam komputer, software tersebut mendaftarkan diri dalam registry. Registry adalah bagian dari operating system yang mencatat dan menentukan seluruh hardware dan software dalam komputer tersebut. Registry, misalnya, menentukan bahwa file yang diciptakan oleh software A bisa diexport untuk dibuka dengan software B. Juga menentukan bahwa file dengan tipe tertentu, saat di-dobel-klik, akan memanggil software tertentu untuk membukanya. Kurang lebih kaya gitulah fungsinya.

Walaupun bertujuan mulia, yaitu agar seluruh aktivitas komputer terintegrasi, kehadiran registry ini bisa menimbulkan masalah juga. Misalnya, waktu lo menguninstall sebuah program, kadang registrynya masih ketinggalan. Kalo lo sering main install-uninstall program, maka registry2 nggak bertuan ini bisa membebani system dan bikin komputer jadi bertingkah aneh. Kadang ada juga registry yang kurang rukun dengan registry lainnya, sering berantem, dan ujung-ujungnya kita juga sebagai user yang harus ketempuhan mondar-mandir ke Dusit Mangga Dua.

Nah, kehadiran Portable Apps ini bisa menjadi solusi yang manis dan realistis** untuk masalah tersebut. Karena bisa langsung dijalanin tanpa install, kita terbebas dari urusan tetek bengek registry. Selain itu kita juga bisa pake program ini di komputer2 yang administrator levelnya dikunci. Biasanya di kantor2 suka gitu tuh, admin levelnya dikunci sehingga para karyawannya nggak bisa seenaknya main install program. Dengan portable apps, itu bukan masalah lagi.

Makin lama makin banyak software ngetop yang memunculkan versi portablenya. Mulai dari browser firefox, e-mail app thunderbird, virus scan clamwin, sampe image editor gimp. Software httrack yang gue link di sini juga ada versi portablenya. Kalo tertarik dengan portable app, di bawah ini gue sertakan juga beberapa link referensinya.

Pertanyaannya sekarang: kalo memang software portable itu lebih praktis dan mekanistis***, kenapa nggak semua software aja dibuat portable? Kan lebih memudahkan buat para user? apakah ada unsur kepentingan dagang si pembuat software, biar program buatannya nggak mudah untuk dibajak? Ada yang tau?

Referensi:

  • Thanks to Avron atas pengetahuan barunya tentang Portable Apps.
  • Hasil search google atas keyword “Portable Application”.
  • Pembahasan tentang Portable App di Wikipedia.
  • Situs untuk mendownload Free Portable App.

*karena software di OS Mac umumnya udah portable, jadi istilah ini lebih umum digunakan untuk software Windows
**kedua kata ini sebenernya nggak ada hubungannya, cuma enak aja karena berima.
***ini juga dua kata yang dijajarkan hanya karena alasan kenyamanan ucap.

11 comments


  1. ga semua aplikasi bisa dibuat portable, karena biasanya aplikasi membutuhkan ruang yang besar untuk dibaca/tulis ketika diakses. Sekarang aja ukuran flash disk udah gede2 sehingga bisa dijalanin. Tapi tetep kok gung, biasanya pembuat software lebih memilih untuk bikin software berupa installer, karena akan memudahkan untuk menjalankan software tersebut di komputer, bukan di portable device.aku jg ada Portable Networking, asik tuh. Hampir semua aplikasi networking ada disana, bisa dijalanin tanpa diinstall. πŸ™‚


  2. Lumayan capek bawa bawa barang ituwww (sambil nunjuk gambar diatas), enakan pake Mac .. mo install program tinggal colok dah nyambung gak perlu pusing he he he …. ayo pindha saja ke Apple.*ngomporin mode on*


  3. wahyu25 said: tengah malam, bikin riset untuk tulisan … gileee bener, niat banget om agung nih …

    ide dan infonya udah didapet 2 hari yang lalu, malam ini tinggal googling cari referensi pendukung doang kok πŸ™‚