Motorola V3 Razr, Bahagianya Kehilangan HP Dodol

Semua berawal dari dodolnya hp SE T-630 gue, yang sering gue sumpahin, “Huh… ni hp dodol banget sih! Udah minta dipensiun lu ya??” Rupanya tu hp ngambek krn sering gue kata-katain sehingga akhirnya dengan kurang ajarnya dia melenyapkan dirinya sendiri secara mendadak. Waktu itu gue cukup bingung juga, mau ganti pake hp merk apa ya?

SE udah jelas masuk blacklist. Siemens, merk yang sebelumnya cukup bisa diandalkan, ternyata belakangan makin memprihatinkan. Nggak usah jauh2, hp Siemens ME-75 milik Ida yang baru berumur 1 bulan lebih dikit udah harus masuk bengkel. Untungnya masih garansi dan penyebabnya adalah kesalahan software (cacat produk), tapi kok ya Siemens nggak kapok2nya mengulang kesalahan yang sama. Di jaman ME-45 dulu dia juga pernah gitu, seluruh produk ME-45 featur calendarnya ngaco sehingga harus diinstall ulang. Gratis memang, tapi kan ngeselin. Nokia… hmmm… jelas enggak mengingat sampai detik ini gue masih menjabat sebagai Ketua Umum GPAN (Gerakan Pemuda Anti Nokia). Samsung? Ih, hp sombong, mahal2 semua harganya. Nyaris gue beli Philips, krn gue naksir kekuatan batrenya. Tapi begitu ngeliat featurenya, gue langsung ngecek kalender: sekarang tahun berapa ya?

Di tengah kebimbangan, gue buka2 detik.com dan seperti biasa di halaman depannya ada iklan hp Motorola Razr Vx. Eh, lucu juga ni hp ya? Pikir2 gue udah lama ingin punya hp model clamshell, kayaknya asik gitu, bisa dibuka-tutup. Abis itu gue bikin list feature2 apa yang paling gue harapkan dari sebuah hp, dan ternyata inilah hasilnya:

  1. Model clamshell
  2. Batre kuat.
  3. Layar gede.
  4. Keypad nyaman dipencet.
  5. Ukuran nggak ngerepotin untuk dibawa.
  6. Ringernya bisa pake WAV atau MP3, biar bisa masukin koleksi lagu gue.
  7. Ada koneksi bluetooth atau infrared. Kalo ada dua2nya bagus, tapi salah satu aja cukup.
  8. Ada kamera. Nggak usah bagus2, mengingat kamera hp yang 2 MPx sekalipun masih kalah dengan kamera betulan. Gunanya kamera hp hanya untuk motret secara darurat, kalo kebetulan lagi lupa bawa kamera betulan.
  9. Harga di bawah 2 juta

Sedangkan untuk kapasitas memory yang banyak diandalkan hp keluaran terbaru buat gue nggak terlalu penting, krn file2 yang perlu dibawa ke mana2 bisa gue titip ke memorynya MP3 player. demikian juga dengan feature radio / MP3 player di hp, buat gue nggak terlalu penting.

Berbekal list tersebut, maka gue menyelidiki lebih lanjut tentang Motorola seri Razr ini, dan ternyata semua poin terpenuhi. Selain itu gue juga belum pernah pake Motorola, jadi belum punya pengalaman buruk dengan merk ini. Dari hasil browsing around di internet, gue temukan ada 3 seri Motorola Razr yang beredar sekarang, yaitu V3 (paling murah, memory-nya internal doang, kamera VGA), V3i (harga lebih mahal dari V3 krn pake kamera 1.3 MPx dan bisa pake external memory card) sama Vx (hp generasi 3G dengan 2 kamera, paling mahal di antara keluarga Razr).

Mengingat 9 poin wishlist gue udah bisa terpenuhi oleh V3 yang paling murah, ngapain juga beli yang mahalan? Maka 2 hari sejak liat iklan di detik.com itu gue berangkat ke mal Ambas untuk beli Motorola pertama dalam hidup gue. Eh, not exactly yang pertama sih, mengingat pager memojazz gue dulu kan mereknya Motorola juga, ya? Hehehehe…

Anyway, hp yang relatif tergolong murah meriah ini (harga barunya Rp 1.7 jt) ternyata memiliki nilai tambah tersendiri yaitu: bentuknya 99% mirip dg seri V3i yang harganya nyaris 2 kali lipet itu! Jadi pesan moralnya, buat yang ingin beli Razr V3i hanya karena alasan gengsi, gue saranin mending cukup beli yang V3 aja. Orang yang ngeliat juga nggak bisa bedain, kok. Ngapain nambah sekian juta cuma buat dapet “i” doang?

Seperti biasa kalo punya barang elektronik baru gue oprek sana-sini dan inilah hasil perbandingan gue, dibandingkan dengan SE T-630 dodol yang udah lenyap itu:

Feature SE T-630 Score Motorola V3 Razr
Dimensi ukuran Kaya ngantongin jagung rebus. 0 1 “Eh, mana ya hp gue tadi? Mana ya? Mana ya? Oooo.. ada di kantong toh, nggak kerasa, abis tipis banget sih!”
Reply SMS and delete Ada pilihan “reply and delete” SMS, jadi inbox nggak penuh. 1 0 Nggak ada feature tsb.
Bersihin inbox Hanya bisa “delete all” 0 1 Ada fungsi cleanup messages dengan pilihan bisa del “semua message”, “yang udah dibaca aja”, atau “SMS-report aja”.
Custom-ringer Ringer khusus hanya diterapkan bagi group, bukan ke individual entry. 0 1 Ringer khusus bisa diterapkan ke group DAN individual entry.
Custom-ringer untuk SMS Nggak bisa 0 1 Custom ringer untuk entry / group berlaku juga untuk SMS. Repotnya, tiap kali hp bunyi, gue nggak bisa bedain apakah yang masuk itu sms atau telepon!
Speaker phone Nggak ada 0 1 Ada, bisa diaktifkan dengan sekali pencet saat mulai menelepon.
Desain Basi 0 1 Cool…
Navigasi Pake mini 5-way joystick yang ribet, suka salah arah dan bikin sakit ujung jari. 0 1 Pake 5-way button yang flat dan lebar, enak buat dipencet.
Navigasi dengan shortcut di keypad. Menu bisa diakses dengan kode angka di keypad, misalnya pencet “9” untuk masuk ke menu “settings” 1 0 Nggak ada navigasi shortcut di keypad.
Koneksi IRDA dan bluetooth 1 0 bluetooth doang
Kekuatan Batre 3 hari 1 1 3 hari
Save nomor dari SMS yang masuk. Nomor
yang mau disave harus dihighlight dulu pake navigasi mini-stick yang keras itu, baru disave.
0 1 Saat SMS terbuka, bisa langsung pilih “save” dan nanti akan keluar pilihan nomor mana yang akan disave, apakah nomer pengirim atau nomer yang tercantum di SMS.
Kecepatan saat ngetik SMS Tiap kali mencet satu tombol, bengong2 dulu, masak air dulu, bikin indomie dulu, indomie mateng, makan sampe abis, ngerokok sebatang, baru hurufnya keluar di layar. 0 1 Cepet dan reponsif.
Send SMS to group Bisa langsung send SMS to group. 1 0 Harus masukin entry satu per satu dari address book.
Warning kalo ada unread message / missed call. Nggak ada 0 1 Bunyi “bip” secara berkala kalo ada message / missed call yang belum dibaca.
File type untuk ringer Midi-polyphonic 0 2 Midi-polyphonic, WAV dan MP3! Hore!
Letak angka 0 waktu nulis SMS Bisa dengan mencet tombol 0 1 0 Ada di tombol 1, itupun rada di belakang – harus scroll lumayan jauh atau change entry mode to numeric only.
Komentar orang saat liat hp tsb “Masih betah ya pake hp gituan?” 0 1 “Ih, hpnya mahal lho…”
Picture untuk address book entry Muncul waktu telepon dan SMS masuk. 1 0 Hanya muncul kalo telepon masuk.

Total Score

7 14
Winner Motorola V3 Razr

Kesimpulannya, walaupun nggak unggul di semua bidang dibandingkan dengan hp lama yang udah ilang itu, gue cukup puas dengan performa V3 Razr ini. Terima kasih ya Allah, gara2 hp SE T-630 bego itu ilang, gue jadi bisa punya hp yang lebih menyenangkan πŸ™‚

Gambar Motorola V3 Razr dari sini.
Gambar SE T-630 dari sini.

66 comments


  1. c4pten said: v3 ini .. bisa ganti casing gak? trus brpaan tuh harga casingnya kira2?

    v3 nggak bisa ganti casing, dalam arti nggak bisa diganti dengan cara yang ‘normal’. tapi di internet banyak dijual casing v3 yang custom, ada yang digrafir segala (krn casingnya kan besi). tapi untuk mengganti casingnya ya harus ditangani oleh orang yang profesional – karena harus dibongkar. di indonesia gue sih belum pernah liat ada yang jual casing v3 custom. atau kalo mau dihias pake warna2, bisa dateng ke stand penghias hp di ex- plaza indonesia thamrin. eh, domisilinya di jakarta bukan nih?


  2. togie said: Tambahan, pas mati lampu bapak daku lebih ngandelin lampu flash dari E398 daripada korek api yang dia bawa. Jelas banget, terang banget, mirip baterai.

    hehehe sayang razr nggak ada flashnya πŸ™‚


  3. dheeyach said: halo lam kenal neh. gw br aj bli moto v3. tp gw bingung nyeting gprs, sms tone (nada deringnya pengen gw ganti) trus smsnya ada reportnya ga? ajarin donk. gw ga ngerti walo uda baca bukunya. plzzzzzzzzzz

    wah baru baca yang ini… semoga sekarang udah ngerti ya caranya. tapi kalo belum gini: untuk setting gprs, pake OTA aja (over the air) – tinggal kirim sms ke operatornya mengikuti ketentuan mereka, nanti gprs akan tersetting dengan sendirinya. smsnya kaya gimana, ya tergantung pake operator mana. coba cek di website operatornya deh. untuk sms tone: 1. settings2. ring styles3. …details (misalnya lagi pake ring style “vibe & ring” ya berarti pilih menu di bawahnya yaitu “vibe & ring details”4. text messagesuntuk report sms, sebelum kirim sms scroll ke bawah, pilih ‘report’.gampang kan?


  4. chikasilitonga said: Tp v3i bisa nampung lbh banyak lagu dan gambar krn udah ada share memorynya gung

    untuk penyimpanan file gue mengandalkan mp 3 player, jadinya memang nggak butuh hp berkapasitas memori besar…


  5. winduradityo said: nyoba SE waktu itu K700i gue jatoh sekali langsung gompel … trus ga bisa nyimpen file folder dalam folder … kalo ngirim ga bisa select all …

    oh ini meman ciri khas SE, harus dirawat seperti merawat kristal bohemia… nggak boleh jatuh, kesenggol, kepencet…


  6. otoquet said: Sementara stlh 7 bln pake razr gue udah mulai fed up and lagi kembali mencari2 mau ganti hp apa lagi ya? he.he.

    wah, mulai bermasalah setelah 7 bulan? mudah2an nggak terjadi pada hp gue ya…


  7. kesha said: lihat telpon yg masuk

    lihat telepon masuknya kan bisa pk display kecil yang di luar. kalo ternyata yang nelepon nggak dikehendaki, bisa pencet tombol di samping untuk matiin suaranya – jd nggak perlu di-“no” biar yang nelep nggak tersinggung πŸ™‚


  8. hidup nokia… coba beliin MMC card 512MB (Rp 150K) di nokia symbianmu.. wis.. dadi mp3 player.., bisa ol ym,msn,icq, ngambil foto ama video diem2 :P.. topbgt deh.. harganya murah lageee..


  9. Tp v3i bisa nampung lbh banyak lagu dan gambar krn udah ada share memorynya gung, jadi lebih banyak lah daya tampungnya.temen gw yg pake v3 sih bilang dia kurang puas, pas dia pindah ke i baru deh puas. Kata dia kl pas kirim sms terus orang telp, sms yg lg di ketik ilang, kalo di v3i lsg ke save di draft….. tapi kan udah ke beli yaaaaaaaa… enjoy your moto deh… and welcome to moto club


  10. waduh …. dari semua HP yang pernah gue coba Motorola, SE, Nokia yang paling bertahan lama ya Nokia 6600 gue … Berulang kali jatuh dari tempat tidur and meja gue ngga ada kerusakan berarti …banyak games yang bisa gue donlod langsung dari internet emang sih gue kurang suka karena orang tau apapun tentang menu2nya dan gitu2 aja …nyoba SE waktu itu K700i gue jatoh sekali langsung gompel … trus ga bisa nyimpen file folder dalam folder … kalo ngirim ga bisa select all … Ya, gpp lah … toh so far belum ada yg bisa bikin gue berpaling dari si endut and awet ini πŸ™‚


  11. Guuung… samaan dong kita! Gue juga jatuh cinta sama motorola v3 razr pas liat punya adek gue.. kyknya cooooool bgt! and krn kebetulan udah waktunya ganti hp, gue pikir2 mending yg samaan aja sama adek, kan enak kalo pas main kerumahnya bisa pinjem charger… eh ndak taunya stlh sebulan gue ganti razr, adek gue itu malah ganti hp nokia lagi! :(((Jadi lah gue “terdampar” sendirian di kelg pake motorola… dan terpaksa lah gue harus rajin bawa2 charger kemana2.. berhubung si batre yg awal2nya bisa tahan 3 hari itu skrg paling lama juga 24 jam doang! :(((And satu lagi yg bikin gue kuciwa.. sms nya kalah cepet sama jempol gue! Jadi gue udah ngetik sampe z dilayar baru muncul a! belum lagi kalo gue ngetik sms pake copy, paste or cut.. abis itu pasti jadi lambreta and kadang2 malah heng! BT dah! Inti pesannya.. enjoy it while it last! he.he. Sementara stlh 7 bln pake razr gue udah mulai fed up and lagi kembali mencari2 mau ganti hp apa lagi ya? he.he.


  12. kesha said: Tp yg gw suka dari Razor kayaknya koneksi ke komputernya pake usb mini ya..?

    coba jawab, karena pernah pake :Duntuk nge-charge iya.. gitu juga buat nge-flash (kasih themes, patch i-Tunes, dll)..tapi tetep… seperti me-megang sehelai kertas… *ga cocok*


  13. kangbayu said: Kenapa anti-Nokia? Ini penjelasan yang lebih teknis….Nokia (terutama kelas mid-end) rata-rata kedodoran dalam hal price vs. performance. Maksyudnya, dengan harga lebih murah, user bisa dapet henpun selain Nokia yang LCD nya lebih lebar & tajem / cameranya lebih bagus / better multimedia capabilities / bigger storage / all of them sekaligus.

    hahaha..nilai “sejuta umat”nya yg ngga bisa dihargai, ada dimana2, cari charger gampang, koneksi internetnya gampang cari kabel data dan drivernya (CDMA), sesial2nya, kalo ngga ada charger, pinjam baterai orang, trus kayak skr, aku pake 2 CDMA – Nokia 6585 dan 2115i dan 2 GSM – Nokia 6030 dan 8310, semua hp yg ngga canggih, karena sesuai kebutuhan, hanya telpon, sms dan koneksi internet.Juga kan enak, kemana2 cm modal 1 charger mobil, 1 kabel data, 1 handsfree.Kekuatan baterainya jg bagus, yg nokia 2115i (monochrome), ada senternya, untuk darurat, kalo kamera, sama sekali tidak tertarik, karena lihat hasilnya aja udah males banget.Dan kamera digital selalu ikut kemana2.Aku jg butuh HP yg bisa ganti2 casing, karena kantongi hp minimal 2 kadang 3, pasti bikin hp lecet2.HP yg g suka, yg sekecil 2115i (dimensi mirip2 6585, 6030 dan 8310), bandel, kalo lecet, ngga nyesal, karena tinggal ganti casing. Ngga suka flip, karena ngga praktis, kalo lagi makan, susah mau jawab dan lihat telpon yg masuk. Kalo yg candy bar, tinggal lihat dan tekan 1 tombol, trus pake speakerphone.MP3 player di HP, tidak butuh, yg lebih penting adalah radio.Tp yg gw suka dari Razor kayaknya koneksi ke komputernya pake usb mini ya..?


  14. untuk kualitas suara (lagu MP3, nada dering) — Motorola dan Sony Ericsson termasuk yang paling topuntuk kemudahan pemakaian (menu dsb) — Nokia dong jagonyauntuk fitur teknologi yg menonjol — Samsung termasuk yg teratasuntuk merek2 lain …dopod — punya kans dengan seri d900 untuk jadi ponsel multimedialg — masih gitu2 aja, tapi ponsel chocolatenya boleh jugabenq-siemens — masih tertatih-tatih


  15. bdarma said: semua hp itu sama aja, tergantung kita makenya untuk apa…

    beda war… coba kapan2 bandingin rasa yang timbul saat disambit pake Nokia9500 dengan pake let’s say Motorola L6… pasti beda.


  16. kangbayu said: Kenapa anti-Nokia? Ini penjelasan yang lebih teknis….

    sedangkan ini penjelasan dari sudut pandang psikologis: karena secara naluriah masyarakat mengidamkan equilibrium (keseimbangan), setiap kali ada kondisi yang “berlebihan” ke suatu arah, maka akan timbul dorongan ke arah sebaliknya. ini menjelaskan kenapa orang jadi sebel sama Michael Schumacher waktu dia mulu yang menang balapan, atau bete liat Joshua waktu di setiap iklan ada tampang dia, atau males ngedukung Chicago Bulls waktu dia menang kejuaraan NBA berkali-kali. Gue ramalkan, semakin gencar upaya promosi Nokia untuk merajai pasar ponsel, akan semakin banyak anggota GPAN.


  17. kangbayu said: Buat Agung:+ Untuk poin “Navigasi dengan shortcut di keypad”, biasanya kalo Motorola adopt this system instead: teken “menu” plus teken angka, alias ada 99 shortcut possibilitis, coba cek lagi di manualnya gung.

    ok, nanti dicoba deh!


  18. menhariq said: emang connecting people, bukan connecting cellphone :p

    eriq dengan teori connecting peoplenya…. biasanya abis ini disambung dengan kisah tentang temennya yang kehilangan charger karena terakhir ngecharge MINGGU LALU.


  19. mbot said: oooo… pantes.

    kenapa Gung?kemarin itu gue itung2an kayak elo gini sebelum akhirnya ngambil SE K750iyg gue bandinginnya sama motorola yg elo beli ini.. bahkan yg nyaranin utk ambil SE pun yg pake motorola kok Gung*pengennya sih SE yg W series… tp disini masih mahal.. secara gue bisa beli SE K750i seharga 120 ribu doang*


  20. semua hp itu sama aja, tergantung kita makenya untuk apa…punya hp tercanggih sekalipun, kalau ternyata hanya dipake untuk call dan SMS, ya mubazir.nokia, motorola, se, samsung dll,,,ya cuma merek aja. Kayaknya sih gak bakal ada hp yang betul2 perfect.


  21. Kenapa anti-Nokia? Ini penjelasan yang lebih teknis….Nokia (terutama kelas mid-end) rata-rata kedodoran dalam hal price vs. performance. Maksyudnya, dengan harga lebih murah, user bisa dapet henpun selain Nokia yang LCD nya lebih lebar & tajem / cameranya lebih bagus / better multimedia capabilities / bigger storage / all of them sekaligus. Dizainnya juga repetitive dan deja-vu ish… udah gitu gampang banget out of date nya karena mereka terlalu rajin ngeluarin model baru yang featurenya cuma beda se-uprit. Nokia keliatannya terlalu extensive marketing, bukan extensive R&D…Emang sih karena mudah dioperasikan jadinya banyak users / charger / anak2 & kakek2 / casing / aksesoris buat merk ini. Tapi buat more demanding users on a budget… there are better choices… – Anggota Dewan Penasihat GPAN –


  22. ada hal yg g benci dari Motorolla, yg pernah g pake sejak angkatan “Startac”, entah masih apa ngga..Kalo signal rada drop, di HP kedengaran suara berisik “tang..tung..tang..tung..tang..tung..” kalo nokia, paling hilang aja suaranya, trus timbul lagi..


  23. kok banyak yg anti Nokia ya..?Temen2 aku banyak yg anti Nokia, alasannya apa ya..?Kalo g, kalo beli hp, mesti nokia! soalnya pernah terdampar di suatu desa terpencil di Jawa tengah, lg nunggu bus dan kehabisan baterai, trus ke warung dan tanya ada charger nokia ngga? boleh pinjam…dan tebak sendiri hehehe…Nokia selalu ada dimana2.. itu yg aku suka…


  24. Buat Agung:+ Untuk poin “Navigasi dengan shortcut di keypad”, biasanya kalo Motorola adopt this system instead: teken “menu” plus teken angka, alias ada 99 shortcut possibilitis, coba cek lagi di manualnya gung.


  25. roycelover said: terbukti Connecting People daripada handphone Nogila. πŸ™‚

    yey….Nokia tu emang benerΒ² Connecting People, lagi… terbukti.. laris manis di pasaran.. mulai dari anak TK yang dibeliin ponsel oleh ortunya sampe kakek-nenek yang dibeliin ponsel oleh anaknya..dengan banyaknya pengguna nokia, jadi ga kerepotan mo nyari charger ponsel nokia dan kalo gathering pasti jumlahnya banyakk.. terbukti kan connecting people?kelemahan nokia ya itu sih.. gak ekslusif.. dan lagi.. emang connecting people, bukan connecting cellphone :p


  26. Moto sejak tahun lalu emang desain dan harganya cukup menggiurkan. Waktu jaman pake 398 juga oke banget dbandingkan handphone sekelasnya. Fav brand gue tuh SE dan Moto. πŸ™‚ Dua brand inilah yang bener bener terbukti Connecting People daripada handphone Nogila. πŸ™‚


  27. ini utk K750i, utk ngapus sms juga gak delete all kok, kecepatan ngetik sms malah kalau kata gue terlalu cepet, sampe suka bete krn salah huruf (plus dan sekaligus minus), custom ringer bisa utk individu, sms juga bisa diganti ringernya, ada warning kalo ada sms yg belum dibaca, file utk ringer bisa MP3, midi dan gak tau apaan, desainya juga keren, memorinya gede plus dapat memori stick 64 MB, kameranya itu loh…. keren banget πŸ™‚


  28. mbot said: Masih pake SE ya fa?

    masih Gung, barusan dapat murah krn perpanjangan kontrak utk yg K750imasalahnya sama motorolla yg elo beli itu adalah baterenya kacrut Gungdisini udah banyak yg pake, dan itulah masalahnya


  29. iniaku said: pastinya menang Motorolla, coba dibandingin sama SE yg K750i atau SE yg seri W :))

    untuk feature2 yang gue list di sini (krn gue anggep penting), belum tentu juga sih SE keluaran baru menang lawan V3… krn kebanyakan yang gue nilai adalah kemudahan memanfaatkan fitur dan navigasi, bukan kecanggihan dari segi kapasitas. Masih pake SE ya fa?