1001 burung kertas dari istri

Sore tadi, tiba-tiba ada telepon dari satpam di depan kantor.”Ada kiriman, Pak,” katanya.
“Dari siapa?”
“Ibu Ida.”
“Siapa yang ngantar?”
“Ibu Ida sendiri, kelihatannya.”
“Sekarang masih ada di depan?”
“Sudah pergi, pak.”

Gue langsung keluar dan mendapati 2 buah paket di meja satpam. Yang satu adalah lasagna dalam wadah kaca tahan panas, satunya lagi kelihatannya toples berisi potongan-potongan kertas. Benda-benda itu gue bawa masuk dan mudah diduga, si lasagna langsung tamat riwayatnya dalam tempo beberapa menit saja berkat kesigapan temen-temen gue. Sementara itu gue lebih tertarik dengan toplesnya.

Potongan-potongan kertas di dalamnya ternyata adalah origami berbentuk burung dalam jumlah buanyaaak…. banget. Loh, burung? Kenapa burung?

cara-membuat-origami-1-99e7fc0fc8da7e891f984a9edc979023

Penjelasannya ternyata ada di surat yang terikat pada toples itu.

Ternyata ide kado burung-burungan ini didapat Ida dari salah satu cerita yang beredar luas di Internet, tentang seorang pemuda yang membuat 1001 burung kertas sebagai tanda cinta buat pacarnya. Ida betulan bikin 1001 burung, yang ternyata dia buat sejak bulan Januari 2006! Rupanya itu juga sebabnya kenapa dia suka tiba-tiba mengurung diri dalam kamar – yang antara lain memicu keisengan gue bermain dengan boneka dino di jendela. Huhuhu… maafin suami ya istri, istrinya lagi sibuk bikin kado buat suami eh malah digangguin..! Parahnya lagi, hari ini suami sama sekali nggak punya kado buat istri.

Ya, tanggal 3 Juli 2006 ini genap 1 tahun usia pernikahan kami. Sebuah pernikahan yang mungkin nggak bisa dikategorikan sebagai “normal” – mulai dari saling memanggil “suami” dan “istri” sementara orang lain sibuk mencari panggilan yang paling manis dan romantis buat pasangannya, atau tradisi untuk saling menciptakan keisengan-keisengan baru, atau kebiasaan untuk saling mempersonifikasi diri dalam tokoh-tokoh kartun saat berkomunikasi lewat tulisan, atau acara “honeymoon” yang lebih banyak diisi dengan acara perburuan warnet supaya bisa posting laporan harian online secara tepat waktu … nggak heran ulah salah seorang blogger di luar sana menjuluki kami sebagai “suami-istri yang aneh“…

Well… I believe that all of us have the right to define “Love”.

Gue percaya bahwa kami memang ditakdirkan untuk bersatu. Mulai dari sederetan kebetulan yang mempertemukan kami secara ajaib, juga serangkaian “kebetulan” yang mengiringi hari H pernikahan kami, seolah merupakan pertanda bahwa dia adalah jodoh gue. Gue nggak bisa membayangkan apa yang akan terjadi dengan hidup gue kalo istri gue bukanlah Ida.

Ngeliat toples berisi burung kiriman Ida, dan setelah mendapat sedikit penjelasan tentang makna di baliknya, salah seorang temen gue berkomentar,
“Toplesnya disimpen di kantor aja gung, supaya selalu inget istri – jadi lebih kuat menghadapi godaan.”

Gue cuma nyengir. Ida has no rival. No one even close to be considered as one.

Toples itu gue bawa pulang.

Happy first anniversary, istri. With you in my life, miracles are still happening – every single day.


Cerita tentang 1001 burung kertas antara lain bisa dibacaΒ di sini.
Background dan ilustrasi: 1001 burung kertas buatan Ida.

68 comments


    1. Kalo web disuspend kemungkinan ya karena pemiliknya berhenti bayar biaya domain.
      Terima kasih!


  1. meonks said: waduuuhhh terharuuu dehhh….sumpehh….selamat deh..walaupun telat mas….ngomong2 udah punya momongan lom??

    insya Allah momongannya hadir bulan November, mohon doanya ya πŸ™‚


  2. prajuritkecil said: ida….agung… udah jangan berantem. orang tuh abis lirik-lirikan ya, sayang-sayangan..ini malah sewot-sewotan…btw Da… udah ngutang berapa jurnal…hueheheheheeeee

    hihihihi.. kami selalu penuh tawa canda ceria kok walopun istri sewot sama suami.. ;-piya nih ra, sekarang dah masuk minggu ke 21, yg udah di bikin baru sampe minggu ke 10, berarti utang sebelas jurnal! huhuhuu…


  3. mbot said: tadinya sih oleh ybs KATANYA… KATANYA lho ini, mau dijurnalin, tauk deh tuh sampe sekarang nggak ada realisasinya.. *sambil lirik istri*

    makanya foto-in dulu itu kadonya suamiiiiiiiiiiiiiiiiiiii !! gimana mau bikin jurnal kalo ga ada fotonya…janjinya dari kapan tau ga ditepatin..huh!


  4. himma said: kenapa ultahnya mba ida gak dijurnalin om….?

    tadinya sih oleh ybs KATANYA… KATANYA lho ini, mau dijurnalin, tauk deh tuh sampe sekarang nggak ada realisasinya.. *sambil lirik istri*


  5. themaple said: OM Agung & Tante Ida…Happy Anniversary yaaa…hehheheh…bener2 niat yaa…semoga keunikan itu menjadi pelangi di kehidupan RT yeeee…..(suit….suit…:))..

    makasiiih… :-)))


  6. Aku terharuuuuuuuuuuuuuuu, hiks πŸ™‚ Mudahan berkah iringi rumah tangga kalian, terus selamanya, hingga yaumil akhir!!!*kenapa yah, suami2 suka lupa anniversary mereka?* Suamiku lain lagi, dia bilang, dia gak mau sibuk mengingat hari ini dan hari itu sebagai hari istimewa, krn berarti hari lain tak istimewa. Ah…, setiap orang memang unik yah πŸ˜€


  7. mutawalli:amiiin, terima kasih!himma:Soal romantis2 an, Ida memang juara πŸ™‚ amiiin, terima kasih… mycapsicum:toto tentrem kerto raharjo sekalian, barangkali? Terima kasih!delkery:Kami memang dua orang ajaib yang ditakdirkan untuk saling melengkapi… terima kasih! πŸ™‚ummujib:Sayangnya burung2 kertas buatan Ida ini berukuran mikro, jadi sulit untuk digantung. Semoga mereka betah hidup di dalam toples πŸ™‚iniaku:Makasih fa…! Maap ya waktu itu nggak ikut nganterin… agneswollny:Kalo ada ide, tolong di-PM ya… πŸ™‚bluesea7:Iya dong, istrinya sapa dulu…! (lho?)karin44:Terima kasih! Semoga itu artinya “happy aniversary” ya…”ti2n:Uhuuy… suiit suiiit πŸ™‚ Makasih Tin… !nicelovelydentist:Makasih ya… menhariq:Jangan cuma ngiri-ngiri doang, langkah nyata dong…! :-p Makasih Riq. windageulis:Bukan toplesnya yang gede, tapi burungnya yang super mini. Makasih ya… leonie:Makasih…!fortheblossom:Amiiin, makasih De… good luck juga buat kalian ya, semoga lancar semuanya… waspada menjelang hari H biasanya pressure semakin tinggi dan suka bikin orang jadi ribut untuk urusan yang nggak penting!elkaje:amiin… Terima kasihrytams:…ternyata dia lagi bikinin kado, huhuhu… menyesal….ninit:Makasih nit, kalian juga jangan pernah berhenti jadi gila ya πŸ™‚agusdidin:Amiiin, makasih…!tototapalnise:Makasih, dan selamat juga buat orangtuanya ya.. n3ss4galz:Makasih y…ratnaz:Amiiin, semoga tercapai juga deh cita-citanya πŸ™‚sorayalannazia:amiin, makasih ya… doain proses persalinannya lancar… ghaya:Makasih…!nadnuts:Makasih ya Nad…! spinkage:Terima kasih…!aerotribal:Makasih ya Pak…!aburasyidin:Amiin, makasih…!pipitta:Terima kasih atas ucapannya, juga buat kunjungan setianya ke sini πŸ™‚sutonokairos:Makasih, salam kenal juga!theovilla:Terima kasih, kami doain cepet ketularan deh!harigini:HARIGINI nggak bisa lipet2 kertas??? huehehehe… makasih…!chikasilitonga:Makasih…!brounie:aaamiin… Terima kasih! afnia:Ya, itu kado dari Tuhan buat kami… terima kasih ya…! taishaluv:aaamiin, ya robbal alamiin… Terima kasih! mbaktika:Abisnya, sapa suruh ultah Ida deket banget sama anniversary, jadinya kan kehabisan ide buat kado *cari alasan*yennys:amiin, semoga mema
    ng benar kami dikaruniai kesempatan untuk berjodoh sampai di akhirat. putrihakim:Huu.. boro2 makan2, kado buat istri aja belum punya, gimana ini suami? Makasih ya… trully:Makasih ya…! variel:Makasih ya…gothess:Makasih Dee…!


  8. Wah Happy Anniversary … walaupun ga ada “kado” tapi aku yakin yang ada (sang jabang bayi) di dalam Ida sekarang ini … menjadi KADO terindah untuk Ultah pernikahan Mas Agung dan Ida.Semoga langgeng dan bahagia selalu ….


  9. aih romantisnya.. kepikiran gitu ya ida, buat bikin origami dari bulan januari supaya bisa dimasukin toples di bulan juli.. ihik.. jadi ngiri.. :)) selamat ulang tahun perkawinan yaaaaa… *jadi inget juga cerita ida yang asik main sims dan punya anak dan flirt dan digaplokin hehehe…. itu lucu banget deh..* gw selalu nunggu postingan ‘ajaib’ kalian berdua lho!


  10. soooooo sweeeeeeet !!!!….aku jadi pengeeeeen, ntar kalo aku nikah, aku pengen kaya’ “suami-istri” inih nih…happy anniversary yaaaa…, berkah Allah atas kalian berdua, selalu. πŸ˜‰


  11. selamat yaa Agung dan Ida… pasangan yang ajaib biasanya nyambung dan banyak warnanya seperti burung2 kertas yg dibuat ida lagi dalam ngejalanin hidupnya nanti… Mudah2an selamanya jadi pasangan berbahagia.


  12. Subhanalloh….romantisnya mba ida *meneteskan air mata*…..barokalloh ya om agung semoga berkah selalu dilimpahkan pada klg om agung.dan semoga klg om agung menjadi klg yg sakinah mawadah warohmah.