Dosa gue hari ini terhadap seorang mbak-mbak

Hari ini gue makan siang ke Ambas, sekalian ada yang mau dibeli menyambut workshop kantor minggu depan.

Duit abis, jadi gue langsung menuju ke ATM. Di depan ATM, berdiri seorang mbak-mbak pegawai bank ybs yang dari kertas-kertas yang dipegangnya gue tau lagi mengadakan sejenis survey. Bener aja, mbak2 itu menghampiri gue.

“Permisi mas, boleh tanya, mas udah daftar fasilitas mobilebanking kami belum?”
“Kayaknya belum mbak.”
“Daftar aja mas, gratis kok, dan sangat mudah bila mas mau transfer, blablabla…(dia menjelaskan sederet manfaat mobilebanking)… mas tinggal daftar di mesin ATM ini.”
“Ok deh mbak.” kata gue, terus masuk ke ruang ATM.

Setelah urusan di ATM beres, gue keluar lagi dan si mbak kembali menyambut.
“Gimana mas, udah jadi daftar phone banking belum?”
“Jadi, mbak. Ini struk-nya” kata gue sambil menyodorkan secarik kertas bukti transaksi pendaftaran mobilebanking. Berhubung gue anaknya penuh totalitas, kalo ngerjain sesuatu nggak pernah setengah-setengah, maka fokus perhatian gue tertumpah 100% pada si struk sehingga nggak liat2 jalan. Gue nggak ngeh bahwa di depan mesin ATM itu ada undak2an kecil, cuma 1 step, setinggi kurang lebih 20 cm. Kaki kanan gue slip saat menginjak undak-undakan itu. Untuuuung…. nggak jatuh, tapi rupanya gerakan gue yang terlalu mendadak telah mengejutkan si mbak yang rupanya punya penyakit…. latah.

“KUONT***LLLLLLL…!!!” demikian seru si mbak dengan tegas dan lantang. Jumlah L yang cukup banyak mewakili betapa jelas dan fasihnya pelafalan yang dilakukan si mbak. Nyaring dan tegas seperti orang lagi berikrar.
Di mall Ambas.
Di siang hari bolong.

Kejadiannya terlalu mendadak, bahkan bagi seorang psikolog berijazah seperti gue. Sempet beberapa detik gue kehilangan kata-kata dan si mbak juga nampak tengsin abis. Beberapa orang lewat dan para nasabah yang sama2 ngantri ATM mulai pada senyum2. Untuk menetralisir suasana, buru2 gue acungkan struk ATM gue dan belaga nanya-nanya, “Jadi saya akan nerima sms konfirmasi dari nomor ini ya mbak?”
“Oh…oh iya mas, nanti smsnya direply ya, dengan nomor TIN yang tadi mas masukkan, nanti blablabla…(si mbak menjelaskan prosedur)”

Habis itu gue buru2 pergi dan nggak noleh2 lagi, takut nggak kuat nahan ketawa.

Ya Tuhan, ampunilah hamba yang secara tidak langsung dan tidak sengaja telah mempermalukan seorang mbak2 di siang hari ini…

30 comments


  1. mbot said: ah kritis sekali dik Ari ini, iya, mobile banking maksudnya.

    soalnya kalo phonebanking udah produk lama banget kan…Lha kalo mobilebanking walaupun gw dah make sejak 2000 karna xl dah duluan keluarin, pasti provider laen terutama yang baru-baru lagi gencar2-nya nih… hahahhaa…


  2. myshant said: katanya suwamiku, temen kantornya yg latah jadi sembuh tuh abis dikdas sama marinir 4 minggu di jatiluhur.soalnya tiap dia latah, temen satu regunya dihukum push up. belum lagi dia dibentak-bentak sama marinirnya, eh pulang dikdas sembuh tuh.

    Huahahahah… kebayang deh.. latah dan marinir memang bukan perpaduan yang menguntungkan. Apes banget sih tuh orang, latah kok di tengah2 marinir. Untung efeknya positif, jadi sembuh.


  3. srisariningdiyah said: Brarti kalo ga BCA *yang emang dah paling duluan punya produk ini* ya… Mandiri duonk???kikikiki….eh, phonebanking ataw mobilebanking si??

    ah kritis sekali dik Ari ini, iya, mobile banking maksudnya.


  4. srisariningdiyah said: Brarti kalo ga BCA *yang emang dah paling duluan punya produk ini* ya… Mandiri duonk???kikikiki….eh, phonebanking ataw mobilebanking si??

    ah kritis sekali dik Ari ini, iya, mobile banking maksudnya.


  5. ayenx said: :)) :)) :))ada kemungkinan seperti itu……:)) :)) :))

    mmm… kalo emang iya, kira2 urutan kronologisnya gimana ya, sejak gue keluar dari ruang ATM sampe benda tersebut nongol… siang2 di mal ambas tau2 gue ngeluar2in gituan… hahah


  6. mbot said: Untuk menetralisir suasana, buru2 gue acungkan struk ATM gue dan belaga nanya-nanya, “Jadi saya akan nerima sms konfirmasi dari nomor ini ya mbak?””Oh…oh iya mas, nanti smsnya direply ya, dengan nomor TIN yang tadi mas masukkan, nanti blablabla…(si mbak menjelaskan prosedur)”

    adegan lucunya justru di sini *ngakak


  7. abahjanie said: Nah apakah mas Agung saat itu sedang mengeluarkan “sesuatu” sehingga si mbak langsung menyebutkannya………:))

    :)) :)) :))ada kemungkinan seperti itu……:)) :)) :))


  8. srisariningdiyah said: dikau masi di kantor apa nyulik notbuk lagi buat wiken-an

    hahahaha….ndak mungkinlah ekeh masiy di kantor malem2, paling malem jam 7.ngaku deh, ini nyulik notbuk kantor lagi ….buat besok nulis laporan motogp sama f1.


  9. katanya suwamiku, temen kantornya yg latah jadi sembuh tuh abis dikdas sama marinir 4 minggu di jatiluhur.soalnya tiap dia latah, temen satu regunya dihukum push up. belum lagi dia dibentak-bentak sama marinirnya, eh pulang dikdas sembuh tuh.


  10. Latah sih latah….tapi kata2 yang keluar saat orang latah biasanya karena dia melihat atau menirukan sesuatu.Nah apakah mas Agung saat itu sedang mengeluarkan “sesuatu” sehingga si mbak langsung menyebutkannya………:))


  11. mbot said: citibank nggak punya ATM di ambas (kalo ga salah ye), sementara di depan ATM danamon undak2annya lebih dari 10. kalo kepleset di situ udah benjut deh gue… πŸ™‚

    Brarti kalo ga BCA *yang emang dah paling duluan punya produk ini* ya… Mandiri duonk???kikikiki….eh, phonebanking ataw mobilebanking si??


  12. jomblo said: DANAMON!!! atau CITIBANK!asli gue ngakak banget bacanya.

    citibank nggak punya ATM di ambas (kalo ga salah ye), sementara di depan ATM danamon undak2annya lebih dari 10. kalo kepleset di situ udah benjut deh gue… πŸ™‚


  13. iniaku said: jadi inget….

    kalo gue jadi inget ama temen sekantor dulu di minolta,cantik, putih, seksi, incaran para cowo… tapi kalo udah latah ya bunyinya sama ama mba yang Agung ceritain itu… masya Allah….waktu pertama kali dengernya gue ASLI KAGET BangeD …..*waktu baca jurnal ini gue juga ngakak abis…. maap…kikikikiki….*


  14. mbot said: kan identitasnya disamarkan, bahkan nama banknya juga nggak ditulis, kecuali buat yang jeli pasti bisa menebak dengan salah satu terminologi yang digunakan di sini.

    DANAMON!!! atau CITIBANK!asli gue ngakak banget bacanya.


  15. imazahra said: *tapi aku jadi bertanya2 neh, jangan2 Mas Agung tambah dosa, soalnya kan menceritakan ‘kekurangan’ si mba, he he he*

    kan identitasnya disamarkan, bahkan nama banknya juga nggak ditulis, kecuali buat yang jeli pasti bisa menebak dengan salah satu terminologi yang digunakan di sini.


  16. Ya Tuhan, ampunilah hamba yang secara tidak langsung dan tidak sengaja telah mempermalukan seorang mbak2 di siang hari ini… ————————————————————————————————————————————–Huahahahahahaha, saya ngakak abis neh… Kejadian sehari2 yg spontan gini kalo ditulis membuat ratusan orang tersenyum bahkan tertawa membacanya.InsyaAllah dosa gak sengaja Mas terhapuskan krn menceritakan peristiwa tengsin itu….dan membuat kami ketawa. Katanya pahala membuat orang tersenyum bahagia :-)*tapi aku jadi bertanya2 neh, jangan2 Mas Agung tambah dosa, soalnya kan menceritakan ‘kekurangan’ si mba, he he he*