Belanja kaya nyonya dan tuan

Untuk mengatasi keterbatasan lahan parkir, Plaza Indonesia (Jl. Thamrin, Jakarta) membina kerja sama dengan hotel Nikko di seberangnya untuk berbagi lahan parkir. Di pintu masuk Plaza Indonesia (selanjutnya disingkat PI) terpampang spanduk gede yang menyarankan agar para pengunjungnya parkir di hotel Nikko aja, agar terhindar dari penurunan IQ akibat kelamaan ngisep asap kenalpot saat muter2 nyari parkir.

Tapi, kalo kami parkir di Nikko, bagaimana cara kami menyeberang jalan Thamrin yang lebar itu? Betis kami bisa kraam lho..!
demikian mungkin keluhan para pengunjung yang juga sudah diantisipasi oleh pengelola PI. Bagi pengunjung PI yang parkir di hotel Nikko, disediakan bus antar-jemput gratis. Bukan itu aja, kalo lo bisa nunjukin bon belanjaan di PI senilai minimal 50 ribu, lo juga nggak perlu bayar ongkos parkir alias gratis!

Terakhir kali gue nyoba layanan ini hari Minggu 29 Mei kemarin. Dengan menenteng 4 plastik belanjaan supermarket gue dateng ke halte tunggunya bis antar jemput di depan pintu masuk deket outlet Mango. Bisnya udah ada, tapi calon penumpangnya baru gue seorang. Ya udah, gue naik dulu ke bis, nunggu sambil ngadem. Eh, tau2 sopir dan keneknya langsung ikutan naik dan breem… jalan!

“Loh, pak, nggak nunggu penumpang lainnya dulu?”
“Oh enggak pak, setiap kali ada penumpang, kita langsung jalan.” kata keneknya.
Maka siang itu, meluncurlah bis Big Bird ukuran tanggung dengan kapasitas 38 seat dari PI menuju Nikko, mengantarkan gue seorang bersama 4 plastik belanjaan gue. Di atas bis, bon belanjaan distaples jadi satu dengan karcis parkir, dan dicap ‘parkir gratis’.
Bener-bener cara belanja ala nyonya dan tuan… !

(soundtrack: petikan lagu “Nonton Bioskop” oleh Benyamin)
…aduh emak, enaknye
nonton dua-duaan
kaya nyonye dan tuan
di gedongan… “

Image: motret sendiri

29 comments


  1. mbot said: di nikko kan juga ada parkiran motor.

    tapi atiΒ², parkirannya di tempat terbuka. helm jangan sampai menengadah. jaket jangan berada di tempat terbuka. sebab kalau sudah hujan, nggak ampun lagi, kebasahan! (tanpa ada upaya dari tukang parkir buat benerin atau mindahin supaya aman).


  2. myshant said: pengen nyobain pengalamannya agung, tapi masa’ harus minjem mobil kantor duluk ?ehhmm..kalo’ motor bisa parkir di nikko jg gak ?

    boleh kok! di nikko kan juga ada parkiran motor.


  3. mbong said: sefa …. lha … ni orang katanya banyak tugas … masiiiihhh aja ber empih ria

    ya ampun, ini semuanya udah gue ringkas tauini lagi istirahat krn kelaparan…agung maaf, mbong nih yg suka gak nyambung =))


  4. mbot said: ‘parkir gratis’

    kalo gini, apa parkiran di Plaza Indonesia juga gratis??kalo enggak, mendingan parkir aja di hotel nikko… apakah tdk malah membuat org2 jd berbondong2 memarkirkan kendaraan nya dsana?gimana siy , ngga ngeti dey.. *my IQ is 20 points low*


  5. ih gung, gue tadi udah reply cerita hal yg sama disini kok gak ada yah? ihiksWallmart yg ada di Bremen juga nyediain bus khusus utk pelanggan yg gak punya mobil. Bus itu rutenya cuma dari halte (gue lupa namanya) dan langsung ke Wallmart, jadi gak mampir2 ketempat lain spt bus yg tujuannya ke Ikea Bremen. Bedanya ini bus jalan sesuai jadwal, jadi kalo pun gak ada penumpang dia tetep menuju Wallmart atau vice versa. Jadwalnya tiap 20 menit sekali.


  6. neviebeatz said: wah baru tau nih.. uda lama juga ngga ksana…Bukannya kalo mo ke Plaza Indonesia bisa parkir aja di EX? lebih deket daripada ke hotel Nikko bukan? Gimana siy , ngga ngerti deh…..

    justru karena parkir EX juga udah penuh banget, makanya mereka kebingungan menampung mobil2 pengunjung.