motret apaan sih oom?

Di koran Kompas terbitan beberapa hari yang lalu, gue nemu sebuah iklan produk wadah plastik. Tadinya sih gue nggak terlalu tertarik sama iklan itu, tapi… rasanya kok ada yang aneh, ya?

Ini dia iklannya:

Nemu apa yang aneh dari iklan ini?

Yak… posisi jari si tokoh bapak waktu motret!

Dia megang kamera dengan posisi menghadap ke belakang, maksudnya untuk motret dia dan keluarga di depan gedung opera Sydney. Masalahnya, sepanjang yang gue tau tombol shutter kamera umumnya ada di sebelah kanan, sedangkan dia megang kamera di sisi kirinya.

Kalo dia mau megang kamera dengan cara seperti itu, seharusnya dia menggunakan tangan kiri. Atau, kalo mau pake tangan kanan, harusnya telapak tangannya juga menghadap ke belakang sehingga dia bisa mencet tombol shutter dengan jari kelingking atau jari manis. Tapi konsekuensinya kamera jadi nggak tertangkap di foto iklan ini, karena tertutup telapak tangannya.

Kemungkinan lainnya, bisa juga dia set auto-timer dulu sebelum megang kamera dengan posisi seperti ini. Tapi tentunya lebih gampang motret dengan tangan kiri, kan?

Demikian ulasan kurang kerjaan edisi malam ini. Terima kasih atas perhatiannya.

23 comments


  1. ceritanya orang udik yang belum pernah ke luar negeri dan gak pernah beli kamera dan nggak tahu di mana letak kamera dan kemudian menang hadiah apapun itu, jadinya ya kayak gitu itu. malah pas banget untuk menggambarkan tingkat keculunan si bapak yang nggak tahu bagaimana cara motret pake kamera digital dengan cara kebalik


  2. wib711 said: itu bener kok… kan fotonya di reverse gung….. πŸ™‚

    sepertinya bener kalo gambarnya di-reverse. Yang bulat besar itu biasanya buat milih portrait mode (panorama, portrait, sport mode, night mode, dsb) yang ngegunainnya dengan memutar clockwise ato anti-clockwise. tapi gw setuju banget kalo anak kecilnya kagak keambil gambarnya, cuman bapak+emak.


  3. mas itu kameranya ada image processingnya, mirip smile shutternya sony, jadi ga perlu di pencet, cukup mringis saja, yang kedua itu kamera lensanya super wide, jempol kaki si bapak pun bakal kelihatan, sekalian langit dan gedung dibelakangnya, namanya teknologi virtual panorama*, jadi seakan-akan dipotret dari jarak jauh, efek fish eye bisa dieliminasi, kan kamera canggih :P*yg ini hanya kayalan, tapi mungkin diwujudkan, bikin paten aja kali ya? ^_^


  4. nambahin isengnya agung :Pposisi kamera kayaknya juga beneran akting deh…coba kalo ada kamera poket, pegang seperti gambar, lalu jepret dan liat hasilnyah heheheh- posisi tangan sedikit keatas- obyek agak dibawah- posisi kamera sejajar/mendatar/horisontal malah cenderung mendongak keatasgwe yakin kalo dijepret beneran, hasilnya paling jidatnya bapaknya doang πŸ˜€ ya..paling banter muka bapak+emaknya….anaknya gak bakal nongol digambar πŸ˜›


  5. kayaknya di malem sebelum iklannya tayang, si art director sangat berharap tidak ada yang iseng seperti elo ini gung… atau sekarang doi harus nraktir temen-temennya karena kalah taruhan ternyata ada juga yang ngeh sama posisi kamera anehnya itu


  6. Sebetulnya bisa bro… tapi posisi si talentnya dirubah.Jadi betul ngejepretnya pakai tangan kiri, tapi posisi talent di balik, jadi posisi berdiri dari kiri ke kanan, si Ibu – Anak – Ayah (tangannya ayah)He he he.

Tinggalkan Balasan