Posting Tulisan yang Sama di Lebih dari Satu Blog? Awas Dimusuhin Google!

Masih terkait urusan pindahan blog dari Multiply nih. Beberapa bulan lalu, mungkin udah ada firasat kali ye, gue mulai melakukan back-up blog gue di Multiply dengan cara melakukan cross-posting ke Blogspot. Jadi tiap kali bikin posting di Multiply, gue klik tombol cross-posting ke Blogspot yang memang disediakan oleh Multiply. Sehabis itu iseng-iseng gue coba googling untuk ngecek apakah posting baru gue udah tercium keberadaannya oleh Google. Hasilnya, ternyata hanya posting gue di Blogspot yang berhasil ditemukan, sementara yang di Multiply enggak!

Tadinya gue kira ini gara-gara sistem Multiply yang dodol. Ternyata ada penyebab lain*.

Pas lagi browsing gue nemu sebuah tulisan di webmaster tool-nya Google. Ya ya, gue tau kalian males ngeklik, dan juga pasti males baca sendiri. Intinya; mulai bulan Maret 2012 Google menerapkan aturan anti duplicate content. Artinya, kalo Google menemukan 2 tulisan yang sangat mirip di 2 (atau lebih) alamat berbeda, maka dia hanya akan menampilkan 1 aja, yang tanggal postingnya lebih awal.

Kemungkinan, Google menerapkan aturan ini untuk mengurangi praktek ‘pencurian’ posting blog. Selain itu kayaknya juga bertujuan menekan akal-akalan yang terkait SEO.

Dalam kasus gue yang memposting tulisan di Multiply dan Blogspot sekaligus, yang terindeks hanya yang di Blogspot – mungkin karena Blogspot kan sekarang milik Google ya – sedangkan tulisan yang sama di Multiply sama sekali nggak muncul di hasil pencarian.

Urusan ini jadi penting buat para blogger Multiply yang sekarang lagi dalam tahap pindahan, beberapa di antaranya gue perhatiin melakukan cross-posting di Multiply dan di blog barunya. Mungkin karena masih ingin memanfaatkan networking Multiply sampai detik-detik terakhir. Kalo kalian melakukan ini, gue sarankan jangan diterusin deh. Risikonya, kalo kebetulan Google memilih untuk hanya mengindeks tulisan di Multiply, sementara per 1 Desember nanti blog di Multiply dihapus, maka tulisan kalian di blog baru nggak akan muncul di hasil pencarian Google. Lebih baik, kalo memang mau pindah blog, posting barunya cukup ditulis di blog baru aja. Kalo masih mau memanfaatkan networking Multiply, cukup bikin note atau link untuk mengiklankan tulisan kalian di blog baru.

Tentunya himbauan ini berlaku untuk kalian yang ingin tulisannya bisa terendus oleh Google ya. Kalo enggak ya nggak papa juga sik.

*walau dalam banyak hal lainnya Multiply MEMANG dodol

28 comments


    1. intinya kalo ada satu tulisan muncul di lebih dari 1 alamat, baik itu MP, WP, BS, atau blog lainnya, maka tulisan yang belakangan diupload akan dicuekin oleh Google.


    1. Selama satu tulisan bisa ditemukan di 2 url berbeda, termasuk yg dimusuhin google. Tp nanti stlh didelete per 1 des, duplikasinya hilang dan gak dimusuhin lg.


    1. Iya, sebaiknya jangan ya. Takutnya yg diindeks google cuma yg d multiply, pas multiply dihapus ikutan ilang.


  1. owalaaaah…
    ic.ic.ic..
    malahan selama ini saking maruknya, semua blog yg sy punya, dicecerin dagh postingan yg sama.
    oooohhh,,, sdh barang tentu gugel juengkeeel sama saya,hahahaha..

    eniwei, makasih infonya,mas πŸ™‚


    1. Terima kasih! Ngeliat maraknya aneka trik SEO beredar, Google pasti akan mengubah terus algoritma pencariannya.