Hal-hal simpel yang nggak bisa dilakukan si “pintar” BB

Sebagai alat komunikasi, BB alias Blackberry punya banyak kebisaan. Bisa nerima email tanpa proses download, bisa chatting, browsing, dllsb. Tapi lucunya, ada beberapa fungsi yang nggak bisa dilakukannya, padahal umum ditemukan di ponsel-ponsel yang lebih “bodoh” (kalaupun memang benar si BB itu “pintar”), antara lain:

Mengirim contact via SMS
Dari jamannya gue pake Siemens ME 45 tahun 2002 dulu, fungsi ini udah ada. Jadi kalo ada orang ngirim SMS berbunyi, “Eh, punya nomernya si anu nggak?” Maka gue tinggal reply SMS tersebut, pilih menu “insert contact”, beres. Atau dari Address book pilih nama si anu, dan pilih kirim via SMS. Di beberapa ponsel tertentu contact yang terkirim malah udah dalam format vcf, yang bisa langsung disave ke dalam MS Outlook.
Di BB, hal simpel ini nggak bisa dilakukan. Contact bisa dikirim via email, BBM, YM, tapi justru yang simpel seperti SMS nggak bisa. Gue curiganya ini salah satu strategi “pemaksaan halus” dari BB untuk mendorong semua orang berbondong-bondong make produknya (suudzon).

Full control via PC Suite
Dalam CD yang disertakan dalam paket BB ada aplikasi BB, tapi fungsinya lebih untuk membackup data dan mengupdate firmware. Kenapa sih nggak sekalian disertakan aplikasi untuk mengontrol si BB via PC, misalnya untuk mengirim SMS atau BBM? Kalo lagi di rumah, kan lebih enak make keyboard komputer yang besar ketimbang berkutat dengan tombol-tombol mini di BB.
PC suite untuk mengirim SMS dan mengelola contact juga udah gue temukan sejak jamannya Siemens ME 45. Waktu itu dia malah mampu menyimpan SMS dalam format txt, jadi sms yang dibackup bisa dibuka dan dibaca di PC.

Ringtone berdasarkan caller group
Gue suka mengelompokkan contact-contact gue ke dalam group dan membedakan ringernya. Jadi kalo yang nelepon temen kuliah ringernya beda dengan temen SMA, atau kalo ringernya dari temen kantor ya mending nggak usah diangkat sekalian… hehehe… nggak ding.
Di BB, yang ada cuma fungsi “assign ringtone to contact” – BUKAN ke group – dengan kata lain hanya bisa diaplikasikan per individu, nggak bisa secara group. Artinya kalo gue mau bikin pengelompokan ringer seperti dulu, akan pegel banget satu per satu diedit ringtonenya.

Mematikan sementara BBM dan push e-mail

 

 

Dengan kondisi konsumsi batre yang lumayan boros, sungguh aneh RIM tidak memasukkan opsi untuk mematikan BBM dan push e-mail ke dalam produknya. Maksud gue, saat batre lagi tiris padahal gue lagi nunggu sebuah telepon penting, gue lebih suka BBM dan push e-mailnya dinonaktifkan dulu biar umur batrenya bisa panjangan dikit. Sayangnya nggak bisa, dan kadang-kadang tingkat aktivitas para anggota BB Group kan sulit diprediksi peningkatannya.

Buat para insinyur di RIM: gimana, tertarik untuk memasukkan fungsi – fungsi simpel ini ke dalam produk kalian berikutnya?

foto gemini gue ambil dari sini

24 comments


  1. menhariq said: lha wong SMS bersambung aja kadang terputus di BB.. dengan tulisan [receiving text] <– tapi sampe kiamat juga gak bakalan nongol sisanya..

    gw rasa kalo ini mah tergantung providernya…gw sering kok nerima sms sampe 4 page. hahahaha


  2. Gung, kenalin sblmnya.. Saya cucunya Ida di Ori. Utk issue “mematikan sementara bbm & push email” itu BISA koogg…Caranya, pilih icon antenna, pilih menu : Mobile Network Option,Trus click, Data Services nya di OFF-in. Jd, BB kita simply hanya berfungsi utk tel & sms aja.Hal ini sering saya lakukan, terutama klo batere lg sekarat.Atau kalau ga mau diganggu dg bbm. Tapi akibatnya yaa tentu saja kalo ada org send bb / ping kita jd ga tau


  3. dibilangin, BB cuma cocok buat chatting..makanya gue gak percaya sama BB sebagai ponsel utama, lha wong SMS bersambung aja kadang terputus di BB.. dengan tulisan [receiving text] <– tapi sampe kiamat juga gak bakalan nongol sisanya..belum lagi fitur wifi stupid yang gak akan bisa jalan kalo BIS nya gak atif.. lha.. mau online di hotspot gak akan bisa kalo service blackberry nya gak aktif.. mo online gretong di hotspot aja dibuat ribet..terus OS nya.. menyedihkan.. even udah jadi versi BB OS 6, tetep aja interface nya jadul.. berasa beli komputer baru tapi masih pake Windows 98 !gue sih pakai BB cuma untuk push mail — yang sebenarnya juga bisa dilakukan oleh perangkat lain, namun sama2 butuh bayar layanannya dan BBM — yang ga bisa dilakukan tanpa BB PIN.So? gue masih cinta dengan HTC Touch Pro2 gue yang bisa dual boot (windows mobile 6.5 dan android 2.2) untuk ponsel utama. πŸ˜€