Babawa, igimu

Beberapa hari yang lalu, gue lagi asik ngeMPi waktu Rafi mendekat dan bilang, “Bapaaak… babawa igimu…”

“HAH?”

“Babawa igimu, bapak… bapak… bababawa igimu!”

“Ngomong apaan sih?”

“Hu…hu… bababawa igimu, bapak…!” Dia mulai nampak frustrasi.

“Sumpah bapak nggak ngerti, nak…”

“Huaaaa…!!! Bapaaak…. babawa igimu…!”

“Nggak usah pake nangis! Ngomong yang bener! Rafi mau minta apa?”

Dia diem sebentar, nampak berkonsentrasi, dan mencoba lagi.
“Baw… bawa…. igimu…”

Hmmm… kayaknya nadanya gue kenal.
“Lagi… lagi, coba, mau ngomong apa?”
“Baw… bawa… igimu…”

BINGO.

Kau bawa, diriku… Rafi mau minta disetelin lagu?”
“Iyaaaa!”

Ya ampun, ternyata dari tadi dia mencoba minta disetelin video klip “Gigi” yang “11 Januari”, kan intronya gitu tuh, “Kau bawa, diriku…” tapi dalam bahasa Rafi bunyinya jadi “bawbawa igimu”.

Buat penggemar TTS, tebak kasus, atau berbagai jenis teka-teki lainnya, buruan deh punya anak. Lo akan puas main tebak-tebakan saat berkomunikasi sama bocah umur 23 bulan. Atau… mau uji kemampuan sekarang? Coba tebak apa arti kata-kata dalam bahasa Rafi berikut:

  1. A-ap =
  2. Aci =
  3. Acih =
  4. Agi =
  5. Amang =
  6. Api =
  7. Apu =
  8. Ato =
  9. Buah =
  10. Cocoa =
  11. Cucu =
  12. Cucu dela =
  13. Cuwat =
  14. Iup =
  15. Iyakan aku ejaga =
  16. Kokola =
  17. Kukuwa =
  18. Kuwa =
  19. Mamau =
  20. O-op =
  21. Opan =
  22. Opas =
  23. Owong =
  24. Petel =
  25. Pipi =
  26. Tik-tik-tik =
  27. Tuk =
  28. Tut-tut-tut =
  29. Ucak =
  30. Upah =
  31. Uwun =
  32. Yayaku, imumu =

Jawabannya gue simpen dulu sampe tanggal 5 November 2008 jam 00.00, bertepatan dengan hari ulang tahun Rafi yang ke dua. Buat yang berhasil menjawab benar paling banyak, akan dapet 1 buah buku “Ocehan si Mbot: Gilanya Orang Kantoran” edisi khusus bertanda tangan plus pin. Kalo lo ngepost lebih dari satu jawaban, jawaban yang dihitung hanya yang pertama lho ya!

Selamat pusing!

53 comments


  1. A-ap = MaafAci = NasiAcih = MakasihAgi = LagiAmang = MemangApi = RapiApu = LampuAto = BaksoBuah = BundaCocoa = KecoaCucu = SusuCucu dela = Susu benderaCuwat = KuatIup = TiupIyakan aku ejaga = Biarkan Aku MenjagaKokola = Coca ColaKukuwa = Kura-kuraKuwa = AquaMamau = Nggak mauO-op = StopOpan = DepanOpas = LepasOwong = BolongPetel = PegelPipi = TVTik-tik-tik = HujanTuk = KejedukTut-tut-tut = Kereta ApiUcak = BecakUpah = TumpahUwun = Nyuwun (minta dlm bhs. jawa)Yayaku, imumu = Ayahku, Ibumu


  2. 1. A-ap = mau pipis. 2. Aci = mau pipis. 3. Acih = mau pipis. 4. Agi = mau pipis. 5. Amang = mau pipis. 6. Api = mau pipis. 7. Apu = mau pipis. 8. Ato = mau pipis. 9. Buah = mau pipis. 10. Cocoa = mau pipis. 11. Cucu = mau pipis. 12. Cucu dela = mau pipis. 13. Cuwat = mau pipis. 14. Iup = mau pipis. 15. Iyakan aku ejaga = mau pipis. 16. Kokola = mau pipis. 17. Kukuwa = mau pipis. 18. Kuwa = mau pipis. 19. Mamau = mau pipis. 20. O-op = mau pipis. 21. Opan = mau pipis. 22. Opas = mau pipis. 23. Owong = mau pipis. 24. Petel = mau pipis. 25. Pipi = mau pipis. 26. Tik-tik-tik = mau pipis. 27. Tuk = mau pipis. 28. Tut-tut-tut = mau pipis. 29. Ucak = mau pipis. 30. Upah = mau pipis. 31. Uwun = mau pipis. 32. Yayaku, imumu = Bapak yang terhormat, setelah selama ini kita hidup bersama, Rafi merasa bahwa kita memiliki ketidakseimbangan komunikasi di antara kita. Ini bisa dilihat dari perbandingan jumlah kosa kata–untuk mau pipis saja Rafi memiliki 31 kata, sementara Bapak sih ngomong saja nggak, langsung buka celana dan cur, kadang-kadang malah nggak dibanjur.


  3. ih lucu… cobain ah…1. A-ap = maaf2. Aci = asyik3. Acih = terimakasih4. Agi = lagi5. Amang = emang6. Api = tapi7. Apu = lampu8. Ato = jatuh9. Buah = bunda10. Cocoa = kecoa11. Cucu = susu12. Cucu dela = susu kedelai13. Cuwat = kuat14. Iup = tiup15. Iyakan aku ejaga = biarkan aku menjaga16. Kokola = coca-cola17. Kukuwa = kura-kura18. Kuwa = aqua19. Mamau = ga mau20. O-op = tutup21. Opan = depan22. Opas = lepas23. Owong = tolong24. Petel = setel25. Pipi = tv26. Tik-tik-tik = hujan27. Tuk = ngantuk28. Tut-tut-tut = telpon29. Ucak = becak30. Upah = tumpah31. Uwun = maturnuwun or turun32. Yayaku, imumu = ayahku, ibumu


  4. hehehehe… gw jg pernah dalam kondisi kaya’ mbot gitu.. :Ddesperate bgt ngadepin asha yg narik-narik sambil bilang… “mama, heppa…heppa…””hah, apaan heppa sha…?””heppa..heppa…” sambil goyang-goyang…Taunya yg dimaksud, “VESPA” !!Ampuunn… kasian liatnya udah mau nangis karena kita gak ngerti-ngerti… πŸ˜€


  5. gue coba yaaa…A-ap = maaf; Aci = basi; Acih = ma kasih; Agi = Lagi; Amang = kamar; Api=Sapi; Apu=sapu; Ato=Baso; Cocoa=sekolah; cucu=susu; cuwat=surat; iyakan aku ejaga=biarkan aku menjaga (dr lagunya yovie n the nuno nih…); Uwun=nyuwuuun; yayaku imumu=ayahku ibumu; upah=sumpah; ucak=rusak; Owong=kolong; duuuhhh pusiiing itu aja dulu deh…ngarep nih bukunyaaa…


  6. 1. A-ap = maap 2. Aci = kasih (beri) 3. Acih = gak aciii 4. Agi = lagi 5. Amang = emang 6. Api = api 7. Apu = sapu 8. Ato = jatoh 9. Buah = buah 10. Cocoa = kecoa 11. Cucu = susu 12. Cucu dela = susu de 13. Cuwat = 14. Iup = hup 15. Iyakan aku ejaga = iya aku jaga 16. Kokola = cokelat atao cocacola 17. Kukuwa = 18. Kuwa = 19. Mamau = gak mau 20. O-op = oom 21. Opan = delapan 22. Opas = lepas 23. Owong = bolong 24. Petel = 25. Pipi = pipis 26. Tik-tik-tik = ujan 27. Tuk = duduk, ngantuk 28. Tut-tut-tut = kereta api 29. Ucak = cicak 30. Upah = udah 31. Uwun = matur suwun (makasih) 32. Yayaku, imumu =yah cuma segini…..gak tau benar berapa..


  7. Waaaa… mau ikutan!! Tapi karena udah beli buku yg ada tanda-tangan (aku pembeli pertama lhooo!!) dan dapat pin-nya (yang masih disimpenin sama bu istri), jadi hadiahnya risol aja deh ya.. hehe.. milih.. A-ap = MaafAci = asikAcih = Terima kasihAgi = LagiAmang = KamarApi = TVApu = LampuAto = jatuhBuah = BundaCocoa = KecoaCucu = SusuCucu dela = Susu di gelasCuwat = suratIup = tiupIyakan aku ejaga = Biarkan aku menjagaKokola = sekolahKukuwa = kura kuraKuwa = kura-kuraMamau = ngga mauO-op = Stop (kalo nyetop taksi ya???)Opan = depanOpas = kompasOwong = bolongPetel = HamsterPipi = pipisTik-tik-tik = bunyi hujanTuk = ngantukTut-tut-tut = kereta apiUcak = cicakUpah = tumpahUwun = nyuwun (minta)Yayaku, imumu = hanya aku di dirimu.. (ngarang nih!!)liat deh, bener ngga.. hihihi…


  8. Ikut jawab yah, secara gue punya dua anak kecil 1. A-ap = Maaf 2. Aci = Asik 3. Acih = Terima kasih 4. Agi = Lagi 5. Amang = Kamar 6. Api = Rafi 7. Apu = Sapu 8. Ato = Jatuh 9. Buah = Bunda 10. Cocoa = Kecoa 11. Cucu = Susu 12. Cucu dela = Susu bendera 13. Cuwat = kuat 14. Iup = sirup 15. Iyakan aku ejaga = Biarkan aku menjaga 16. Kokola = Coca Cola 17. Kukuwa = Kura-kura 18. Kuwa = Kuat 19. Mamau = Ngga mau 20. O-op = Stop 21. Opan = Depan 22. Opas = Kupas 23. Owong = Tolong 24. Petel = Pegel 25. Pipi = TV 26. Tik-tik-tik = Ujan 27. Tuk = Ngantuk 28. Tut-tut-tut = Kereta 29. Ucak = Rusak 30. Upah = Tumpah 31. Uwun = Turun 32. Yayaku, imumu = Ayahku, IbumuKalo anak gue suka bilang “kongkong kiki” yang artinya “Nonton TV” lebih ajaib lagi kan kata2nya.


  9. Sambil latihan jadi ibu:1. A-ap =maaf2. Aci =asyik3. Acih =makasih4. Agi =lagi5. Amang = kamar6. Api = rafi7. Apu = sapu8. Ato = jatoh9. Buah = bunda10. Cocoa = kecoa11. Cucu = susu12. Cucu dela =susu kedele13. Cuwat = kuat14. Iup = sirup15. Iyakan aku ejaga =biarkan aku menjaga (lagu)16. Kokola = sekolah17. Kukuwa =kura-kura18. Kuwa =kura-kura19. Mamau = gak mau20. O-op = tutup21. Opan = depan22. Opas = kupas23. Owong =bolong24. Petel = setel25. Pipi = pipis26. Tik-tik-tik = hujan27. Tuk = batuk28. Tut-tut-tut =kereta29. Ucak = becak30. Upah = tumpah31. Uwun = turun32. Yayaku, imumu =kepalaku, hidungmu (halagh udah pusing)


  10. mbot said: Buat yang berhasil menjawab benar paling banyak, akan dapet 1 buah buku “Ocehan si Mbot: Gilanya Orang Kantoran” edisi khusus bertanda tangan plus pin.

    Buku udah…tandatangan udah…pin juga udah…Yg blom brownies neh. Mas…! >_<*mupeng berat*


  11. secara anak gue 20 bulan dan juga lagi belajar ngomong gw translate berdasarkan bahasa dia yg gw ngerti ya…1. A-ap = maap2. Aci = masih3. Acih = makasih4. Agi = lagi5. Amang = kamar6. Api = rafi7. Apu = lampu bisa juga garpu8. Ato = jatoh9. Buah = belah10. Cocoa = kecoa11. Cucu = susu12. Cucu dela = susu bebelac13. Cuwat = kuat14. Iup = tiup15. Iyakan aku ejaga = biarkan aku menjaga16. Kokola = cokelat17. Kukuwa = kura-kura18. Kuwa = keluar19. Mamau = nggak mau20. O-op = stop21. Opan = sopan bisa juga depan22. Opas = lepas23. Owong = tolong24. Petel = pegel25. Pipi = tivi26. Tik-tik-tik = tik tik tik (bunyi hujan)27. Tuk = ngantuk28. Tut-tut-tut = tut-tut-tut (bunyi kereta api)29. Ucak = rusak30. Upah = tumpah31. Uwun = turun bisa juga nyuwun32. Yayaku, imumu = ayahku, ibumuAda lagi yang belon, tuh, misalnyauwang, egi, atuk, ucing, anas, icik, andi, iam, uwung, abo, endong, nah loh, malah nambah, hi hi…..^-^


  12. Rafiiii… lucyu bener itu rambyut kriwil. 1. A-ap = maap 2. Aci = laci 3. Acih = makasih 4. Agi = lagi 5. Amang = mamang 6. Api = papi 7. Apu = garpu 8. Ato = jatoh 9. Buah = bunda! hahaha thx to d cake maker [duuuh kalo bunda aja jadi buah, susah juga nebak2 nih kekekekek] 10. Cocoa = kecoa 11. Cucu = susu 12. Cucu dela = susu bendera 13. Cuwat = surat 14. Iup = Tiup 15. Iyakan aku ejaga = biarkan aku menjaga (lagunya yovie ya?) 16. Kokola = coca cola 17. Kukuwa = kura-kura 18. Kuwa = kuat 19. Mamau = gak mau 20. O-op = stop 21. Opan = sopan 22. Opas = lepas 23. Owong = bolong 24. Petel = puter 25. Pipi = pipis 26. Tik-tik-tik = hujan 27. Tuk = batuk 28. Tut-tut-tut = kereta api 29. Ucak = cecak 30. Upah = udah 31. Uwun = suwun 32. Yayaku, imumu = ayahku, ibumu


  13. boleh usul soal hadiahnya?yg belum punya buku bolehlah hadiahnya buku si mbottp bagi yg udah punya, hadiahnya risol kribo sekerdus dongpasti gw ikutan jawab*sambil ngebayangin risol kribo panas2 diceplus ama cabe rawit*


  14. 1. A-ap = Maaf 2. Aci = Asiiiik 3. Acih = Makasih 4. Agi = Pagi 5. Amang = Memang 6. Api = Tapi 7. Apu = Lampu 8. Ato = Jatoh 9. Buah = Bunda (soalnya sama kayak Kayla dulu!) 10. Cocoa = Kecoa 11. Cucu = Susu (doooong!) 12. Cucu dela = Susu-nya mbak Dela (Puspita) ?! 13. Cuwat = Surat 14. Iup = Sirup 15. Iyakan aku ejaga = Biarkan aku menjaga 16. Kokola = Coca Cola 17. Kukuwa = Kurkuma 18. Kuwa = Keluar 19. Mamau = Gak Mau 20. O-op = Tutup 21. Opan = Depan 22. Opas = Lepas 23. Owong = 24. Petel = Setel 25. Pipi = Tivi 26. Tik-tik-tik = hujan 27. Tuk = Ngantuk 28. Tut-tut-tut = Kereta 29. Ucak = Becak 30. Upah = Tumpah 31. Uwun = Maturnuwun (eh, Ida Sunda ato Jawa, sih?) :)) 32. Yayaku, imumu =Gile, pusing jugaak!Ntar di-edit lagi deh kalo udah dapet ilham apa maksudnya Rafi.btw, nggak usah ngisi beginian juga udah (bakal) dapet buku gratis dari oom Agung, yak?


  15. Secara Rafi dan Fadlan cuman beda 2 bulan, nih ya gue ikutan nebak yah mas. 1. Maaf2. Asik3. Terima kasih.4. Pergi5. Memang6. Rafi7. Tepuk8.Jatoh9. Ibu10. Kotoran11. Susu12. Susu dewa13. Kuwat14. Tiup15. Biarkan aku menjaga16. Koka kola17. Kura-kura18. Keluar19. Gak mau20. Stop21. Depan22. Lepas23. Tolong24. 29. Rusak30. Lupa31. Turun32. Hanyaku, hidupmuIseng banget deh pagi2 isi beginian :)).


  16. Tik tik bunyi hujanTut tut tut naek kreta apiUcak cicak secara ga ada becak di jakartaAap maapAcih makasiKukuwa kura kuraBuah bundaUwun bisa nyuwun ato suwunAh capek nulisnya pake hp…padahal gw mau ksh bocoran doang


  17. Ikutaannn.. Mamau=gamau, Agi=lagi, Cocoa=kecoa, Cucu=susu, Cucu dela=susu coklat, Tuk=ngantuk, uwun=nyuwun, Petel=hamster,Buah=bunda, Kuwa=kura, Acih=makasih, owong=bolong, kokola=coca cola… udah deh.. segitu aja.. manangin doonngg… πŸ˜€