posting journal ke masa depan: mungkin nggak ya?

Dalam update engine MP yang ke sekian kalinya bbrp waktu yang lalu, mereka menambahkan fitur mengubah tanggal posting untuk journal. Waktu itu tujuannya adalah untuk mengurutkan posting secara kronologis, kalau untuk penulisan yang nggak berurutan.

Jadi journal yang ditulis tanggal 15 Oktober, misalnya, bisa aja diset seolah-olah ditulis pada tanggal 1 Oktober – kalau kejadiannya juga berlangsung tanggal 1 Oktober.

Pertanyaan gue sekarang, mungkin nggak sebuah journal yang gue tulis tanggal 15 Oktober baru muncul di message board tanggal 18 Oktober, misalnya?

Di beberapa engine blog yang lain sih fitur ini memungkinkan. Di kotakkue.com, misalnya, kalo gue bikin promo yang berlaku tanggal 1 – 30 November, maka gue bisa aja siapin isi postingnya pada awal Oktober dan posting tsb akan tersembunyi dari mata pengunjung hingga tanggal 1 November.

Journal kali ini gue tulis tanggal 15 Oktober, tapi tanggalnya gue set 18 Oktober 2008, jam 01.00 Kalo berhasil, maka kalian baru akan meliat kemunculannya pada tanggal segitu. Kalo langsung nongol di message board tanggal 15 Oktober, ya berarti engine MP nggak mendukung posting delay. Let’s see…

38 comments


  1. sikathabis said: kalo ga salah ya mas, kondisi yg masa cheo bilang, e-mail yg diterima dari MP hanya berupa notification, ada pesan 1, dan tidak ada isi pesannya jika di click linknya maka pesan dari pereply tidak ada, yg ada hanya keterangan deleted by request authorCMIIW

    oh, mksdnya, aku dpt pemberitahuannya ud di page mp nya, bukan notification message ke email.. btw mas agung, ud aku cari2 di spam mailnya, gak ada, hiks… mungkin ini salah satu keajaiban teknologi ya :p


  2. mbot said: kalo di email nggak masuk, coba cek junk mailnya. barangkali nyasar ke situ.

    kalo ga salah ya mas, kondisi yg masa cheo bilang, e-mail yg diterima dari MP hanya berupa notification, ada pesan 1, dan tidak ada isi pesannya jika di click linknya maka pesan dari pereply tidak ada, yg ada hanya keterangan deleted by request authorCMIIW


  3. katacheo said: misi mas… mo nanya dong.. boleh ya? πŸ™‚ jd hari ini aku lg baca2 tulisanku sendiri di mp (review), eh ternyata ada yang kasih komen. 2 keherananku: 1. gak ada info komen baru di emailku dari mp dan 2. ada pemberitahuan 4 komen dihapus by request of author… pdhl aku ga pernah berasa baca komen2 itu… itu knp bisa terjadi ya mas? thanks ya buat jawabannya…

    bisa gitu, kalo yang nulis komen buru2 menghapus komennya krn berbagai alasan, mungkin karena salah ketik dan nyesel. kalo di email nggak masuk, coba cek junk mailnya. barangkali nyasar ke situ. kalo emailnya pake cbn spt gue, emang iya, semua notification dari mp nggak pernah masuk ke inbox. entah kenapa. coba ganti emailnya ke account yang lain.


  4. misi mas… mo nanya dong.. boleh ya? πŸ™‚ jd hari ini aku lg baca2 tulisanku sendiri di mp (review), eh ternyata ada yang kasih komen. 2 keherananku: 1. gak ada info komen baru di emailku dari mp dan 2. ada pemberitahuan 4 komen dihapus by request of author… pdhl aku ga pernah berasa baca komen2 itu… itu knp bisa terjadi ya mas? thanks ya buat jawabannya…


  5. btw.. aku pernah nyoba di blogspot.. klo di set tanggal in the future.. tulisan di “manage posting” nya adalah kurang lebih begini:your post is scheduled to be visible at ….. *tanggal berapa*ternyata klo di MP nggak begitu ya?


  6. edward0382 said: hahaha.. ribet bos..paling satu2nya cara aman ya secara manual tadi..bikin postingan lalu save to draft kmudian publikasikan pada waktu yg diinginkan. jangan lupa set jam dan tanggalnya..kalo untuk otomatis saya kira pihak MP blum memfasilitasi πŸ˜€

    sepertinya, tapi berhubung belum ada fasilitasnya mungkin ini jalan lain menuju rhoma iramaterlalu


  7. sikathabis said: paling mengakali-nya seperti inibuat journal yang Send to the Multiply Inbox (for the people in your network) ga diceklalu buat event dimana tanggalnya adalah range tanggal dan isinya link ke journal yang sudah dibuat

    hahaha.. ribet bos..paling satu2nya cara aman ya secara manual tadi..bikin postingan lalu save to draft kmudian publikasikan pada waktu yg diinginkan. jangan lupa set jam dan tanggalnya..kalo untuk otomatis saya kira pihak MP blum memfasilitasi πŸ˜€


  8. edward0382 said: kalo menurutku trik sikathabis beda dgn save draft om..save in draft itu sifatnya hidden dan hanya pemilik blog yg bisa liat..tp kalo cara sikathabis sifatnya hanya hidden di inbox saja, dan pengunjung bila meng-klik tumbnail blog tetap bisa membaca..ya smacam kita ingin posting sesuatu tapi ga pake pengumuman gitu deh..

    iya, maksudnya sama ribetnya gitu… nggak otomatis πŸ™‚


  9. mbot said: itu sih sama aja dengan posting save to draft dulu yak…

    kalo menurutku trik sikathabis beda dgn save draft om..save in draft itu sifatnya hidden dan hanya pemilik blog yg bisa liat..tp kalo cara sikathabis sifatnya hanya hidden di inbox saja, dan pengunjung bila meng-klik tumbnail blog tetap bisa membaca..ya smacam kita ingin posting sesuatu tapi ga pake pengumuman gitu deh..


  10. betul om..yg ada kmaren tmen2 pada jengkel ma dia om..msh mending kalo brmanfaat postingannya..lah kalo tak brmutu gmana dong haha..mnurut saya sih mgkn save draft memang ditujukan untuk hidden posting om tp sygnya ga bisa otomatis hehe..


  11. sikathabis said: pada waktu mau compose journalSend to the Multiply Inbox (for the people in your network) ga dicekkemudian waktu tgl 18 oktober Send to the Multiply inbox-nya dicek (walah repot)

    itu sih sama aja dengan posting save to draft dulu yak…


  12. tp di inbox ku judul postingan om agung warnanya beda loh..oiya.. dulu pernah jg ada kontak mlakukan hal yg sama.. dan klebihan yg ada hanya posisi postingan yg akan brada dibagian atas deretan inbox selama waktu jatuh tempo..(itu jg kalo inbox di set dlm urutan postingan terbaru)