Berburu Gede Prama: Tips Pencarian Google

Beberapa hari yang lalu, temen gue yang orang HRD dateng ke meja gue dengan wajah desperado.

“Gung, tau gimana cara ngontak Gede Prama nggak? Kita mau undang dia untuk jadi pembicara nih…”
“Nggak tau. Cari dong di google.”
“Udah, nggak ada.”
“Nggak mungkin.”
“Bener! Gue udah cari berhari-hari, ketemunya cuma artikel-artikelnya doang. Alamat sama nomer telepon nggak ada.”
“Kalo gue bisa nemuin, dapet apa?”
“Dapet… ucapan terima kasih serta doa semoga sukses selalu deh.”
“Ya udah sini gue cariin. Pasti ketemu deh.”
“Nggak mungkin, orang gue udah cari…”
“Pasti ada. Nanti kalo udah ketemu gue kasih.”

Guepun memulai pencarian.

Langkah pertama, tentunya, adalah keyword utamanya yaitu “Gede Prama”. Hasilnya memang seperti kata temen gue itu: hanya memunculkan tulisan-tulisannya aja tanpa mencantumkan alamat atau nomer telepon.

Berikutnya gue coba berbagai variasi keyword, seperti “Gde Prama” “Gedeprama” “GdePrama” “Prama” “Prama Gede” “Prama Gde” dan “Pramagde”. Semuanya nihil. Demikian juga dengan “telepon Gede Prama” “telefon Gede Prama” “contact Number Gede Prama” “Kontak Gede Prama” “Hubungi Gede Prama” “Hub Gede Prama” “HP Gede Prama” “Alamat Gede Prama” dan semua variasinya.

What happened with you sih, Pak Gede? Orang yang pernah dapet julukan “begawan bisnis Indonesia” masa sampe nggak tertangkap di hasil pencarian google? Bahkan websitenya http://www.gedepramaideas.com juga udah mati.

Tadinya mau nyerah aja, toh ini bukan kerjaan gue. Tapi pikir2, masa iya sih cuma nemuin Gede Prama aja nggak berhasil? Hmm.. di sini gengsi mulai angkat bicara.

Gue coba cara lain. Salah satu hasil pencarian google menunjuk pada blog berjudul Andie Stuff, yang punya section khusus untuk tulisan2 Gede Prama. Dari situ juga gue comot foto Gede Prama yang jadi hiasan posting ini.

Gue telepon Mas Andie, sang pemilik blog. Barangkali dia kenal langsung dengan Gede Prama.

“Wah saya nggak tau teleponnya Pak Gede Prama,” kata Mas Andie, “Tapi mungkin Radio Smart FM tau. Kayaknya Pak Gede Prama pernah bawain acara di sana.”

OK, target berubah, gue pake google untuk cari nomor telepon SmartFM. Kali ini jauh lebih gampang.

“Oh kita nggak tau nomer telepon Gede Prama,” kata mbak-mbak yang nerima telepon gue, “Dia udah nggak ngisi acara di sini lagi sih.” Trus, kalo udah nggak jadi pengisi acara, catatan nomer teleponnya dibuang ya mbak? Atau dibakar?

Gue coba media lain. Kebetulan yang muncul teratas di pencarian Google adalah Tempo. Gue nelepon ke redaksinya.Yang nerima terdengar seperti ibu-ibu.

“Selamat sore bu, saya mau mohon informasi, gimana caranya mengontak Pak Gede Prama ya?”
“Gede Prama? Di sini nggak ada pegawai yang namanya itu.
“Ya memang bukan pegawai Tempo bu, tapi pembicara motivasi. Pernah nulis di Tempo juga kok.”
“Oooo… nggak tau saya, nggak kenal.”

Nampaknya pamor sang begawan bisnis Indonesia bener-bener meredup belakangan ini.

Gue coba majalah Swa. Kali ini tersambung dengan orang yang jauh lebih penolong.

“Ya memang Pak Gede Prama pernah nulis di Swa, tapi belakangan udah jarang. Ini nama dan alamat kantornya ya pak,” kata mbak-mbak yang nerima telepon gue sambil menyebutkan sebuah perusahaan bernama Promaster beralamat di daerah Benhil.

Bingo!

Langsung gue pencet nomer telepon Promaster pemberian si mbak baik hati dari Majalah Swa.

“Promaster? Apaan tuh pak?” sambutan dari seberang mematahkan semangat gue.
“Ini bukan nomernya kantor Promaster ya mas?”
“Bukan, pak. Ini rumah tinggal.”
“Alamatnya bener di jalan anu nomer sekian, Benhil?”
“Betul, pak.”
“Ada orang namanya Pak Gede Prama nggak tinggal di situ?”
“Nggak ada tuh! Udah pindah kali pak, mungkin dulunya nyewa di sini, gitu.”

Back to square one.

Gue mulai pencarian baru, kali ini dengan keyword “promaster”. Hasilnya, sebuah situs milik lembaga training bernama “pro-m” yang lokasinya di… Surabaya. Gede Prama tergusur dari Benhil ke Surabaya? Jauh amat. Gue telepon nomor yang tercantum di situs itu.

“Oh ya… ya… ya… benar pak, kami penyelenggara seminar Pak Gede Prama!” kata mas-mas berlogat Surabaya yang nerima telepon gue.
“Jadi, kalau saya mau mengundang Pak Gede Prama ceramah di kantor saya, melalui Pro-M ini ya mas?”
“Betul Pak, nanti kami bantu menghadirkan!”
“Emangnya Pak Gede Prama sekarang tinggal di Surabaya, gitu?”
“Wuah ganti-ganti Pak, namanya juga orang sibuk… kadang di Jakarta, kadang Surabaya, kadang Bali…beliau kan orang Bali, Pak.” Oh really? Dari namanya gue kira Menado.
“Enggak, maksud saya, domisilinya, rumahnya, di mana?”
“Ooo… di Surabaya juga ada pak!”
“Ya udah deh. Kalo saya mau ngundang Pak Gede Prama untuk ceramah di kantor saya, di Jakarta, akhir bulan Januari ini, bisa apa enggak?”
“Saya catat dulu pak tanggalnya, biar nanti saya tanyakan dulu untuk tau jadwal beliau.”
“Mas mau tanya sama sapa?”
“Sama sekretariatnya di Jakarta, Pak…”

Dengan kata lain, elu calo, gitu kan? Dari denger nadanya yang terlalu antusias itupun gue udah curiga. Kalo mau nyari tiket mudik Lebaran, baru gue urusan sama calo. Untuk nyari Gede Prama doang mah gue lebih percaya sama Google.

“Sekretariatnya di Jakarta” hmm… ini menimbulkan ide baru buat gue. Berarti si Gede Prama ini punya sebuah perusahaan konsultan sendiri. Berhubung dia adalah “sang begawan bisnis”, nggak mungkin dong jabatannya office boy. Pastinya pimpinan. Maka gue search Google dengan keyword “Gede Prama direktur”.

Hasilnya, muncul kalimat “Gede Prama Presiden Direktur Dynamic Consulting“. Horeee!

Search lagi, keyword “Dynamic Consulting Gede Prama”. Hasilnya membawa gue pada sebuah halaman dari websitenya Female Radio yang memuat tulisan Gede Prama. Di akhir tulisan ada sederet kalimat dalam huruf miring:
BINGO!!

Gue cek nelepon ke nomer itu, kali aja udah pindah lagi.

“Iya betul Pak, ini kantornya Pak Gede Prama”, kata mas-mas penerima telepon dengan ramahnya.

Langsung gue ambil kertas dan gue tulis gede-gede:

Gede Prama
Dynamic Consulting
Contact Person : Yadi/Henry/Ivan/Ayu, Telp : (021) 7486 3845 atau
SMS : 0813 10727 923.

Gue kasih ke si HRD desperado. “See? Gue bilang pasti dapet, kan?”

Kesimpulannya, tips gue dalam melakukan pencarian informasi lewat Google adalah:

  1. Coba semua kemungkinan variasi keyword. Coba juga kemungkinan alternatif penulisan kata.
  2. Jangan cuma terpaku pada keyword utama, coba juga keyword lain yang mungkin berhubungan.
  3. Jangan cuma mengandalkan Google, sekali-sekali perlu juga angkat telepon.
  4. Yang paling penting: yakin dan berpikir positif, jangan gampang putus asa….

51 comments


  1. gila…keren banget mas artikelnyaaq gak cuma dapet cara ampuh search, tapi aq lebih dapet gimana cara berpikir CERDAS. mungkin kalo aq pas telp orang (yang katanya calo) aq mungkin dah serahin ma dia u/ call si GEDE P. tapi mbot BEDA Lo bisa langsung dapetin sendir….HEEhehesalut boss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1


  2. themaple said: mbot…ko ga telp neng ratna / mba dewi sih ..? mrk kan pernah deal with him ….hehehhe

    udah nanya mbak dewi, ternyata dia butuh 2 hari untuk nyari nomor ini. sekitar setengah jam setelah berhasil dapet dari google, baru mbak dewi sms.


  3. hehehe, cerdik juga. btw, terus terang mencari-cari (telepon) orang emang ada seninya juga. ini juga bagian dari kerjaan gw setiap minggu. oya, ada satu lagi cara yg cukup ampuh: lempar ke milis tarki. itu tuh milisnya para sekretaris. biasanya ada yg bisa nolong.


  4. prajuritkecil said: eniwei kalo gede prama sih… gue gak akan googling, tapi langsung tanya ke delta FM atau Female FM.. tanya deh nomor telponnya. secara dia dulu narasumber di ntu radio….

    gue jarang dengerin radio sih, jadi nggak tau kalo dia sering jadi narasumber di sana. sampe sekarang masih sering jadi narasumber nggak sih, si pak gede prama ini?


  5. windieyorke said: hihihi…this is my everyday job. tips tambahan untuk temen mas agung kalo perlu pembicara suatu event, coba cek ke milis event organizer πŸ™‚

    terima kasih, tapi sayangnya dari kantor gue nggak bisa buka milis apapun, disensor oleh pihak IT… πŸ™


  6. bdarma said: ^ wakakabtw, apa betul tiap pembicara ada pasang-surut masa kejayaannya?

    kayaknya sih gitu ya war. dengan banyaknya bermunculan pembicara2 baru dengan teori masing2 yang ‘eksotis’, mau nggak mau terjadi hukum alam – yang nggak mampu menghadirkan hal baru akan tersingkir.


  7. c4rlo said: wah gung…hebat banget ya googling itu…btw bisa tolong bantu cariin no telp tukang jualan batagor depan SMUK IV yg namanya Yadi ga? dah lama nih dia pindah…pdhl batagornya enak banget… =p

    boleh. si yadi pernah jadi pembicara di radio apa? :-))


  8. anzarra said: betul, jangan terpaku pada keyword. perlu analisis juga. secara dulu LO, gue juga sering nyari2 kontak begini. pernah gue gak bisa nemuin kontaknya nidji, akhirnya nyari websitenya musica (lebalnya nidji). trus nelpon ke musica minta kontaknya. kurang dari 15 menit gue udah dapet harga. πŸ™‚

    hmmm… jadi, berapa nomer telepon nidji? :-))))*kalo diposting di sini bisa langsung naik drastis pageload gue


  9. fortheblossom said: Hehehe… kalo aja tadi blom nemu bakal aku kasih tau si-Dynamic Consultan ini. Soalnya pernah kerjasama waktu aku masih di Pesona, sekitar taun 2000an. Pernah punya no telponnya tapi dah lupa naroh dimana *huu… samanya :p*.Jadi inget masa2 ngefans sama beliau, pernah curhat juga :D. Orangnya ademmm…

    heheheh… thanks anyway de πŸ™‚


  10. cambai said: salute… !! dan bikin saya jadi semangat lagi nyari alamat dan nomor telp prof insan budi maulana… ^_^* eh udah ketemu dink… ternyata gak sesusah nyari pak gde prama ya… hehehe

    selamat, itulah pentingnya semangat πŸ™‚


  11. TARIMA KASIH…TARIMA KASIH…GW NGALAMIN HAL YANG SAMA PERCISSSSS…secara gw disuruh wawancara pak gede ini untuk program INDIGO setiap jumat 19.30 di metro tipi (sekalian promosi..hi3)…TENGKYU BUANGGGEEETTT YA MBOT…boleh juga lu jadi pencari jejak utk dikantor gw ..lumayan buat es je..side job geto loooohhhh…


  12. bener gung! itu juga yang sering gue alamin… ditanyain nomor telpon orang yg katanya terkenal. googling aja… eniwei kalo gede prama sih… gue gak akan googling, tapi langsung tanya ke delta FM atau Female FM.. tanya deh nomor telponnya. secara dia dulu narasumber di ntu radio….dulu waktu di delta kan gue sering banget terima telpon yang nanya no kontak narsum. Sekarang gantian gue yg telponin Delta buat nanya no kontak…:D


  13. betul, jangan terpaku pada keyword. perlu analisis juga. secara dulu LO, gue juga sering nyari2 kontak begini. pernah gue gak bisa nemuin kontaknya nidji, akhirnya nyari websitenya musica (lebalnya nidji). trus nelpon ke musica minta kontaknya. kurang dari 15 menit gue udah dapet harga. πŸ™‚


  14. Hehehe… kalo aja tadi blom nemu bakal aku kasih tau si-Dynamic Consultan ini. Soalnya pernah kerjasama waktu aku masih di Pesona, sekitar taun 2000an. Pernah punya no telponnya tapi dah lupa naroh dimana *huu… samanya :p*.Jadi inget masa2 ngefans sama beliau, pernah curhat juga :D. Orangnya ademmm…