Top 10 topik paling populer di MP

Orang join di MP dengan berbagai alasan. Sebagian MPers nggak peduli berapa orang yang mengunjungi halamannya, sebagian lainnya merasa kehadiran pengunjung itu penting banget… nah buat kalian yang ingin punya banyak pengunjung, mungkin daftar Top 10 topik populer berikut ini bisa dicoba.Daftar ini gue susun berdasarkan pengamatan atas aktivitas MPers di network gue, ditambah dengan pengakuan dari pemilik account yang bersangkutan. Inget, banyak pengunjung nggak selamanya berarti banyak reply lho! Ada beberapa jenis posting yang walaupun replynya nampak sedikit, tapi pengunjungnya sebenernya banyak banget.

10. Resep

Di multiply banyak banget ibu-ibu yang gemar berburu resep. Kalo lo punya banyak koleksi resep, coba aja sering-sering posting di sini. Usahakan lo beneran udah nyoba resep tersebut, jangan cuma copy paste dari majalah, supaya kalo tiba2 ada reply yang nanya ini-itu lo nggak kelabakan jawabnya. O iya, jangan lupa kasih foto hasil masakannya biar menarik.

Tingkat kesulitan: sedang – karena lo harus meluangkan waktu dan biaya untuk masak.

9. Kehamilan

Ini juga topik kegemaran para ibu, khususnya ibu hamil. Rupanya, yang namanya proses kehamilan sangat bervariasi dari satu orang ke orang lainnya sehingga selalu menjadi topik diskusi yang menarik di kalangan para ibu. Waktu Ida sering posting tentang kehamilan, dia keheranan sendiri melihat banyaknya ibu-ibu yang bukan contactnya bermunculan numpang baca.

Tingkat kesulitan: tinggi – karena elo harus hamil dulu dan hamil itu sulit. Percaya deh. Gue aja yang cuma ngeliat capek.

8. Review Restoran / Tempat Makan

Ini salah satu jenis yang gue bilang bisa banyak pengunjungnya tapi replynya sedikit. Masalahnya, setiap harinya banyak orang mencari referensi tempat makan enak di google. Kalo lo konsisten memposting review tempat jajan, kemungkinan besar hasil pencarian google akan merujuk ke halaman lo. Besar kemungkinan orang yang mampir bahkan bukan anggota MP – sehingga mereka nggak bisa ngasih reply. Saran: usahakan melengkapi review lo dengan kisaran biaya yang harus dikeluarin, dan jangan lupa alamat lengkap tempat tersebut. Kalo perlu denahnya diposting sekalian.

Tingkat kesulitan: bervariasi, tergantung tempat jajanan apa yang lo review. Kalo tempat jajan kelas bintang 5 semua ya lumayan berat di ongkos juga sih.

7. Review gadget

Ini juga informasi yang akan banyak dicari orang, dengan syarat:

  1. Gadgetnya bersifat umum, seperti handphone, mp3 player, atau paling banter notebook deh. Kalo terlalu teknis seperti mother board, power supply atau graphic adapter, hanya sebagian kecil orang yang tertarik baca.
  2. Harganya berkisar di kelas menengah. Kalo lo review barang yang kemahalan juga orang udah males duluan karena merasa nggak akan mampu beli.
  3. Bendanya baru keluar dan lagi populer di pasaran. Jangan terlalu berharap banyak pengunjung mampir kalo yang lo review adalah HP Nokia 3250, misalnya. Lagipula, ingat kan pesan sponsor kita: FRIENDS DON’T LET FRIENDS USE NOKIA.
  4. Lo betulan make dan ngerti soal gadget yang lo review itu, karena posting tipe ini juga akan mengundang banyak pengunjung yang kritis. Begitu lo kehilangan kredibilitas tentang gadget yang lo review, orang akan males dateng lagi.

Tingkat kesulitan: sedang sampai tinggi – butuh modal buat beli gadgetnya, atau minimal minjem sama yang udah punya.

6. Musik

Ini juga mungkin jarang yang reply tapi kemungkinan besar banyak pengunjungnya. semakin populer musik yang lo upload, semakin banyak pengunjungnya. Di salah satu forum online gue nemuin buanyak banget link musik multiply bertebaran. Kemungkinan besar akan banyak pengunjung yang mampir, baik MP maupun non MP – walaupun mungkin replynya jarang atau kalaupun ada paling cuma “thanks!”

Tingkat kesulitan: sedang sampe tinggi, tergantung koneksi internet yang lo pake. Satu lagu yang kualitas lumayan minimal ukurannya 3 MB lho.

5. Tips mempercantik MP

Ini juga banyak diminati, karena pada dasarnya setiap orang ingin halaman MPnya tampil unik – beda dari orang lain. Saran: lengkapi tips lo dengan screen shot proses pembuatan untuk memperjelas.

Tingkat kesulitan: ringan sampai sedang – lo cuma butuh ketelatenan aja untuk menjelaskan prosesnya dalam bahasa yang mudah dimengerti orang.

4. Review film box office yang baru beredar

Sebelum nonton sebuah film, orang biasanya ingin denger dulu pendapat orang lain apakah film tersebut layak tonton atau enggak. Saran: usahakan bercerita sedeskriptif mungkin tentang film itu, jangan cuma “filmnya keren, seru, rame.” Kalo mau tambah rame lagi, beri pendapat yang bertentangan dengan pendapat umum. Misalnya, film yang menurut kebanyakan orang bagus lo bilang jelek banget atau sebaliknya. Ini akan mengundang orang untuk berkomentar, biasanya sambil emosi karena nggak terima film favoritnya dikatain, lantas reply ini memicu orang lain lagi untuk nimbrung, terus mereka ngotot-ngototan di forum reply. Kalo udah sampe tahap ini, lo sebagai pemilik posting tinggal nonton aja sambil cengar-cengir, sementara para pengunjung lo keram jari sibuk berbalas reply. Sinema Indonesia dulu meraih popularitasnya antara lain dengan teknik ini.

Tingkat kesulitan: sedang – karena untuk nonton film box-office yang baru beredar biasanya harus ngantri. Tingkat kesulitan menjadi tinggi bila elu berbakat varises.

3. Kopdar

Kalo lagi ada rencana kopdar MP, ajukanlah diri lo sebagai PJ (Penanggung Jawab) maka halaman lo akan dilink oleh puluhan MPers lain. Nanti setelah kopdarnya selesai, jangan lupa tulis liputan dan upload foto2nya. Semakin banyak orang yang hadir di kopdar tersebut, semakin banyak pengunjung yang akan mampir di halaman lo.

Tingkat kesulitan: sedang sampe tinggi tergantung kompleksitas acaranya. Bisa juga tingkat kesulitannya ringan kalo sebagai PJ lo hobi bilang ‘approved!’ πŸ™‚

2. Poligami

Pokoknya posting apapun yang berkaitan dengan topik yang satu ini, pasti seru deh. Sampe kiamat juga perdebatan soal poligami nggak akan selesai karena masalah ini bisa dilihat dari sudut pandang yang berlain-lainan Contohnya yang sekarang lagi berlangsung di halamannya ustad Cepy tuh, wuah rame bener…. Kalo lo mau tambah rame lagi, postinglah topik poligami dengan memposisikan diri sebagai penentang keras atau pembela mati-matian konsep ini. Ambil titik ekstrim aja, dan jangan lupa kasih judul yang provokatif seperti “Poligami adalah pelanggaran HAM!!” atau sebaliknya “Aku RELA dimadu, kawinilah suamiku” . Semakin ekstrim posisi yang lo ambil, akan semakin rame replynya.

Tingkat kesulitan: ringan walaupun mungkin beban mentalnya tinggi kalo orang2 yang ga sependapat jadi sebel sama elu.

1. Posting kosong

Believe it or not, kadang posting kosong justru mengundang banyak orang untuk berkomentar. Dan semakin banyak orang berkomentar, semakin lama posting itu bertengger di puncak message board, dan semakin banyak orang yang penasaran ingin ikut baca. Vicious circle effect. Contohnya review Bayu tentang film Mengejar Matahari. Waktu itu dia udah nulis panjang lebar dan mendadak MPnya error dan dia males nulis ulang – eh malah banyak yang mampir. Sedangkan contoh yang paling legendaris adalah journal Tonny Fadjar yang berjudul “Rutinitas”. Sama sekali nggak ada tulisannya, tapi bisa mengundang lebih dari 2800 replies! Setau gue rekor ini belum bisa dipecahkan oleh posting bertulisan yang manapun. Warning: jangan buka kalo koneksi internet lo lelet karena ke 2800 reply itu berjajar semuanya di satu halaman!

Tingkat kesulitan: ringan, tapi membutuhkan faktor ‘luck’ yang kuat serta sekumpulan teman yang memang gemar nge-reply :-).

81 comments


  1. myshant said: tapi gung, liat gak ada kecenderungan bahwa apapun yg diposting oleh 1 orang tertentu misalnya, selalu aja reply-nya ratusan meskipun banyak reply gak pentingnya (jadi kek ngobrol interaktif gitu)yg aku heran kadang ada postingan seseorang yg menurutku bagus banget, tapi gak banyak juga yg reply. jumlah reply tergantung tingkat kepopuleran si pemosting juga kali ya …

    biasanya kalo topiknya terlalu berat atau serius, or bukan yang lagi ‘happening’, orang cenderung cuma pengen baca doang =)


  2. hihihi, bener juga, ya, buat yang top posting yang paling top…apalagi kalo reply-nya gini bunyinya: “PERTAMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA……!!!!!!!!!!!!!!”padahal, pas dia reply udah ada reply sebelumnyahahahahaha….*lirik mbak ari*


  3. menhariq said: kan bisa aja ada yang buat account banyak demi reply account utama nya.. jadi kayak sok populer gitu.. yang penting ada yang reply dan kontak nya banyak

    waks, niat banget kalo’ sampe’ kek gitu Riq :p


  4. Wah..sempet-sempetnya ngamatin yang dimauin pengunjung MP. Tapi betul tuh, resep banyak diminati. Tapi aku sebel soalnya tag recipes dihilangkan sebelum sempat posting resep. Hiks…Padahal banyak resep yang udah aku cobain dan sukses tuh. Malah lebih percaya resep di MP daripada di buku resep.


  5. myshant said: jumlah reply tergantung tingkat kepopuleran si pemosting juga kali ya …

    ah ga juga tuh.. kan bisa aja ada yang buat account banyak demi reply account utama nya.. jadi kayak sok populer gitu.. yang penting ada yang reply dan kontak nya banyak.. πŸ˜€


  6. tapi gung, liat gak ada kecenderungan bahwa apapun yg diposting oleh 1 orang tertentu misalnya, selalu aja reply-nya ratusan meskipun banyak reply gak pentingnya (jadi kek ngobrol interaktif gitu)yg aku heran kadang ada postingan seseorang yg menurutku bagus banget, tapi gak banyak juga yg reply. jumlah reply tergantung tingkat kepopuleran si pemosting juga kali ya …


  7. wah.. dahsyat juga postingan mas agung ini.. tapi diantara sederet tulisan panjang di atas itu, bagian yang paling top menurut saya ada pada bagian: “Tingkat kesulitan”(sebelumnya udah baca dgn serius, tau2 ngakak ketika nyampe bagian itu)


  8. mbot said: iya, tapi hanya buat orang2 yang aktif di MP. Buat tipe yang punya MP untuk sekedar penyaluran tempat nulis, nggak akan terlalu tertarik πŸ™‚

    Pengennya sih aktif…tapi cuma bisa nongkrong pas istirahat makan siang..jadi MPnya cuma buat curhat n baca2 deh…****hiks hiks hiks…


  9. bambangpriantono said: Hehehehee…kalo gue mah termasuk golongan gak jelas..hehehe, kadang yang mampir dikit, kadang bisa bejibun…:DPendek kata…many liners tapi yang reply gak nentu jumlahnya..hehehe

    yah ibarat orang jualan cak, kadang dagangan laku, kadang sepi… :-)))


  10. ti2n said: hihiihi… dan tulisan-tulisan yang mengulas berbagai masalah dan fenomena di MP macam ini juga menarik loh! πŸ™‚

    iya, tapi hanya buat orang2 yang aktif di MP. Buat tipe yang punya MP untuk sekedar penyaluran tempat nulis, nggak akan terlalu tertarik πŸ™‚


  11. wisat said: – Helvy Tiana Rosa (alias nyonyaku..he..he..)

    oh kalo ini mah udah jaminan mutu, soalnya celeb πŸ™‚ fira basuki juga sekalipun poting one-liner pasti akan sejibun yang reply. herannya kenapa jarang celeb yang buka account MP ya? ini bisa jadi channel yang efektif sekali untuk menggalang fans base!


  12. cindil said: Ditambah kalo replynya juga gak penting ha ha ha ha… ancur deh tu postingan.

    “reply gak penting” itu juga fenomena unik karena kemunculannya bisa nggak terduga. Udah muncul beberapa reply yang nyambung dengan topik postingnya, bisa tiba2 melenceng jadi ajang reply gak penting lengkap dengan smiley2 ajaib!


  13. wisat said: Wah, sempet-sempetnya mas Agung menyimak pola posting kawan-kawan ini. Sedikit banyak ini mencerminkan perilaku para MP-ers. Jadi kayak rating di program televisi.Selamat atas anggota keluarga yang baru..

    hehehe… soalnya MP punya banyak sisi yang menarik buat diamati. Pertanyaan2 seperti “kenapa sih posting tertentu lebih digemari?” atau “apa sih yang mendorong orang untuk memposting sesuatu?” bisa jadi kajian psiko-sosial yang bermanfaat. Seandainya gue masih kuliah, pasti akan memilih MP jadi topik skripsi.


  14. amarellia said: selamat buat kelahiran bayinya yaaa…n lucu juga yaaa…kalo ternyata posting paling paporit tuh ternyata “posting kosong”…huehhehehehhee

    terima kasih ya… iya, dunia MP memang penuh kejutan πŸ™‚


  15. gothess said: sama gosip MPtainment dulu juga sempat menjadi kehebohan di beberapa wilayah MP, heheheh.. πŸ˜€

    ya itu juga tapi dampak sampingnya seringkali terjadi ‘korslet’ antara yang menggosipkan dan yang digosipkan πŸ™‚ termasuk topik2 yang ‘high risk’.


  16. nicelovelydentist said: hahaha….eh ngomong ngomong…kenapa ada foto saya itu sebagai background blur tulisan TOP 10 nya? hihihi..hayuh bayar royalti, mbot . hihihihi

    alaaa… pinjem fotonya dikit aja… ya udah nanti gue urus deh sama managernya πŸ™‚


  17. rayafahreza said: Huahahahaha dahsyat!Yang nomor satu malah yang kosong, ironis tapi betul banget!Kemaren kan ngebahas posting yang gaya eloe kayak gimana? Ya gini nih, mas. Casual aja, ringan, menghibur tapi bukannya tidak berbobot karena ada aja yang jadi pelajaran tanpa kejebak jadi serius amat. That’s why this is my fave blog!

    seperti di film silat, tingkat ilmu yang paling tinggi biasanya kalo nggak usah pake ngapa2in musuhnya mati sendiri πŸ™‚ atau seperti musashi yang setelah malang melintang sebagai ahli pedang malah akhirnya berkesimpulan bahwa gagang pedang lebih mematikan dari bilahnya.anyway, thanks for being my regular customer :-))


  18. mbot said: nah buat kalian yang ingin punya banyak pengunjung, mungkin daftar Top 10 topik populer berikut ini bisa dicoba.

    Satu lagi, mas Agung. Sejauh yang aku amati –aku tak seintens mas Agung sih, reply yang banyak juga ditentukan oleh siapa yang posting. Mereka yang punya kontak banyak cenderung di-reply oleh lebih banyak orang.Beberapa MP-ers yang aku perhatikan sering mengundang reply banyak adalah:- Helvy Tiana Rosa (alias nyonyaku..he..he..)- Bupati Ari (banyak one liner, tapi tetap terhitung reply juga kan)- Mbot (alias ente)


  19. Wah, sempet-sempetnya mas Agung menyimak pola posting kawan-kawan ini. Sedikit banyak ini mencerminkan perilaku para MP-ers. Jadi kayak rating di program televisi.Selamat atas anggota keluarga yang baru..


  20. Huahahahaha dahsyat!Yang nomor satu malah yang kosong, ironis tapi betul banget!Kemaren kan ngebahas posting yang gaya eloe kayak gimana? Ya gini nih, mas. Casual aja, ringan, menghibur tapi bukannya tidak berbobot karena ada aja yang jadi pelajaran tanpa kejebak jadi serius amat. That’s why this is my fave blog!