“Posting apa ya di MP?” – sebuah tips

Beberapa orang yang berhasil gue ‘racunin’ untuk ikutan MP mengeluh, “gue bingung nih harus ngisi apa di MP gue…” sehingga akhirnya membiarkan accountnya terbengkalai dengan headshot orang2an abu2 yang menyebalkan itu.

Setelah gue analisa, keliatannya gue bisa mengklasifikasikan orang yang non-aktif di MP ke dalam 2 golongan:

  1. Golongan Kartu Mati. Orang-orang dari golongan ini memang berada dalam kondisi sulit untuk diajak nyemplung ke dunia MP karena faktor2 di luar kendalinya. Misalnya: sulit nemu koneksi internet (di rumah gak ada komputer, jauh dari warnet, di kantor nggak dapet koneksi internet pulak), atau sangat sangat sibuk sehingga boro-boro ngeMPi, buat ngerjain tugasnya sehari-hari aja udah sulit. Untuk golongan yang seperti ini, ya udah dimaklumin aja, udah nggak bisa diapa-apain.
  2. Golongan Potensial. Golongan ini, sebenernya kalo mau bisa aja aktif di MP. Mereka punya waktu dan koneksi internet yang memadai. cuma problemnya, kurang PD atau suka bingung menentukan materi untuk mengisi MP-nya.

Keluhan yang sering disampaikan oleh para Non-Aktif yang potensial adalah:

  1. “Habis yang lain tulisannya pada bagus-bagus sih… nggak pede kalo mau ikutan nulis, nanti diketawain” > Justru dengan mulai nulis di MP elo bisa dapet feedback dari reply2 yang masuk, apakah tulisan itu menarik atau enggak!
  2. “Gue mesti nulis apa dong, perasaan hidup gue gitu-gitu aja, nggak ada yang menarik. Emang ada orang yang tertarik baca cerita tentang gue?” > Never, ever, underestimate your own life. Hal yang buat lo mungkin biasa / rutin, buat orang lain bisa jadi hal yang baru bahkan bermanfaat!

Sekedar ilustrasi, coba kita liat apa aja yang bisa jadi bahan tulisan potensial di MP, dalam 24 jam kehidupan lo.

Pagi
Lo bangun. Pa yang biasa lo kerjain pertama kali? Sholat Subuh, barangkali? Hmm… mungkin bisa jadi bahan tulisan tentang doa / zikir yang biasa lo baca setelah sholat! Terus sarapan apa? Punya menu sarapan yang sehat dan gampang disiapin? Bisa lo masukin dalam kolom resep! atau mungkin lo biasa olah raga sebelum makan? Lo juga bisa posting tentang porsi latihan olah raga atau kalo elo lagi dalam program penurunan berat badan, lo bisa share program diet plus latihan olah raga yang lo pake. Siapa tau ada orang yang juga lagi menjalani program yang sama, sehingga bisa saling berbagi tips.

Habis itu ngapain, mandi? Lagi nyoba sabun / shampoo merek baru yang menurut lo oke? Coba deh taro di kolom review. Atau lo sempet baca koran dulu? Ada berita yang menarik atau bikin gemes di koran sehingga lo butuh tempat untuk menyalurkan unek2? Posting aja di journal. Trus lo pake baju, siap2 ke kantor / kampus / sekolah. Punya baju / sepatu baru abis beli dari sale? Mungkin lo bisa post informasi tentang sale tsb di kolom calendar. Sale-nya di toko mana, dari tanggal berapa sampe tanggal berapa. Trus ceritanya lo berangkat. Naik apa berangkatnya? Kendaraan sendiri? Mungkin lo bisa post rute yang paling cepet dan efisien dari rumah lo ke kantor / kampus / sekolah. Ini bisa bermanfaat banget buat orang yang sejurusan sama elo. Atau, siapa tau ada MPers yang rumahnya searah, jadi bisa saling menebengi sekalian! Atau mungkin lo naik bis? Siapa tau lo punya tips bagaimana mengenali calon copet di dalam bis.

Lo sampe di kantor / kampus / sekolah. Apa yang terjadi di sana? Apa ada ulah temen2 lo yang lucu / ngeselin / nyenengin? Lo bisa share dalam bentuk posting journal curhat tentang temen, atau malah tips sikap yang menurut lo oke di kantor / kampus / sekolah. Atau kalo temen2 lo lagi pada tergila-gila sama sesuatu yang lagi ngetrend, mungkin lo bisa bahas tentang trend tersebut di journal.

Siang
Lo makan siang. Di mana lo makan? Apakah bawa bekal dari rumah? Atau jajan di penjual makanan pinggir jalan? Jajanan apa yang jadi favorit elo? Mungkin bisa direview. Atau tips makanan bekal yang sehat dan mengenyangkan, atau sekalian post resepnya. Atau mungkin ada topik obrolan yang menarik selama makan siang? Gosip2 terbaru, misalnya? Lagu2 baru yang lagi digemari temen2 lo? Upload aja sekalian file MP3nya! Atau lo biasa cuma duduk di kantor selama jam makan siang dan browsing around? Hey, siapa tau ada website keren yang bisa lo pasang di kolom link!

Sore
Pulang kantor jam berapa biasanya? Gimana situasi lalu lintas yang lo liat? Pulang ke rumah naik apa? Semua bisa jadi bahan posting. Atau lo termasuk orang yang suka bawa kamera ke mana2? Mungkin pemandangan sore bisa jadi obyek foto yang menarik. Pergi ke mana sore itu, langsung pulang atau mampir dulu? Lo biasanya mampir ke mana? Kenapa lo seneng nongkrong di situ? Apakah ada tempat nongkrong yang bisa direkomendasikan buat para MPers lain? Alternatif lainnya, mungkin lo pergi nonton. Berarti bisa dong bikin review filmnya. Atau, review bioskopnya aja sekalian! Bioskop mana yang menurut lo paling nyaman, atau game arcadenya paling lengkap, atau para petugasnya paling ramah?

Malem
Biasannya malem ngapain di rumah? Nonton tv? Acara tv apa yang lo suka? Kenapa? Bisa jadi bahan review tuh. Atau lo lagi baca buku yang seru banget? Another review. Atau lo seneng bongkar-bongkar komputer? Bisa jadi journal tips merawat komputer atau review gadget. Lo masak sendiri buat makan malem? Wah, bisa jadi posting baru di kolom resep. Jangan lupa foto juga hasil masakan lo, bisa diposting di photo album. Atau lo punya binatang peliharaan yang lucu? Bisa dipost fotonya di photo album. Atau bisa juga berupa tips memelihara binatang peliharaan (btw gue pelihara kura2 brazil mati melulu, ada yang punya tips cara memelihara binatang itu? Abis beli lagi 2 ekor). Atau ada juga orang yang hobinya otomotif, ngutak-atik motor / mobil – bisa jadi posting tips cara merawat kendaraan, atau rekomendasi bengkel yang pelayanannya oke!

Kemungkinan lainnya, katakanlah lo nggak beraktivitas di luar rumah. Ngapain aja aktivitas harian lo? Bisnis / usaha di rumah? Bisa post dagangan lo di kolom market. Atau share tips wirausaha. Atau elo adalah seorang full-time mom? Ya udah post aja tips merawat anak, merek susu balita yang menurut elo paling oke, tips memilih perlengkapan buat anak, cerita ringan dan lucu tentang ulah anak lo, review sekolah anak, posting foto anak…

Hwaduh… kalo dilist semuanya posting ini nggak akan ada selesainya.

Life is full of inspiration, kok ya bisa-bisanya ada orang yang bingung mau posting apa. Mulai posting sekarang juga, atau lo nggak akan pernah tau tentang dua hal:

  1. Seberapa besar bakat menulis yang sebenernya lo miliki
  2. Seberapa banyak orang yang mungkin bisa mendapat manfaat dari posting2 lo.

Come on guys, NEVER UNDERESTIMATE YOUR OWN LIFE. Start posting, today!

Foto dari picturequest.com

93 comments


  1. kangbayu said: ah nggak ada yang aneh koq:step 1: celingukan nyari kecoastep 2: celingukan nyari kalajengkingstep 3: tutup pintu, pasang slotstep 4: gantung andukdst…

    huaa..haaa..haa.itu aktifitas mmau mandi apa mau nyari buat sarapan kangbayu’s??


  2. myshant said: bikin aku ngakak =)))

    hmmm sejujurnya gue rada bingung lho kalo orang ngakak baca posting gue yang ini, krn waktu nulis gue cuma mau memberikan saran dan sama sekali nggak berniat ngelucu… hehehe… bagian mananya sih yang lucu?


  3. windageulis said: semoga golongan non aktip dibukakan hati seluas-luasnya untuk segera mengisi mpnya yang kosong

    Wakakakakakakakakak….. *guling2 baca comment Winceh satu ini* Dikau urat lucunya kenceng bener Say πŸ˜€


  4. bibo said: terkadang udah muncul ide, tapi males nulisnya.atau udah ditulis tapi baru sepotong eh males ngelanjutinnya……..

    sekalian reply buat togie: kalo seringkali posting kita nggak selesai, kemungkinan besar tema yang mau kita angkat terlalu besar / umum sehingga kalo dijabarin dalam bentuk tulisan akan terlalu panjang. Nulisnya udah males duluan. Contoh kasusnya pengalaman gue sendiri nih. Di kantor gue waktu itu ada acara tujubelasan yang heboh banget. Gue pikir, pengalaman ini pasti menarik untuk diposting. Tapi setelah mulai gue tulis, ternyata jadinya panjang banget, dan lumayan pegel juga nulisnya. Akhirnya gue break jadi beberapa bagian yang dimulai dari sini: http://mbot.multiply.com/journal/item/15


  5. molegh said: koq kayaknya di idupku ga ada yang menarik ya.. :p

    mau beberapa opsi lagi? bisa cerita tentang……kerjaan kita – jgn beranggapan semua orang ngerti dengan bidang kerja kita, siapa tau kita menekuni bidang yang selama ini belum banyak dikenal orang!…game-game terbaru, buat yang suka nge-game. atau mungkin tips n trick ngelewatin sebuah stage sulit di game tertentu?…jurus2 sederhana tapi ampuh untuk program yang banyak dipake orang, misalnya ms office. Program ini punya banyak banget shortcut yang nggak banyak diketahui orang. Kalo punya salah satu jurus andalan, bisa dishare di sini! …asal-usul sesuatu yang mungkin nggak diketahui orang. Seperti: kenapa tukang ketoprak rata2 gerobaknya berwarna merah – ijo? Kenapa bajaj disebut “bajay” di indonesia, sementara di negaranya sendiri dia disebut “bajaj”? Kenapa lampu petromaks dinamakan petromaks?…hobi berkebun. Punya tips n trik merawat tanaman, misalnya bikin tanaman kembang sepatu muncul terus bunganya (ini sulit lho, tanaman kembang sepatu gue cuma rajin numbuhin daun!). …komparasi berbagai merek bahan masakan, buat yang hobi masak. Misalnya, terigu merek apa yang paling oke buat bikin roti? Minyak goreng apa yang paling sehat?…tips kesehatan buat yang punya pengetahuan lebih di bidang ini. Yang ringan2 aja spt, merek vitamin yang paling komplit dengan harga terjangkau, atau obat pilek yang paling aman untuk penderita maag.Wah, banyak banget deh. Serius. Banyaaak banget!


  6. agusdidin said: hmmm….aku termasuk yg mana Yan? ;p

    hmmm coba sini gue liat… posting terakhir tanggal 17 juli, sebelumnya tanggal 14 juli.. wah sip deh, termasuk aktif nih! πŸ™‚


  7. roycelover said: kemauan nulis sih banyak, tapi belitan pekerjaan yang putus nyambung kayak nunggu pasien bikin ide ide nulis kadang cepat menguapnya…:-) Udah pake MacNotepad, tetep aja gak kelar kelar…qeqeqeqe. Malah banyak utang nulis…:-)

    untung selama ini gue perhatiin masih tetep bisa posting ya? ayo tetap semangat!


  8. masarcon said: walah, yg diundang tuh berarti dikutuk jadi MP ers sejati … :p

    takdir menjadi MPers bukanlah kutukan, melainkan hikmah dan berkah bagi diri sendiri dan lingkungan πŸ™‚


  9. sossisag said: ah, apa ajalah.

    betul. apalagi MP menyediakan fasilitas yang lengkap, bisa sekalian host gambar di sini. kurang apa lagi? bingung nulisnya, ya upload foto / musik / film aja!


  10. nabura said: Kalo gue sih banyak ide di otak doang, kadang2 mo mewujudkan dalam bentuk tulisan tuh yang bingung.

    bingungnya gimana? tulis aja dulu, biarpun cuma 1 kalimat. nanti lama2 nggak bingung lagi deh.


  11. dyru said: setuju. sebenernya apa aja bisa dijadiin bahan posting. cuma aku kadang udah pengen nulis eh ketunda ama urusan laen, jadinya basi dan ga jadi posting. tapi gimanapun juga aku berusaha tetep posting..

    iya, sulitnya posting di MP adalah krn kegiatan ini selalu kalah dalam skala prioritas dibanding kegiatan lain yang rata2 jauh lebih penting. makanya memang perlu niat untuk bisa tetep posting… ayo tetap semangat πŸ™‚


  12. hestiwening said: skrng gak ada guru yg ksh nilai makin nekat n cuek aja…

    betul sekali, sekarang nggak ada guru yang ngasih nilai, nggak ada yang ngatur harus ngisi apa di MP kita… jadi terserah kan, mau diisi apa aja boleh!


  13. wib711 said: tiap bulan pasti jatah upload kalo account biasa pasti kagak cukup….

    lah sekarang kan udah nggak ada jatah2an wib, semua orang bebas-bas mau posting foto seberapapun banyaknya…


  14. cindil said: nah ini dia…. kalo gak ada ide isi sms aja kali yee…. hua ha ha ha *ngecek sms pagi ini*Ah…dari bang Jusuf yg lagi transit di KL mo ke Medan. hi hi hi… kalo diposting sekarang orangnya gak bakal baca kan lagi holiday ha ha ha ha….

    hahaha, iya, isi sms juga bisa jadi inspirasi posting!


  15. gothess said: kalo gw kumat males posting di MP karna koneksi internet yg duduls.. heheh.. tapi diantara situs2 komunitas lainnya kaya friendster dan myspace, MP ini paling cepet ngeloadnya, jadinya biar dudul-dudul tu koneksi, teteup aja gw paksain, heheh.. dasar emang udah nyanduw.. huhuhuw :p

    selamat datang di kelompok “multipliers anonymous” – kelompok rehabilitasi kecanduan mp…


  16. mbot said: Life is full of inspiration, kok ya bisa-bisanya ada orang yang bingung mau posting apa. Mulai posting sekarang juga, atau lo nggak akan pernah tau tentang dua hal: Seberapa besar bakat menulis yang sebenernya lo miliki Seberapa banyak orang yang mungkin bisa mendapat manfaat dari posting2 lo.

    terkadang udah muncul ide, tapi males nulisnya.atau udah ditulis tapi baru sepotong eh males ngelanjutinnya……..


  17. “Habis yang lain tulisannya pada bagus-bagus sih… nggak pede kalo mau ikutan nulis, nanti diketawain” > Justru dengan mulai nulis di MP elo bisa dapet feedback dari reply2 yang masuk, apakah tulisan itu menarik atau enggak! —————————————————————————————————————————————he3….bener banget tuh mas…sekarang ini aku juga masih tetep blank mau nyeritain apa? koq kayaknya di idupku ga ada yang menarik ya.. :p


  18. spinkage said: dari sekian banyak orang yg gw bajak buat pindah dari prenster ke mp… cuma beberapa yg akhirnya aktif. laennya, paling banter ganti hedsot doang. they must read this..

    hmmm….aku termasuk yg mana Yan? ;p


  19. kemauan nulis sih banyak, tapi belitan pekerjaan yang putus nyambung kayak nunggu pasien bikin ide ide nulis kadang cepat menguapnya…:-) Udah pake MacNotepad, tetep aja gak kelar kelar…qeqeqeqe. Malah banyak utang nulis…:-)


  20. untuk golongan 1 (kartu mati)semoga tuhan menunjukkan jalan yang lapang agar bisa mendapatkan akses yang kencang. makin ke sini makin banyak kok tempat akses gretongan. syaratnya punya laptop atau gadget yang high-end, terus jalan-jalan ke tempat yang ada tulisan: hotspot atau wi-fi zone. ngga hanya di tempat mewah macam hotel-hotel, mal, atau kafe aja kok. bahkan waktu hari minggu gue ke depok town square sekalipun udah menjanjikan fasilitas ini. ini dengan asumsi udah punya bahan buat berbagi yah…untuk golongan 2 (potensial)saran dari yang punya blog udah cukup tuh… ah, apa ajalah. mau blognya diisi foto kek, puisi kek, cerita kek, coretan artwork kek, bantu dagang senjatanya almarhum kusmayadi juga ngga masalah kok… hahaha. kenal aja belum tentu dikasih… :))


  21. setuju. sebenernya apa aja bisa dijadiin bahan posting. cuma aku kadang udah pengen nulis eh ketunda ama urusan laen, jadinya basi dan ga jadi posting. tapi gimanapun juga aku berusaha tetep posting..


  22. ini jg baru belajar neh mas agung, dulunya sempet bingung nanya-nanya mulu ama mas agung biar sitenya agak lumayan dulu baru tulis-tulis… dulunya gak pede udah gak bisa nulis, site standard pula… kan melong gitu… padahal nilai ngarang dulu merah lo hehehehe justru skrng gak ada guru yg ksh nilai makin nekat n cuek aja…


  23. kangbayu said: step 1: celingukan nyari kecoastep 2: celingukan nyari kalajengkingstep 3: tutup pintu, pasang slotstep 4: gantung anduk

    waduhh..ritual mandi yang anehh..masa mau mandi pakai cari kecoa & kalajengking dulu..hiyy..seremm..-:)


  24. Foto Narsis dari berbagai macam gaya.. berganti partner foto, berganti pakaian, setiap jam foto… tuh kan.. udah banyak banget… tiap bulan pasti jatah upload kalo account biasa pasti kagak cukup….


  25. atau mungkin lo biasa olah raga sebelum makan? Lo juga bisa posting tentang porsi latihan olah raga atau kalo elo lagi dalam program penurunan berat badan, lo bisa share program diet plus latihan olah raga yang lo pake.——————————————————————————————————————————Wah….ini gw dah mulai rintis dengan program makanannya..olah raga nya emang belon…Bener ya…kalo gw nulis ini …. wajib reply ya, Mas Agung !! :-p


  26. menhariq said: jangan sebar sms kita di mp yah… :p

    nah ini dia…. kalo gak ada ide isi sms aja kali yee…. hua ha ha ha *ngecek sms pagi ini*Ah…dari bang Jusuf yg lagi transit di KL mo ke Medan. hi hi hi… kalo diposting sekarang orangnya gak bakal baca kan lagi holiday ha ha ha ha….


  27. dhunkdhe said: Gmone klau Kang Bayu duluan yg posting tentang aktivitas di kamar mandi..:D

    ah nggak ada yang aneh koq:step 1: celingukan nyari kecoastep 2: celingukan nyari kalajengkingstep 3: tutup pintu, pasang slotstep 4: gantung andukdst…


  28. bener tuh: never underestimate your own life..tadinya gue jg kurang pede narok2 cerita/gambar ttg hidup sehari2 gue yg biasa2 aja. tapi ternyata many people can relate to that, dan itu yg bikin menarik! karena banyak feedback, jadi seneng nulis deh.. yg susah malah cari waktu posting :((


  29. kalo gw kumat males posting di MP karna koneksi internet yg duduls.. heheh.. tapi diantara situs2 komunitas lainnya kaya friendster dan myspace, MP ini paling cepet ngeloadnya, jadinya biar dudul-dudul tu koneksi, teteup aja gw paksain, heheh.. dasar emang udah nyanduw.. huhuhuw :p


  30. kangbayu said: Ntar kalo mo diposting, jangan lupa dikasi rating; SU, BO, atau D? Soalnya kalo anak-anak kan gak pantes baca posting tentang……cukur bulu ketek

    huehehehe..saya kaenya masih mempertimbangkan nih untuk posting…Gmone klau Kang Bayu duluan yg posting tentang aktivitas di kamar mandi..:D


  31. I post as much as I can on my site in MP. alot of it is about my kids ,family or even myself. It’s like a little diary to me. with advice and opinions of my firends that can actually help me out.my life may not be always interesting.. but it feels good to post..just for the heck of it. take care..