Turut berduka… atas apanya, Pak?

Pada suatu hari di sebuah kantor parpol…

“Kroco.. sini.”
“Ya, Bapak Pimpinan.”
“Habis ada gempa ini, kroco.”
“Betul Bapak Pimpinan.”
“Sebagai partai besar di sini, kita harus turut berduka cita.”
“Setuju sekali Bapak Pimpinan.”
“Kita harus pasang spanduk.”
“Pasang spanduk, Bapak Pimpinan.”
“Tulisannya, ‘turut berduka cita atas bencana gempa'”
“Ehm…”
“Kenapa, kroco? Kurang OK ya?”
“Anu Bapak Pimpinan, menurut hemat saya, kita kan berduka cita karena bencana gempanya menimbulkan korban jiwa, Bapak Pimpinan.”
“Iya. Terus kenapa?”
“Jadi kita kan berduka cita kepada korbannya, bukan bencananya. Sebab kalau ada bencana tapi tidak ada korban kan kita tidak perlu bikin spanduk, Bapak Pimpinan. Maaf lho ini Bapak Pimpinan, bukan bermaksud kurang ajar.”
“Ya tapi kalau tidak ada korban kan namanya bukan bencana, kroco…”
“Tapi kan yang bikin kita berduka karena korbannya banyak, Bapak Pimpinan.”
“Kroco, kamu bikin saya pusing.”
“Maaf, Bapak Pimpinan.”
“Percuma ngomong sama kamu. Kacung kampret… sini!!”
“Ya, Bapak Pimpinan.”
“Kamu dengar tadi saya suruh apa kepada si kroco ini?”
“Dengar sedikit sih pak. Spanduk, bencana, turut berduka, gempa, korban.”
“Ya udah sana. Bikin.”
“Eee… jadinya kita berduka cita atas apanya nih pak, gempanya atau korbannya?”
“Atas gempanya kek, atas korbannya kek, terserahhh…! Yang penting kita berduka cita! Bikin sana, buruaaan…!! Keburu ada gempa lagi, tauk!”
“Baik pak, baik pak… segera pak!”

Beberapa hari kemudian…
“Bapak Pimpinan, spanduknya sudah saya pasang di depan.”
“Ya, kacung kampret, saya sudah lihat.”
“Bagaimana pak, betul kan pak?”
“Grrrhhh….” (sambil menarik-narik rambut).

spanduk cerdas sebuah parpol

53 comments


  1. maksudnya, tuh partai berduka cita atas bencana yang menimpa pemerintah, yakni korban gempa sebagai bencana bagi pemerintah. kan ngeluarin duit tuh untuk korban. duh.. ribet ya bacanya…mirip ini deh “kucing makan tikus mati di dapuurrr”. ada banyak penafsiran…


  2. maksudnya, tuh partai berduka cita atas bencana yang menimpa pemerintah, yakni korban gempa sebagai bencana bagi pemerintah. kan ngeluarin duit tuh untuk korban. duh.. ribet ya bacanya…mirip ini deh “kucing makan tikus mati di dapuurrr”. ada banyak penafsiran…


  3. Aku dulu di Jakarta tinggal di daerah deket tuh parpol punya kantor, dulu sekolah di Ade Irma Suryani yang sejalan ama nih Parpol BOLOT he he he. Nah sih Mbot rumahnya daerah situ juga ya? kalau aku di Jakarta di jalan Purwakarta.


  4. chengkung said: aneh juga ya, berduka kq pake spanduk..pengamatan yg cukup jeli..

    bukan gue yang jeli, tapi Ida – dia ngelewatin spanduk itu dan langsung melaporkan pada suami. Suaminya, tentu aja, langsung bergegas ngambil kamera.


  5. udintpi said: itulah partai terbesar, yang katanya banyak orang inteleknya…. tapi knapa takut Gung nyebut nama parpolnya? ini kan bukan Orba lagi!

    betul kata eriq, semakin tinggi pagerank kita, harus makin hati2 kalo posting krn krn digoogling akan muncul di deretan yang awal-awal. Sekarang aja keyword yang masuk ke mbot.multiply.com udah aneh2 banget, ini 20 yang terakhir: Last 20 Searchengine Queries Unique Visitors 17 Jun, Sat, 22:23:51 Google: radang sendi 17 Jun, Sat, 22:25:11 Google: friendster profil editor css 17 Jun, Sat, 22:32:39 Google: rumus lengkap frontpage 17 Jun, Sat, 22:33:08 Google: lagu baju satu kering dibadan 17 Jun, Sat, 22:37:22 Google: berita gempa jogja berbahasa inggris 17 Jun, Sat, 22:40:16 Google: bawang 17 Jun, Sat, 22:42:53 Google: tiara lestari 17 Jun, Sat, 23:09:16 Google: perbedaan CMYK RGB PHOTO 17 Jun, Sat, 23:51:06 Google: ceramah 18 Jun, Sun, 00:11:08 Google: doa orang celaka 18 Jun, Sun, 00:26:15 Google: ada band multiply 18 Jun, Sun, 00:36:14 Google: kangbayu 18 Jun, Sun, 00:40:19 Google: "friendster blog" css edit 18 Jun, Sun, 00:43:08 Google: sewa mobil bali 18 Jun, Sun, 01:24:10 Google: daftar resensi film kejar jakarta 18 Jun, Sun, 02:26:31 Google: paket liburan pake pesawat terbang 18 Jun, Sun, 02:56:43 Google: gambar rumah bill gates 18 Jun, Sun, 03:22:02 Google: profile friendster terbaik 18 Jun, Sun, 04:31:03 Google: contoh css code tampilan friendster 18 Jun, Sun, 05:08:12 Google: alamat panti pijat di bekasi


  6. cymanjunetax said: mungkin gak akan tertulis spt itu….(taw mungkin lebih parah lagi yak…?)

    mungkin akan tertulis “berduka cita turut gempa bencana korban kami” – jadai kayak soal menyusun kalimat di ulangan bahasa indonesia.. hehehe..


  7. prajuritkecil said: ah… gung! keduluan dikau deh.. gw tuh pas lewat dan baca, emang udah berasa ada yang janggal. eh, itu gak kurang satu kata “di” ya…???

    bukan, kurang satu kata “ke” πŸ˜€


  8. kangbayu said: partai misterius berlambang beringin berwarna khas kuning mencrong diriannya presiden kedua RI dengan kantor deket Polres Menteng ini.

    haiyah spesific sekali mas ini yach, ada yang bisa nambahin *becanda om agung*


  9. Mungkin yang buatnya oknum Gung, dengan tujuan sengaja merusak image partai misterius berlambang beringin berwarna khas kuning mencrong diriannya presiden kedua RI dengan kantor deket Polres Menteng ini.


  10. udintpi said: itulah partai terbesar, yang katanya banyak orang inteleknya…. tapi knapa takut Gung nyebut nama parpolnya? ini kan bukan Orba lagi!

    mas udin blum pernah kena query gugel ya? apapun yang kita ketik di sini bisa masuk dalam search engine..so.. kalau agung maksa nulis parpolnya, bisa jadi hasil pencariannya parpol itu lebih beken daripada situs resmi parpolnya sendiri.. hehehe.. :p*pengalaman pribadi juga jadi orang yang kena query google waktu bikin review.. sampe pernah jadi buronan garaΒ² ngereview PDA tungsten — yang seharusnya waktu itu belum boleh disebar luaskan.. *.. ^_^(seri aku buang, takut) ^_^


  11. mbot said: gue nggak nyebut nama parpolnya

    ga nyebut tapi kuning ma pohon yang ber(ke)ingin(an) itu di tampakin dikit, ehm, aku berani di panggil karena ini kok gung, emang bodoh bener yang buat spanduk, partai besar tapi buat kalimat masih kalah ama anak kelas 6 es de


  12. variel said: ehm ga lulus mata pelajaran bahasa indonesia, dan memang memanfaatkan situasi bener parpol ini. Aku gedein ya gung “GOLONGAN YANG BERKARYA” mana karya kalian untuk negara ini.*pertama ya gung*

    hahahaha… pokoknya gue nggak nyebut nama parpolnya lhoooo :-)))


  13. ehm ga lulus mata pelajaran bahasa indonesia, dan memang memanfaatkan situasi bener parpol ini. Aku gedein ya gung “GOLONGAN YANG BERKARYA” mana karya kalian untuk negara ini.*pertama ya gung*